Cari tahu yuk apa itu customer loyalty, tahapan customer loyalty, dan cara memaksimalkan CRM dengan membangun customer loyalty di artikel Redcomm Knowledge kali ini.
Apa yang Dimaksud Dengan Customer Loyalty?
Kesetiaan pelanggan atau customer loyalty adalah bentuk kesetiaan atau loyalitas pelanggan terhadap produk maupun layanan dari suatu bisnis. Kesetiaan ini terbentuk karena perusahaan mampu memberikan layanan pelanggan yang berkualitas dan terbaik sehingga pelanggan puas.
Selain itu, loyalitas pelanggan juga bisa semakin kuat jika brand identity dan brand image terbangun secara positif, dan pelanggan merasa nyaman berinteraksi dengan bisnis tersebut.
Dalam pengertian yang lain, customer loyalty adalah orang yang sering melakukan pembelian, baik secara rutin maupun tidak, karena menyukai produk dan layanan bisnis yang Anda berikan kepada mereka.
Kalau jumlah pelanggan banyak yang masuk kategori ini, maka bisa dikatakan bisnis Anda termasuk bisnis yang sudah memiliki kepercayaan konsumen yang baik, berdasarkan kualitas produk, layanan pelanggan, dan mungkin strategi promosi yang diterapkan.
Pentingnya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Loyalitas konsumen menjadi salah satu bukti kalau kualitas produk dan layanan pelanggan yang Anda miliki masuk dalam kategori bagus, sehingga konsumen menggunakan dan membeli produk maupun layanan secara berulang.
Semakin sering menggunakan, mereka juga jadi semakin yakin keunggulan produk dan layanan bisnis Anda terjaga dengan baik. Dengan catatan, Anda sebagai pemilik bisnis memang berfokus pada peningkatan kualitas produk dan layanan ya.
Nah, ketika konsumen merasa puas dan nyaman berinteraksi dengan bisnis Anda, maka mereka akan lebih percaya diri untuk merekomendasikan produk & layanan kepada orang lain.
Adanya rekomendasi berdasarkan pengalaman pribadi dari pelanggan yang sudah lebih dulu menggunakan produk dan layanan Anda, akan membuka peluang bertambahnya jumlah pelanggan baru dan semakin banyak pula yang percaya dengan brand bisnis milik Anda.
Pelanggan yang puas inilah yang harus Anda jaga dan kelola dengan baik, agar mereka menyenangi produk dan layanan bisnis yang Anda tawarkan untuk waktu yang lama. Jadi, meskipun ada banyak kompetitor di luar sana, mereka tidak akan pindah ke lain hati.
Tahapan Customer Loyalty
Ada beberapa tahapan dalam customer loyalty yang sebaiknya Anda pahami, supaya nanti Anda bisa mengembangkan strategi yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan terus meningkatkan kepercayaan mereka. Beberapa tahapan tersebut, yaitu:
1. Suspect
Suspect adalah orang yang memiliki kemungkinan membeli produk, jasa, atau layanan bisnis, namun belum menjadi pelanggan sama sekali. Andai kelak mereka melakukan pembelian, maka itu menjadi pertama kalinya mereka membeli produk Anda.
2. Prospek
Prospek adalah kelompok individu yang sudah Anda ketahui memang membutuhkan produk, jasa, maupun layanan bisnis yang Anda tawarkan. Mereka juga punya kemampuan finansial yang baik untuk melakukan pembelian.
Namun posisi prospek ini belum jadi pelanggan lho ya. Oleh karena itu, Anda perlu merancang strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian mereka dan mendorong mereka melakukan pembelian.