MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Media yang Bisa Digunakan untuk Menerapkan Lead Generation

30 Oct  · 
3 min read
 · 
eye 3.484  
Data Driven Marketing

redcomm

Apakah Anda seorang pebisnis yang ingin menerapkan lead generation dengan cara yang efektif dan bisa mendapatkan banyak leads potensial? Jika iya, maka Anda wajib membaca artikel ini sampai selesai untuk tahu media yang tepat untuk menerapkan lead generation.

7 Media untuk Menerapkan Lead Generation yang Efektif

Lead generation adalah salah satu elemen kunci dalam pemasaran. Agar strategi ini bisa berhasil, Anda perlu memilih dan menggunakan media yang tepat. Apa sih indikator strategi dikatakan berhasil? 

Ya, Anda bisa mendapatkan prospek atau leads yang berkualitas dan berpotensi jadi pelanggan setia bisnis Anda. Nah, berikut beberapa media yang efektif dan bisa Anda gunakan untuk menerapkan lead generation beserta contohnya.

1. Email Marketing

Email marketing adalah media promosi yang sudah lama dikenal dalam dunia internet marketing. Meskipun teknik ini sudah sangat lama digunakan, namun tetap powerful dan layak untuk Anda coba di masa sekarang.

Melakukan pemasaran menggunakan email marketing memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki channel promosi lain, seperti fitur autoresponder yang bisa Anda buat dengan mudah dan cepat, kemudian dapat dikirim secara otomatis. 

Nah, Anda bisa memanfaatkan email marketing untuk menerapkan strategi lead generation. Caranya, kirimkan email kepada calon pelanggan potensial yang datanya sudah Anda dapatkan.

Di dalam email, Anda bisa memberikan informasi eksklusif, konten yang berkualitas, atau mengirimkan voucher diskon dan penawaran menarik secara rutin. 

Selain untuk menggoda calon pelanggan tersebut untuk menjadi pengguna produk maupun layanan bisnis Anda, cara ini juga dapat mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan.

Contoh: Bisnis Anda bergerak di bidang perhotelan. Coba kumpulkan dulu data kontak dari pengunjung situs web atau media sosial yang ingin mendapatkan penawaran khusus menginap di hotel Anda. 

Jika sudah mendapatkan datanya, mulailah mengirimkan email secara rutin kepada leads yang potensial, dan sertakan benefit yang bisa pelanggan dapatkan. Sesekali boleh juga mengirimi mereka voucher diskon. 

Di akhir email, letakkan tombol CTA yang mendorong pelanggan untuk segera melakukan reservasi di hotel Anda.

2. Media Sosial

Media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn memiliki jutaan pengguna aktif yang dapat menjadi prospek potensial bagi bisnis Anda. Jangkauan penggunanya juga sangat luas sehingga akan lebih mudah bagi Anda kalau ingin menargetkan calon pelanggan secara spesifik. 

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk menerapkan lead generation? Anda bisa mulai membuat konten kreatif yang relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya, bisnis Anda berjualan pakaian, maka buatlah konten mengenai tren fashion terbaru. 

Setelahnya, adakan secara rutin aktivitas yang seru dan mengundang perhatian audiens, seperti menyelenggarakan kontes atau giveaway yang mengharuskan audiens mengisi formulir dengan informasi kontak sebagai syarat keikutsertaan. 

Dengan cara ini, Anda tidak hanya membangun hubungan dengan pengikut, tetapi sekaligus dapat mengumpulkan data leads atau prospek yang berkualitas. 

3. Messenger

Messenger juga menjadi salah satu channel promosi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan lead generation. Ini karena tingkat keterbacaan media komunikasi di media sosial terbilang cukup tinggi. Sebab, para pengguna messenger menggunakan fitur tersebut beberapa jam dalam sehari.

Media promosi yang masuk kategori messenger bisa berupa Telegram, Facebook Messenger, direct message di Instagram, WhatsApp, dan lainnya. Layanan perpesanan ini bisa Anda gunakan layaknya direct selling. Dengan catatan, Anda sudah memiliki data kontak calon pelanggan.

4. Website dan Blog

Situs web bisnis adalah media yang termasuk efektif untuk membangun funnels lead generation. Di dalam website, sediakan berbagai informasi menarik dan bermanfaat bagi audiens. 

Lalu lakukan optimasi SEO sehingga situs web Anda jadi lebih mudah ditemukan di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Semakin sering orang menemukan dan berkunjung ke situs web Anda, semakin cepat pula Anda mengumpulkan data kontak mereka. 

Hal yang sama juga berlaku dengan penggunaan blog untuk membagikan pengetahuan atau informasi menarik lainnya. Ini menjadi cara yang masih efektif hingga hari ini untuk menarik perhatian calon konsumen yang ingin Anda jangkau. 

Bagaimana cara memanfaatkan situs web maupun blog sebagai media untuk menerapkan lead generation? 

Anda bisa mulai dengan menyediakan konten yang relevan dengan bisnis. Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang kesehatan dan menjual produk kebugaran. 

Coba buat dulu konten mengenai tips sehat, rencana latihan, dan informasi lainnya yang memberikan solusi bagi audiens untuk bisa memiliki kesehatan yang baik.

Pada setiap postingan, sediakan formulir berlangganan yang memungkinkan pembaca menerima email ketika ada informasi terbaru. 

Sesekali boleh juga menyediakan e-book gratis yang bisa diunduh, konsultasi gratis bagi audiens yang membutuhkan, atau voucher diskon dan penawaran produk yang menarik. 

Pastikan audiens harus memasukkan data kontak dulu untuk mendapatkan semua fasilitas tersebut.

5. Iklan Berbayar untuk Mendapatkan Leads yang Tepat

Menggunakan iklan berbayar, seperti Google Ads, iklan Facebook, Instagram Ads, dan sebagainya, memungkinkan Anda menjangkau prospek lebih spesifik dan sesuai dengan target market yang relevan dengan bisnis Anda. Bahkan, Anda dapat menentukan target berdasarkan kata kunci, demografi, dan preferensi mereka masing-masing.

Selain itu, menggunakan Google Ads juga menjadi cara cepat untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari Google. 

Dengan menargetkan kata kunci yang relevan, tak hanya mendapatkan leads potensial saja, tetapi Anda bisa sekaligus meningkatkan traffic situs web bisnis. Pada akhirnya, semakin banyak pengguna internet berkunjung ke situs web bisnis Anda, semakin besar pula peluang Anda mendapatkan konversi dan peningkatan penjualan.

Contoh memanfaatkan iklan berbayar, misalnya membuat kampanye iklan Google Ads yang menargetkan kata kunci tertentu sesuai bisnis, seperti jasa digital marketing agency Indonesia. Ini karena memang bisnis Anda bergerak di bidang digital marketing agency

Nah, Setiap kali seseorang mencari kata kunci tersebut, iklan Anda akan muncul di hasil pencarian mereka. Dengan mengarahkan mereka ke landing page yang relevan, Anda dapat mengumpulkan informasi kontak dan menghubungi mereka untuk memberikan penawaran khusus.

 

Dari berbagai media untuk menerapkan lead generation yang sudah Anda baca di artikel ini, mana nih yang sudah pernah digunakan? Jika belum sama sekali, cobain langsung saja media yang Anda anggap paling sesuai dengan bisnis, kemudian terapkan Tips Jitu Penerapan Lead Generation untuk Membangun Bisnis.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER