4. Website dan Blog
Situs web bisnis adalah media yang termasuk efektif untuk membangun funnels lead generation. Di dalam website, sediakan berbagai informasi menarik dan bermanfaat bagi audiens.
Lalu lakukan optimasi SEO sehingga situs web Anda jadi lebih mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Semakin sering orang menemukan dan berkunjung ke situs web Anda, semakin cepat pula Anda mengumpulkan data kontak mereka.
Hal yang sama juga berlaku dengan penggunaan blog untuk membagikan pengetahuan atau informasi menarik lainnya. Ini menjadi cara yang masih efektif hingga hari ini untuk menarik perhatian calon konsumen yang ingin Anda jangkau.
Bagaimana cara memanfaatkan situs web maupun blog sebagai media untuk menerapkan lead generation?
Anda bisa mulai dengan menyediakan konten yang relevan dengan bisnis. Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang kesehatan dan menjual produk kebugaran.
Coba buat dulu konten mengenai tips sehat, rencana latihan, dan informasi lainnya yang memberikan solusi bagi audiens untuk bisa memiliki kesehatan yang baik.
Pada setiap postingan, sediakan formulir berlangganan yang memungkinkan pembaca menerima email ketika ada informasi terbaru.
Sesekali boleh juga menyediakan e-book gratis yang bisa diunduh, konsultasi gratis bagi audiens yang membutuhkan, atau voucher diskon dan penawaran produk yang menarik.
Pastikan audiens harus memasukkan data kontak dulu untuk mendapatkan semua fasilitas tersebut.
5. Iklan Berbayar untuk Mendapatkan Leads yang Tepat
Menggunakan iklan berbayar, seperti Google Ads, iklan Facebook, Instagram Ads, dan sebagainya, memungkinkan Anda menjangkau prospek lebih spesifik dan sesuai dengan target market yang relevan dengan bisnis Anda. Bahkan, Anda dapat menentukan target berdasarkan kata kunci, demografi, dan preferensi mereka masing-masing.
Selain itu, menggunakan Google Ads juga menjadi cara cepat untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari Google.
Dengan menargetkan kata kunci yang relevan, tak hanya mendapatkan leads potensial saja, tetapi Anda bisa sekaligus meningkatkan traffic situs web bisnis. Pada akhirnya, semakin banyak pengguna internet berkunjung ke situs web bisnis Anda, semakin besar pula peluang Anda mendapatkan konversi dan peningkatan penjualan.
Contoh memanfaatkan iklan berbayar, misalnya membuat kampanye iklan Google Ads yang menargetkan kata kunci tertentu sesuai bisnis, seperti jasa digital marketing agency Indonesia. Ini karena memang bisnis Anda bergerak di bidang digital marketing agency.
Nah, Setiap kali seseorang mencari kata kunci tersebut, iklan Anda akan muncul di hasil pencarian mereka. Dengan mengarahkan mereka ke landing page yang relevan, Anda dapat mengumpulkan informasi kontak dan menghubungi mereka untuk memberikan penawaran khusus.
Dari berbagai media untuk menerapkan lead generation yang sudah Anda baca di artikel ini, mana nih yang sudah pernah digunakan? Jika belum sama sekali, cobain langsung saja media yang Anda anggap paling sesuai dengan bisnis, kemudian terapkan Tips Jitu Penerapan Lead Generation untuk Membangun Bisnis.