knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Rahasia Menciptakan Program Loyalitas Pelanggan yang Berhasil Mempertahankan Pelanggan

20 Sep  · 
3 min read
 · 
eye 2.490  
CRM & Loyalty Programs

Program Loyalitas Yang Berhasil

Loyalitas pelanggan adalah dasar kesuksesan bisnis dan dapat berdampak signifikan pada laba bersih usaha dan perkembangan bisnis secara keseluruhan.

Pelanggan yang setia cenderung menghabiskan lebih banyak uang bagi perusahaan dari waktu ke waktu, melakukan pembelian berulang, dan lebih mungkin merekomendasikan brand Anda kepada teman dan keluarga mereka. 

Mereka juga bisa menjadi sumber umpan balik paling berharga, memberikan wawasan tentang apa yang berfungsi dan tidak dalam bisnis Anda. 

Sebaliknya, pelanggan yang tidak puas mungkin tidak hanya berhenti berbisnis dengan Anda, tetapi juga dapat merusak reputasi dengan memberikan feedback negatif.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk fokus membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan menciptakan program loyalitas pelanggan untuk mempertahankan pelanggan loyal.

Yuk, baca penjelasan lengkap rahasia menciptakan program loyalitas pelanggan yang efektif di artikel ini.

Tips Membuat Program Loyalitas Pelanggan yang Terbukti Berhasil

1. Personalisasi Program Sesuai Kebutuhan Konsumen

Personalisasi adalah kunci sukses program loyalitas modern. Ini jadi hal wajib ya, Guys! Bagaimana caranya? 

Anda bisa membagi konsumen berdasarkan perilaku dan demografinya. Dengan begini, Anda bisa memberi reward yang paling pas bagi masing-masing kelompok. 

Misalnya, konsumen yang sering belanja akan mendapat reward berbeda dengan yang jarang belanja. Lalu, untuk diskon produk bisa Anda berikan untuk kelompok yang berbelanja sesekali.

Contoh lain, Anda bisa memberikan diskon untuk produk yang pernah mereka beli sebelumnya kalau mereka melakukan tindakan tertentu yang Anda minta.

Untuk tahu apa yang dibutuhkan konsumen agar personalisasi reward berhasil, Anda bisa melakukan analisis terlebih dahulu dari data konsumen yang sudah Anda miliki. Misalnya dari analisis perilaku konsumen, riwayat pembelian, rekomendasi promo yang akhirnya mereka klik, dan sebagainya.

Semakin menarik program loyalitas pelanggan yang Anda buat, maka pelanggan akan jadi semakin betah dan setia dengan brand dan produk Anda.

2. Pelanggan VIP untuk Bangun Reputasi

Setiap bisnis pasti punya konsumen yang lebih berharga dibanding yang lain. Mereka inilah yang harus Anda kenali supaya bisa mempersonalisasi pengalaman yang menyenangkan dan membuat mereka semakin cinta dengan brand Anda.

Pertama-tama, coba kelompokkan dulu pelanggan berdasarkan kriteria khusus, misalnya pelanggan yang paling sering berbelanja dan pengeluaran mereka sangat besar kalau ditotal dalam jangka waktu tertentu.

Nah, pelanggan seperti ini sudah pasti sangat berharga bagi bisnis Anda. Maka tawari dan undang mereka ke acara eksklusif dengan akses VIP atau beri pengalaman belanja yang personal. 

Memberikan reward dan benefit yang layak sesuai preferensi dan kualifikasi pelanggan dapat menjadi jalan terbukanya hubungan yang kuat, angka penjualan meningkat, dan reputasi bisnis jadi terbangun dengan baik.

3. Sediakan Hadiah Agar Tetap Setia

Lihat dulu ke diri Anda sendiri deh. Saat mendapatkan hadiah dari orang tersayang, keluarga, rekan kerja, atau kenalan, Anda pasti merasa bahagia dan senang, kan? Faktanya, semua orang senang saat mendapatkan hadiah.

Nah, rasa senang ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun kesetiaan dan akhirnya membuat hubungan jadi semakin erat.

Maka sediakan hadiah bagi pelanggan-pelanggan potensial yang mau melakukan pembelian ketika Anda menyelenggarakan campaign retargeting dan remarketing melalui email marketing, misalnya.

Atau Anda bisa menganalisis data pembelian dan total belanja pelanggan, termasuk mencari tahu preferensi dan referensi yang pelanggan berikan kepada Anda.

