MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Pebisnis, Ini Manfaat & Tujuan Lead Generation yang Wajib Anda Tahu

16 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 552  
Data Driven Marketing

redcomm

Jumlah pelanggan potensial berperan besar pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Semakin banyak Anda memiliki leads yang berkualitas, semakin besar pula peluang terciptanya konversi. Pada akhirnya, juga bisa meningkatkan keuntungan. Ini hanya salah satu manfaat lead generation. Cek di artikel Redcomm kali ini apa saja manfaat dan tujuan lead generation lainnya.

7 Manfaat dan Tujuan Lead Generation Bagi Bisnis

1. Mendapatkan Target Pelanggan yang Tepat

Lead generation membantu menjangkau pelanggan yang tepat sesuai dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Dengan strategi yang baik, Anda dapat mengumpulkan informasi yang relevan dari calon pelanggan, seperti preferensi dan kebutuhan mereka atau kontak yang memungkinkan Anda mengontak mereka secara personal. 

Lalu dengan data yang sudah dimiliki, Anda bisa mengalokasikan sumber daya secara efektif untuk memberikan penawaran yang menarik. Cara ini akan menghemat budget pemasaran lho.

Misalnya, menawarkan produk yang benar-benar mereka butuhkan sehingga kemungkinan mereka membeli produk atau layanan bisnis Anda jadi semakin besar.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Lead generation juga dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Ketika Anda aktif dalam menghubungi calon pelanggan dan memberikan nilai tambah kepada mereka, secara tidak langsung hal ini dapat membangun citra positif untuk bisnis Anda. 

Semakin sering calon pelanggan melihat suatu merek bisnis, semakin besar kemungkinan mereka akan mengingat dan mempercayainya.

Jika Ingin tahu lebih banyak mengenai brand awareness, coba baca juga beberapa rekomendasi artikel berikut ini:

3. Mengenali Perilaku Pelanggan dari Data Leads

Salah satu keuntungan besar dari lead generation, Anda dapat mengenali perilaku pelanggan, terutama yang pernah berkunjung ke website bisnis Anda. 

Misalnya, artikel dengan topik tertentu yang banyak dibaca, pelanggan yang sudah tertarik dengan mengisi form pemesanan produk, namun belum menyelesaikan transaksi, hingga calon pelanggan yang baru subscribe untuk berlangganan email marketing.

Seluruh data tersebut tinggal Anda kelompokkan dan susun berdasarkan kategori tertentu, kemudian rancanglah strategi pemasaran yang efektif. Contoh:

  • Pelanggan yang sudah subscribe email marketing perlu dikirimi email secara berkala dengan penawaran-penawaran menarik.
  • Calon pelanggan yang menunjukkan ketertarikan dengan mengisi formulir pemesanan produk bisa dikontak untuk follow up.
  • Lalu pengunjung website yang baru membaca-baca artikel mungkin bisa jadi target saat menjalankan strategi retargeting.

4. Brand Loyalty Lebih Kuat

Dengan membangun hubungan awal yang baik dengan calon konsumen melalui strategi lead generation, Anda dapat sekaligus membangun loyalitas pelanggan yang lebih kuat. 

Caranya bisa dengan membuat program loyalitas untuk pelanggan yang memungkinkan Anda membuat mereka menjadi merasa diistimewakan.

Di saat yang sama, sediakan informasi yang lengkap dan detail mengenai value, ragam produk dan layanan, fitur dan spesifikasi produk, serta manfaatnya. Jadi ketika pelanggan mencari tahu lebih lanjut, semua informasi telah tersedia. 

Nah, saat pelanggan merasa dihargai dan didengarkan, mereka cenderung tetap setia kepada merek Anda dan lebih mungkin untuk kembali untuk pembelian berulang.

5. Lebih Mudah Melakukan Segmentasi Pasar

Dengan data yang dikumpulkan melalui lead generation, Anda dapat dengan mudah melakukan segmentasi pasar. Anda pun jadi lebih mudah menyesuaikan pesan penawaran kepada kelompok pelanggan yang berbeda sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka masing-masing. 

Manfaat melakukan segmentasi pasar, antara lain:

  • Menentukan target pelanggan berdasarkan demografi (usia, jenis kelamin, preferensi, penghasilan, profesi, dan sebagainya), sekaligus bisa menyasar pada lokasi geografis tertentu. Misalnya berdasarkan kota atau wilayah, di perkotaan, di pedesaan, dan lainnya.
  • Segmentasi pasar yang detail dan lengkap akan membantu proses penyusunan strategi pemasaran yang lebih efektif. Bahkan ketika melakukan pemasangan iklan berbayar, Anda jadi lebih hemat biaya sebab bisa langsung fokus pada demografi atau lokasi geografis tertentu.
  • Dua poin di atas kalau dilakukan secara tepat akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kampanye pemasaran dan menghemat biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakannya.

6. Mempengaruhi Strategi Pemasaran dan Penjualan

Data leads yang Anda miliki memberi pengaruh besar pada keberhasilan strategi pemasaran dan penjualan. 

Logika sederhananya, ketika perusahaan berfokus pada prospek berkualitas dari data leads yang sudah disortir, maka peluang mengubah leads menjadi pelanggan menjadi semakin besar.

Bahkan leads potensial yang akhirnya melakukan pembelian juga dapat meningkatkan angka penjualan, keuntungan bisnis, dan Return of Investment (ROI) untuk jangka panjang.

7. Meningkatkan Return of Investment (ROI)

Nah, pada point 6 sudah disebutkan bahwa leads generation berkontribusi pada peningkatan Return of Investment (ROI). Kenapa bisa? Ya, dengan berfokus kepada pelanggan potensial yang lebih berkualitas dan strategi pemasaran yang lebih terarah, Anda dapat memaksimalkan hasil dari setiap uang yang telah diinvestasikan dalam pemasaran.


Dalam rangka memaksimalkan manfaat lead generation, penting untuk memiliki strategi yang terencana dengan baik. 

Untuk itu, mulailah dengan menentukan siapa target pelanggan, lalu kembangkan pendekatan untuk membantu mendapatkan leads berkualitas tinggi. Caranya bagaimana? Baca penjelasannya di sini: Cara Menarik Leads Berkualitas Terbaru dan Terkini. Jangan lupa lengkapi juga pengetahuan Anda mengenai: 2 Kategori Jenis Lead Generation di Era Digital Terbaru.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC