Email marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang sudah cukup lama digunakan dan masih populer hingga saat ini. Mengapa demikian? Karena hasil atau timbal balik yang didapat cukup memuaskan dan tidak memerlukan budget yang terlalu besar dalam pelaksanaannya. Hal tersebut tentunya bisa berpengaruh pada penjualan produk yang semakin meningkat dengan biaya operasional yang lebih hemat. Itulah yang membuat banyak pebisnis menyukai teknik marketing yang satu ini. 

 

Meskipun begitu, ada juga sebagian pebisnis yang berpendapat jika aktivitas mengirim email seperti ini sudah tidak begitu efektif, mengingat terjadinya perubahan kebiasaan di dalam masyarakat, khususnya pada pengguna internet yang sekarang lebih banyak beraktivitas di media sosial. Mereka menilai sebagian besar user saat ini cenderung lebih banyak mengakses media sosial dibandingkan email. 

 

Tentu saja hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab berdasarkan banyak riset yang telah dilakukan, diketahui jika pengguna email saat ini mencapai 3,7 miliar user. Untuk beberapa tahun ke depan, diperkirakan angka tersebut akan terus bertambah. Karena itu, tak heran jika promosi melalui email masih sangat diminati. 

 

 

Tips Menggunakan Email Marketing

Bagi Anda yang ingin mencoba strategi pemasaran menggunakan email marketing, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu untuk memaksimalkan digital marketing strategies jenis ini. Jika Anda melakukannya dengan benar dan efektif, pemasaran melalui surat elektronik malah jauh lebih menguntungkan dan bisa menghasilkan return of investment (ROI) hingga 4 kali lipat. 

 

Jadi, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai email marketing pada bisnis Anda? Simak uraian berikut ini! 

 

  1. Mulailah dengan Perencanaan yang Matang

Hal pertama yang harus disiapkan saat hendak melakukan pemasaran melaluiemail adalah perencanaan. Pastikan Anda sudah mempersiapkan perencanaan yang matang dan sesuai dengan target bisnis Anda. Lakukan riset terhadap target audiens dengan detail dan benar. 

 

Kemudian, Anda bisa bertanya kepada diri sendiri terlebih dahulu, kenapa Anda perlu mengirimkan surat elektronik tersebut? Lalu lanjutkan dengan pertanyaan, kepada siapa email tersebut harus dikirimkan? Apa saja manfaatnya dan apa target yang ingin dicapai dari melakukan hal tersebut? Jawaban dari semua pertanyaan tersebut akan membantu Anda dalam menentukan penawaran yang akan Anda berikan kepada penerima atau calon pelanggan. 

 

  1. Tentukan Target Audiens Anda 

Hal selanjutnya adalah menentukan target audiens. Setiap produk pastinya memiliki fungsi atau manfaat yang berbeda. Seringkali fungsi yang dimiliki dari setiap produk berhubungan dengan kondisi orang yang menggunakannya, baik dari segi usia, lokasi, juga kebutuhan. 

 

 

Anda harus menentukan target audiens ini sejak awal, karena akan sangat berpengaruh terhadap penjualan produk atau layanan Anda. Segmentasi audiens yang tepat berpotensi meningkatkan email akan dilihat dan dibaca hingga akhir oleh calon konsumen yang mendapatkan kiriman email dari Anda. 

 

  1. Buat Pesan yang Lebih Personal

Membuat pesan yang dipersonalisasi untuk setiap pelanggan adalah cara sederhana dalam internet marketing business yang bisa Anda coba melalui email marketing. Ketika mengirimkan email, sebut nama dari penerima email tersebut. Dengan begini, Anda sekaligus menunjukkan kepada penerima email kalau email itu Anda buat secara personal untuk tiap-tiap orang, bukan merupakan satu pesan yang di-copy paste untuk banyak orang. 

 

Dengan menghindari penggunaan satu template pesan untuk dikirim ke semua calon pelanggan Anda juga bisa menghindarkan Anda dari anggapan sedang melakukan spamming yang membuat penerima email jadi kurang tertarik untuk membuka dan membaca email tersebut. 

 

Anda juga bisa menggunakan gaya bahasa yang menarik dan sesuai dengan target audiens. Alasannya, saat Anda berhasil mengirimkan pesan yang personal kepada calon pelanggan, Anda akan dinilai mengerti dengan apa yang dibutuhkan oleh mereka. Jadi, kemungkinan mereka akan semakin tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan semakin besar. 

 

 

  1. Buat Pengiriman Email Otomatis

Setelah Anda melakukan semua hal di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan otomatisasi pengiriman email kepada pelanggan. Saat ini sudah tersedia layanan email yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan jadwal pengiriman, segmentasi audiens, dan berbagai hal penting lainnya. 

 

Melakukan pengiriman pesan secara otomatis bisa menjadi solusi terbaik untuk menghemat waktu Anda. Layanan email yang Anda gunakan dapat diatur sedemikian rupa agar bisa membalas semua pertanyaan dan mengirimkan informasi tertentu sesuai dengan format yang Anda inginkan. 

 

Demikian tips untuk memulai strategi digital marketing melalui email sangat disarankan untuk Anda. Selain memberikan peluang kesuksesan dalam hal promosi dan pemasaran yang sangat tinggi, teknik email marketing yang diulas pada artikel ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Namun, jika Anda masih bingung dan ragu untuk melakukannya sendiri, cobalah untuk bekerja sama dengan digital agency