Setiap bisnis pasti pernah mengalami konsumen komplain untuk sesuatu yang kurang memuaskan mereka, entah dari produk atau dari layanan bisnis Anda. Hal ini wajar dan sering terjadi. Untuk itu, Anda perlu yang namanya Customer Relationship Management (CRM). 

 

Apa Itu CRM dan Apa Pentingnya CRM dalam Perusahaan?

Customer Relationship Management, atau yang disingkat CRM, adalah strategi manajemen hubungan pelanggan dengan perusahaan yang bertujuan untuk mengelola hubungan baik dengan para konsumen atau pelanggan, mengumpulkan semua data pelanggan, kemudian merekam aktivitas tenaga penjual, terutama dalam berhubungan dengan calon pelanggan atau yang sudah jadi pelanggan tetap. 

 

Jika ada pertanyaan, apa pentingnya CRM dalam perusahaan? Jawabannya, sudah tentu penting karena dalam pekerjaan penjualan secara langsung, interaksi antara tenaga penjual sebagai wakil perusahaan dan calon pelanggan harus dibangun dengan baik.

 

 

Dalam bisnis, Anda sudah jelas tak bisa selalu menyenangkan dan membuat semua orang puas. Pasti akan ada orang-orang yang merasa kecewa, tidak puas, dan sebagainya. Untuk itulah dibutuhkan adanya CRM yang diharapkan dapat membantu Anda lebih dekat dengan pelanggan. Kenapa bisnis perlu dekat dan mendengar suara pelanggan? Karena jika Anda tak mendengarkan mereka, maka mereka akan dengan mudah berpindah ke kompetitor yang bisa jadi memberi layanan pelanggan dengan lebih baik serta mau mendengarkan keluhan dan masukan dari mereka. 

 

Menghadirkan Customer Relationship Management (CRM) di dalam perusahaan Anda sebenarnya tak semata-mata untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan yang berkesinambungan dan mendapatkan laba. Jika dirumuskan lebih detail, maka keberadaan CRM akan banyak membantu Anda dalam menyediakan berbagai informasi yang Anda butuhkan terkait pelanggan, kebutuhan dan keinginan mereka, yang jika Anda penuhi akan meningkatkan keuntungan bagi usaha Anda. 

 

Manfaat Customer Relationship Management dalam Bisnis

Hadirnya aplikasi keluhan pelanggan seperti CRM ini, tentu dapat membantu para pemilik perusahaan menangani semua keluhan dengan penanganan yang cepat dan baik. Namun, di balik itu semua tentu ada manfaat yang nantinya bisa Anda dapatkan dari penerapan CRM dalam bisnis Anda, seperti:

 

 

  1. Dapat Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Dengan semua informasi mengenai pelanggan yang nantinya dikumpulkan melalui SMS, email, panggilan telepon, website, hingga sosial media, dapat membuat perusahaan memahami para pelanggan secara konsisten, bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan kebutuhan mereka, mudah mencarikan solusi atas permasalahan yang pelanggan hadapi, bahkan bisa memberikan perhatian lebih di momen-momen istimewa pelanggan. Otomatis perhatian yang Anda berikan dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk dan brand Anda. Data yang dikumpulkan melalui CRM juga bisa menjadi bekal bagi perusahaan untuk melakukan berbagai perbaikan serta meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik lagi. 

 

  1. Efisien dalam Penggunaan Anggaran Perusahaan

Dengan adanya penerapan CRM dalam bisnis, tentu Anda juga akan bisa mengurangi biaya pemasaran. Mengapa demikian? Sebab, setiap produk yang dikeluarkan tentu sudah menemukan pangsa pasarnya masing-masing. Oleh karena itu, Anda tidak perlu melakukan survei lagi. 

 

Penggunaan CRM dalam menjalankan bisnis Anda juga bisa membantu peningkatan pelayanan kepada pelanggan, tetapi Anda tetap bisa mengefisiensikan anggaran dana perusahaan agar tak terbuang percuma untuk layanan pelanggan yang kurang tepat sasaran. Skema CRM yang sistematis dalam menargetkan pelayanan yang perlu diberikan kepada pelanggan di saat yang tepat dan memang dibutuhkan pelanggan bisa memberi dampak yang bagus pada terjadinya peningkatan penjualan. 

 

 

  1. Kegiatan Operasional Semakin Efektif

Hadirnya aplikasi CRM akan memberi banyak kemudahan terutama dalam mengatasi keluhan dari para pelanggan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif hingga biaya birokrasi yang mungkin saja muncul ketika keluhan tersebut tidak teratasi.

 

Jadi, itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai Customer Relationship Management. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.