1. Email Marketing Complaint yang Proaktif
Ketika mendapat keluhan atau komplain dari pelanggan yang kecewa setelah menggunakan produk atau layanan bisnis, Anda bisa langsung mengutarakan permintaan maaf telah membuat konsumen merasa kecewa.
Lalu informasikan bahwa Anda akan segera memperbaiki produk atau layanan tersebut secara menyeluruh supaya bisa memastikan keduanya mencapai standar kualitas tertinggi.
Untuk menebus rasa kecewa yang konsumen rasakan dan menunjukkan kepedulian atas permasalahan yang mereka hadapi, Anda bisa memberi kode diskon atau voucher diskon.
Tujuan dari pemberian diskon ini agar konsumen tetap mau menjadi pelanggan dan di lain waktu kembali melakukan pembelian produk dari brand Anda.
Ucapkan terima kasih atas saran dan masukkan dari pelanggan. Yakinkan mereka bahwa Anda akan melakukan perbaikan yang berkelanjutan.
Jangan lupa, sertakan informasi tambahan seperti format jika pelanggan memiliki pertanyaan lebih lanjut. Misalnya dengan menyertakan nomor atau alamat email layanan pelanggan yang fast response.
Lalu demi memperlancar kegiatan menangani komplain pelanggan, ada baiknya Anda memiliki tim customer service yang proaktif dan mampu memberikan layanan after sales terbaik bagi pelanggan.
2. Email Marketing Complaint yang YES Response
Respons keluhan pelanggan dengan profesional dan secepat mungkin. Jangan mengabaikan komplain dari pelanggan yang bisa menimbulkan kekecewaan.
Tidak menindaklanjuti keluhan pelanggan dengan cepat juga bisa menjadi penyebab perusahaan mendapatkan masalah yang jauh lebih besar, seperti kehilangan reputasi dan kepercayaan dari pelanggan.
Ucapkan terima kasih atas feedback dari mereka. Kemudian sampaikan permintaan maaf yang tulus atas ketidaknyamanan dan ketidakpuasan pelanggan.
Buktikan bahwa Anda memahami pentingnya permasalahan tersebut dan berjanji untuk segera menyelesaikannya. Gunakan empati dalam menangani keluhan serta kekecewaan konsumen.
Ingat, satu konsumen yang kecewa bisa mengajak ratusan orang di sekelilingnya untuk tidak lagi menggunakan produk maupun layanan dari usaha Anda.
Hal sebaliknya juga bisa terjadi, pelanggan yang puas dengan pelayanan yang Anda berikan bisa mengajak lebih banyak orang untuk jadi pelanggan Anda.
Tunjukkan juga langkah konkret yang sedang Anda ambil, seperti jelaskan cara menyelesaikan permasalahan, dan menghindari kejadian serupa di masa mendatang. Bangunlah komunikasi transparan melalui template email marketing ini.
Terakhir, sampaikan bahwa Anda sangat menghargai masukan dari konsumen dan mereka tidak perlu ragu untuk menghubungi kembali jika memiliki saran tambahan.