Ketika menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu tidak bisa melakukannya sendiri. Anda memerlukan bantuan orang lain agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik. Salah satunya dengan menyediakan customer service untuk melayani pelanggan Anda. Kehadiran customer service akan membuat bisnis Anda lebih dekat dengan pelanggan.

 

Tugas Customer Service

Seorang customer service tidak hanya bertugas untuk menangani permasalahan pelanggan. Lebih dari itu, ada banyak sekali tugas yang mereka lakukan untuk menunjang bisnis Anda. Berikut beberapa tugas customer service yang perlu Anda ketahui, antara lain:

 

 

  1. Sebagai Penerima Tamu

Tugas sebagai seorang customer service salah satunya adalah menjadi penerima tamu atau sebutan lain dari resepsionis. Oleh karena itu, customer service selalu ada pada bagian depan ruang tunggu sebuah perusahaan atau lembaga. Biasanya mereka tampil rapi lengkap dengan seragam khasnya.

 

Ketika seorang customer service sedang berhadapan dengan tamu, mereka harus memiliki keberanian dalam menjawab serta menjelaskan dengan detail setiap pertanyaan yang diajukan oleh tamu tersebut. Umumnya pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan produk dan kendala yang dialami.

 

Dalam bisnis online, peran customer service pun kurang lebih sama. Mereka berada di garda terdepan yang akan membantu Anda memastikan semua pelanggan Anda bisa terlayani dengan baik. 

 

  1. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Seorang customer service harus memiliki sikap yang ramah. Sebab, mereka bertugas untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Anda tentu tahu bahwa karakter tiap orang berbeda. Maka dari itu, customer service harus bisa menyesuaikan diri dan memberikan pelayanan terbaik.

 

 

Perlakuan sederhana kepada klien yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan layanan terbaik, mulai dari menjawab setiap pertanyaan dengan sopan, menerima kritik dan saran, menerima keluhan pelanggan dan menindaklanjutinya dengan memberikan solusi sesuai prosedur yang ditetapkan perusahaan, dan sebagainya. Selain itu, customer service juga harus mampu menjadi penenang bagi pelanggan yang sedang komplain atas masalahnya kemudian memberikan solusi terhadap masalah tersebut.

 

  1. Menjadi Komunikator

Sebagai orang yang lebih banyak berhadapan dengan konsumen, seorang customer service harus mampu menjadi perwakilan perusahaan. Salah satunya dengan menjadi komunikator yang baik antara perusahaan dan pelanggan. Interaksi yang terjalin dengan baik akan membuat konsumen merasa nyaman dan percaya dengan perusahaan Anda. Itu tentu juga akan menjadi sebuah keuntungan.

 

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka customer service juga dapat menjadi penghubung antara pimpinan maupun pegawai dengan para calon pelanggan. Dengan begitu, beberapa kendala yang mungkin terjadi bisa diatasi dengan baik.

 

 

  1. Melayani Pelanggan secara Online maupun Offline

Dalam memberikan layanan, customer service juga menyediakan layanan, baik secara online maupun offline, namun tetap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan perusahaan. Ada banyak platform online yang bisa digunakan seorang customer service untuk membangun hubungan dengan para pelanggan, menjawab informasi yang dibutuhkan pelanggan terkait produk, jasa, maupun layanan yang tersedia, dan sebagainya. 

 

Selain itu, customer service juga melakukan pelayanan secara tatap muka. Karena terkadang ada kendala yang tidak bisa dihindari ketika berkomunikasi melalui telepon, seperti waktu yang terbatas, sinyal yang kurang baik, dan keterbatasan menjelaskan sesuatu dengan lebih lengkap. 

 

Dari penjelasan di atas, sudah terlihat jelas bahwa keberadaan customer service bisa sangat membantu pemilik bisnis dalam menjalankan perusahaan, terutama yang berhubungan dengan layanan kepada pelanggan. Maka tak ada salahnya bagi Anda yang menjalankan bisnis online untuk menyediakan customer service sehingga seluruh kebutuhan pelanggan Anda bisa terpenuhi dengan baik.