Nah, mereka inilah yang seharusnya mendapatkan hadiah supaya tetap setia menjadi pelanggan Anda dan terus menggunakan produk maupun layanan bisnis yang Anda tawarkan. Hal ini bisa membangun hubungan emosional yang kuat antara merek dan konsumen.

Dan yang tidak boleh dilupakan, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada konsumen yang sudah setia pada momen special mereka. Pesan singkat atau pesan personal bisa jadi hal yang berarti bagi mereka. 

4. Manfaatkan Data untuk Meningkatkan Program Loyalitas

Data dan analitik bisa jadi alat penting untuk meningkatkan efektivitas program loyalitas pelanggan. Mau tidak mau Anda harus mengumpulkan dan menganalisis data konsumen secara berkala.

Salah satu cara untuk memanfaatkan data dan analitik adalah melacak keterlibatan dan partisipasi konsumen. 

Dengan mengukur seberapa sering konsumen menggunakan program Anda dan reward apa yang paling populer, Anda bisa membuat keputusan yang lebih baik tentang bagaimana mengatur program agar lebih cocok dengan kebutuhan konsumen.

Nantinya semua data tersebut juga akan membantu Anda mendapatkan informasi yang detail terkait perilaku, preferensi, harapan, kebutuhan, bahkan pain poin yang mereka rasakan. 

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan pengetahuan tersebut untuk merancang program loyalitas yang lebih mengikat, hingga pelanggan tak ingin berpindah ke brand atau produk lain.

Cara lain untuk menggunakan data dan analitik adalah dengan menganalisis umpan balik dan sentimen konsumen. 

Dengan mengumpulkan feedback melalui survei, online review, dan polling di media sosial, Anda bisa mengidentifikasi area di mana program loyalitas Anda mungkin kurang, dan melakukan penyesuaian sesuai dengan temuan tersebut.

5. Menciptakan Customer Experience yang Mulus 

Menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus di semua touchpoint itu penting banget untuk membangun loyalitas konsumen sekaligus dapat mendorong pertumbuhan bisnis. 

Touchpoint adalah setiap titik di mana konsumen berinteraksi dengan bisnis Anda, seperti website, channel media sosial, toko fisik, atau layanan pelanggan.

Anda perlu memastikan setiap touchpoint konsisten dan sejalan dengan nilai brand serta pesan pemasaran. Artinya, konsumen harus merasakan pengalaman yang konsisten, baik saat berinteraksi dengan brand secara online maupun offline.

Cara lain untuk memastikan konsistensi di semua titik kontak adalah dengan menciptakan identitas brand yang jelas dan branding produk yang kuat, sehingga pesan yang sama juga tercermin di semua strategi pemasaran dan komunikasi yang Anda gunakan. 

Ini akan membantu konsumen mengenali brand Anda dengan lebih baik dan membuat mereka merasa lebih terhubung dengannya di semua titik kontak.

Pastikan juga semua titik kontak mudah digunakan dan dinavigasi. Website harus ramah pengguna, akun media sosial harus menarik dan informatif, dan toko fisik harus menyambut dan mudah ditemukan.

Selain itu, penting untuk memberikan layanan pelanggan yang konsisten di semua touchpoint

Ini berarti konsumen harus dapat menghubungi bisnis Anda untuk mendapatkan dukungan dan menerima tanggapan yang konsisten, baik itu melalui email, telepon, atau media sosial.

Terakhir, lacak  metrik, seperti nilai seumur hidup konsumen, biaya akuisisi konsumen, dan tingkat retensi. 

Menganalisis metrik tersebut membantu Anda menentukan dampak keseluruhan dari program loyalitas pada bisnis, sehingga bisa membuat keputusan yang lebih baik tentang investasi di masa depan.

Selain itu, data analitik dan semua metrik yang Anda miliki bisa digunakan untuk mengukur ROI program loyalitas pelanggan yang Anda selenggarakan


Merawat pelanggan setia akan membantu Anda meningkatkan penjualan, membangun reputasi positif, dan menciptakan dasar yang kokoh untuk pertumbuhan masa depan.

Masih penasaran dengan cara terbaik menciptakan program loyalitas pelanggan yang menarik dan bisa membuat konsumen rebutan untuk bergabung? Coba konsultasikan dulu masalah yang Anda hadapi dengan mengisi Kontak Redcomm.

Nanti tim dari digital marketing agency Indonesia, yaitu Redcomm, akan menghubungi Anda untuk berdiskusi lebih lanjut. Siapa tahu kolaborasi ini nantinya menjadi Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER