Lead generation merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran digital, di mana lead generation menjadi sebuah proses untuk menarik perhatian dan membuat konsumen menunjukkan rasa ketertarikan terhadap brand atau produk Anda. Penerapan teknik digital marketing ini juga menjadi cara terbaik untuk membuat konsumen mau membeli produk yang Anda tawarkan.

 

Setelah Anda berhasil memikat calon konsumen hingga mereka tertarik dengan brand Anda, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membangun hubungan dengan mereka. Tujuannya, agar mereka merasa diperhatikan dan dihargai, kemudian mereka pun berpotensi menjadi konsumen Anda yang setia.

 

Media yang Bisa Digunakan untuk Menerapkan Lead Generation

Apakah Anda tahu kalau penerapan lead generation pada bisnis sebenarnya bisa dilakukan melalui berbagai media? Apa saja channel atau media promosi yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan lead generation? Simak ulasan berikut ini.

 

 

  1. Email Marketing

Email marketing merupakan media promosi yang sudah lama dikenal dalam dunia internet marketing. Meskipun teknik ini sudah sangat lama digunakan, namun tetap powerfull dan layak untuk Anda coba di masa sekarang.

 

Melakukan pemasaran menggunakan email marketing memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki channel promosi lain. Selain itu, ada banyak fitur menarik yang bisa digunakan, seperti fitur autoresponder yang bisa Anda buat dengan mudah dan cepat, kemudian dapat dikirim secara otomatis.

 

Alasan lain yang membuat email marketing layak dipertimbangkan adalah hampir semua orang menggunakan dan memiliki email. Pemasaran menggunakan strategi email marketing juga dapat menghemat cost untuk biaya promosi. Hal berikutnya, bounce rate bisa ditekan seminimal mungkin bila Anda menggunakan teknik dan strategi tertentu.

 

  1. Media Sosial

Media sosial jadi salah satu media promosi yang paling ampuh, apalagi jika Anda mampu menargetkan pelanggan secara spesifik. Untuk urusan jangkauan pengguna, promosi melalui media sosial juga memberikan pilihan cost yang sangat menggiurkan dengan pilihan channel yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Meski begitu, hanya beberapa media sosial populer yang sering dijadikan sebagai channel pemasaran, antara lain Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, TikTok, dan Pinterest. 

 

Dengan adanya beberapa media sosial tersebut, tentunya Anda jadi lebih mudah melakukan pemasaran digital tanpa perlu mengeluarkan banyak modal. Di sisi lain, konsumen pun bisa lebih mudah mendapatkan apa yang Anda tawarkan. Sebab, beberapa media sosial memiliki algoritma yang bisa membaca perilaku setiap penggunanya. Itu sebabnya, hampir di semua media sosial mengharuskan penggunanya mengisi data secara lengkap saat melakukan pembuatan akun. Data tersebut nantinya akan berguna bagi Anda sehingga Anda lebih mudah menargetkan konsumen secara spesifik.

 

 

  1. Messenger

Messenger juga menjadi salah satu channel promosi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan lead generation. Ini karena tingkat keterbacaan media komunikasi di media sosial ini terbilang cukup tinggi dan bounce rate juga bisa ditekan dengan baik sebab para pengguna messenger biasanya hanya menggunakan saluran tersebut beberapa jam dalam sehari. 

 

Channel promosi yang masuk kategori messenger bisa berupa Telegram, Facebook Messenger, direct message di Instagram, ataupun WhatsApp. Layanan perpesanan ini bisa Anda gunakan layaknya direct selling. Meski begitu, untuk melakukan pemasaran digital melalui messenger Anda harus memiliki data atau kontak dari para calon pelanggan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menggunakan teknik sales funnel yang tepat untuk mendapatkan pelanggan dan menjadikannya partner untuk pemasaran produk atau jasa dari bisnis yang Anda jalankan.

 

  1. Blog

Channel promosi yang satu ini menargetkan secara spesifik pelanggan yang benar-benar membutuhkan jasa atau produk yang Anda tawarkan melalui blog. Itu karena blog akan ditelusuri oleh orang-orang yang sedang mencari informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa yang mereka butuhkan. Tidak menutup kemungkinan itu adalah bisnis Anda. 

 

 

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika blog menjadi salah satu channel digital marketing yang paling banyak digunakan untuk melakukan lead generation. Selain itu, penggunaan channel ini juga memiliki banyak kelebihan, di mana tingkat kepercayaan pelanggan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan media sosial lainnya. Terlebih saat ini media sosial sering diwarnai dengan hoax yang sangat mudah tersebar karena tingkat penyebaran yang tinggi. Sementara blog, biasanya menjadi rujukan dari berbagai info yang beredar di media sosial tersebut dengan isi yang lebih bisa dipertanggungjawabkan.

 

Itulah beberapa media atau channel promosi online yang bisa Anda gunakan untuk melakukan lead generation. Menemukan media promosi digital yang sesuai dengan model bisnis Anda akan sangat menguntungkan. Anda bisa lebih maksimal dalam melakukan promosi sesuai dengan target market yang sudah ditentukan.