Inbound Lead Generation dan Jenisnya
Inbound lead generation adalah strategi menarik prospek potensial ke dalam bisnis Anda tanpa perlu mengganggu calon pelanggan secara langsung.
Artinya, Anda perlu membuat calon pelanggan mendatangi atau mengenal bisnis Anda secara alami, tanpa paksaan, atau mereka datang dengan sukarela. Beberapa teknik inbound lead generation yang bisa Anda terapkan, antara lain”
1. Blog / Website
Membangun dan memelihara blog atau situs web yang informatif dan relevan menjadi salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian calon pelanggan. Anda bisa menyediakan konten yang bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan audiens pengunjung blog.
Lalu diakhir konten sediakan Call to Action (CTA) yang mengajak audiens membaca artikel lain, menonton video, atau langsung kontak ke tim bisnis Anda. Contohnya: CTA ke Kontak Redcomm yang bisa Anda temukan pada banyak konten di situs web ini.
2. Konten Berkualitas
Di dalam situs web maupun pada bagian blog perlu ada konten yang menjadi sumber informasi, pengetahuan, atau yang sekaligus memandu audiens menuju ke halaman landing page, misalnya.
Konten yang berkualitas tinggi adalah kunci untuk menarik perhatian prospek. Bentuknya bisa berupa artikel, panduan, infografis, atau video yang memberikan solusi atas masalah atau pertanyaan yang sering diajukan oleh target audiens.
Selain itu, pastikan konten Anda bermanfaat, memang relevan dan wajib pula informatif. Ingat, content is king, yang bisa mendatangkan lebih banyak audiens ke website dan membuat mereka mengenal bisnis Anda.
Lalu, konten seperti apa yang bisa Anda sediakan di website sebagai bagian dari inbound lead generation? Coba cek beberapa di antaranya dari artikel berikut:
3. SEO (Search Engine Optimization)
Search Engine Optimization atau SEO adalah teknik penting dalam inbound lead generation. Sebab, penerapan teknik SEO yang tepat dan benar dapat mengoptimalkan konten web sehingga muncul di halaman mesin pencari.
Semakin tinggi posisi dan peringkat konten di halaman pencarian, seperti Google, semakin besar peluang Anda mendapatkan audiens yang masuk dan berkunjung ke situs web Anda.
4. SEM (Search Engine Marketing)
Selain SEO, Anda dapat menggunakan SEM atau Search Engine Marketing sebagai cara lain untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari. Ini melibatkan penggunaan iklan berbayar, seperti Google Ads untuk menjangkau prospek yang lebih luas.
Agar penerapan SEM bisa memberikan hasil yang signifikan dan tidak over budget atau malah membuat Anda rugi, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan tim dari digital marketing agency Jakarta terpercaya yang sudah berpengalaman. Misalnya, Anda menghubungi Kontak Redcomm.
5. Konten Video atau Webinar
Konten video menjadi salah satu bentuk konten yang semakin populer di era digital ini. Sedangkan webinar atau seminar daring adalah acara yang diselenggarakan secara online di internet.
Dengan membuat video informatif atau menyelenggarakan webinar, kemudian menayangkannya di situs web dan disertai CTA yang menarik, potensi mendapatkan banyak leads juga semakin terbuka lebar.