knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

10 Contoh Penerapan Strategi CRM Terbaik Tahun 2021

02 Oct  · 
3 min read
 · 
eye 14.485  
CRM & Loyalty Programs

Contoh Penerapan Strategi CRM Terbaik Tahun Ini

Bisnis yang Anda jalankan saat ini tentu memerlukan strategi yang tepat agar bisa mencapai sukses dan mendapatkan keuntungan sesuai harapan. 

Salah satu strategi yang bisa Anda coba terapkan adalah strategi Customer Relationship Management (CRM). 

Penerapan strategi CRM yang tepat tidak hanya membantu perusahaan mengelola hubungan dengan pelanggan, tetapi juga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. 

Melalui penggunaan CRM, Anda bahkan dapat mengatur bagaimana membangun hubungan yang solid dengan pelanggan, stakeholder, hingga investor yang berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Cari tahu yuk contoh penerapan strategi CRM yang bisa membuat perusahaan Anda dapat meningkatkan penjualan dan profitabilitas. 

10 Cara Terbaik Menerapkan Strategi CRM untuk Perkembangan Bisnis

Sebelumnya, Anda pasti sudah tahu istilah dasar CRM, contoh penggunaan CRM dan loyalty program, dan sebagainya. 

Maka pada artikel kali ini, Redcomm Knowledge akan berbagi cara dan contoh menerapkan strategi CRM terbaik. 

1. Interaksi Pelanggan dan Pelacakan Perilaku

Anda dapat membuat database tentang pelanggan untuk mempelajari bagaimana, kapan, dan di mana mereka berinteraksi mengenai produk Anda. 

Software CRM, seperti HubSpot, Zoho, Microsoft Dynamics CRM, SalesForce, Pipedrive, dan sebagainya, dapat membantu Anda mengenal pelanggan berdasarkan perilaku mereka dalam berbelanja.

Misalnya mengenali produk yang sering pelanggan beli, produk yang sering dilihat, total pembelanjaan terhadap produk, juga preferensi yang mereka inginkan.

2. Program Loyalitas dan Reward

Usahakan menyediakan program loyalitas dan memberikan penghargaan kepada pelanggan setia. 

Anda bisa memberikan hadiah kepada pelanggan terbaik dalam bentuk diskon atau penawaran khusus yang disesuaikan dengan preferensi mereka. 

Dengan cara ini, pelanggan jadi semakin mengingat brand Anda sebagai bisnis yang sangat loyal terhadap pelanggan. 

Ini juga bisa menjadi pendorong yang membuat mereka melakukan transaksi pembelian secara berulang.

3. Pemasaran Relevan dan Memiliki Target

Jika Anda melakukan pemasaran produk pada audiens yang kurang tepat, tentu akan mempengaruhi bisnis di kemudian hari. 

Maka, penting menyesuaikan strategi pemasaran dengan target audiens. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk menjangkau tipe audiens yang tepat untuk bisnis Anda: 

  • Personalisasikan email marketing dengan menggunakan subjek yang menarik. Sertakan nama dan tambahkan kesan personal agar audiens lebih tertarik dengan tawaran Anda.
  • Segmentasikan pelanggan menurut demografis, riwayat pembelian, dan preferensi pribadi. Hal ini bisa lebih memudahkan Anda dalam mengirimkan pesan ke pelanggan yang tepat.
  • Berikan penawaran yang lebih spesifik dan jangan bertele-tele.
  • Sediakan fitur untuk berhenti berlangganan. Cara ini sebenarnya membantu Anda lebih mudah menemukan pelanggan yang bisa menjadi target dan menghindari pesan Anda menjadi pesan spam bagi sebagian orang.

4. Pembersihan dan Duplikasi Data

Usahakan melakukan audit rutin dan pembersihan database pelanggan untuk menghindari kesalahan dan memastikan integritas dan relevansi data. 

Nah, penggunaan software CRM yang tepat dapat membantu Anda jadi lebih mudah melakukan sortir data. 

Selain itu, aplikasi CRM juga akan membantu Anda membersihkan database dari data yang tidak relevan, sehingga data yang tersedia lebih akurat.

5. Sistem Laporan yang Lebih Akurat

Manfaatkan software CRM untuk menghasilkan laporan internal dan eksternal tentang basis pelanggan serta pencapaian keberhasilan bisnis. 

Ketika laporan Anda akurat, Anda jadi lebih bisa meningkatkan kredibilitas serta transparansi di mata pemangku kepentingan, seperti stakeholder, pemegang saham, auditor, juga media. 

Hal penting berikutnya, pastikan seluruh data di dalam laporan sudah tersegmentasi dengan basis pelanggan yang nyata, kemudian data juga sudah rapi, lengkap, dan mudah dipahami.

6. Identifikasi Hubungan Pelanggan

Penerapan strategi CRM terbaik tahun ini seharusnya dapat memudahkan Anda dalam melakukan identifikasi hubungan antara bisnis dengan pelanggan. 

Anda dapat mengembangkan pemahaman sekaligus membangun hubungan profesional dan pribadi dengan klien sebagai salah satu cara memperlancar penerapan strategi penjualan. 

Tak bisa dipungkiri, pelanggan yang banyak melakukan pembelian adalah pelanggan yang merasa nyaman berbisnis dengan Anda. 

7. Integrasi Tim Layanan Pelanggan

Dengan menggunakan sistem CRM, Anda dapat dengan mudah mengintegrasi tim layanan pelanggan. 

Sistem CRM memiliki fitur yang bisa mengintegrasikan seluruh data sesuai pengaturan dan kebutuhan Anda, termasuk data keberhasilan tim pemasaran dan divisi terkait lainnya. 

Selain itu, penerapan strategi CRM yang tepat memungkinkan Anda dengan cepat mengetahui adanya masalah, sehingga bisa segera mencarikan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Prinsip dasarnya, ketika ada pelanggan yang mengeluh atau kecewa terkait layanan maupun produk bisnis Anda, tim layanan pelanggan bisa dengan cepat menangani keluhan dari pelanggan. Tentu ini akan menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda di mata pelanggan.

8. Pembuatan Konten Berkualitas

Apapun yang Anda lakukan untuk pengembangan bisnis, tetap kebutuhan akan konten yang berkualitas tak bisa diabaikan. 

Itulah sebabnya, Anda perlu membuat konten yang unik dan mampu menawarkan sesuatu yang tentunya tidak akan didapatkan oleh pengguna di tempat lain. Jangan lupa, cari tahu pula mengenai customer journey untuk menentukan konten yang tepat

Anda bisa membuat konten yang orisinal dalam bentuk video marketing, infografis, whitepaper, hingga tutorial. Anda juga perlu menyajikan konten yang menghibur dan bersifat informatif.

Setelah Anda membuat konten yang unik, tinjau secara berkala mengenai kinerja konten tersebut dan dampaknya bagi bisnis. 

9. Pemberdayaan dan Otonomi Karyawan

Gunakan software CRM untuk memberdayakan tim dengan cara memudahkan mereka mengakses data dan meningkatkan koordinasi yang lebih baik lagi. 

Cara ini akan mendorong produktivitas karyawan serta dapat meningkatkan pemberdayaan karyawan yang ada di perusahaan. 

Tentu kedepannya, kolaborasi tim yang solid dan lebih efisien, berdampak positif terhadap perkembangan kinerja perusahaan secara keseluruhan. 

Pemberdayaan dan otonomi karyawan masuk dalam penerapan strategi CRM terbaik tahun ini mengingat peran setiap karyawan di dalam perusahaan. 

Cara ini akan membuat karyawan jadi lebih bertanggung jawab, mandiri, serta percaya diri karena mereka diberikan kebebasan untuk menggunakan alat dan data CRM demi pengambilan keputusan yang lebih baik.

10. Temukan Inspirasi dari Brand Besar

Utamakan mengundang partisipasi pelanggan sebagai bagian terpenting dari strategi CRM terbaik yang Anda lakukan. 

Saat proses pembayaran berlangsung, Anda harus tetap mengedepankan interaksi dengan pelanggan. 

Tujuannya, agar mereka dapat terdorong menjadi pelanggan tetap yang melakukan pembelian produk Anda secara rutin. 

Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda memberikan penawaran lebih lanjut mengenai produk yang pelanggan Anda masukkan di keranjang, misalnya voucher diskon, harga khusus, dan sebagainya.

Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mendorong pelanggan langsung melakukan pembelian tanpa perlu banyak pertimbangan lagi. 


Demikian 10 contoh penerapan strategi CRM terbaik tahun ini. Anda dapat menerapkan semua strategi CRM di atas agar bisa mengembangkan bisnis.

Jika membutuhkan bantuan, saran, maupun diskusi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi digital marketing agency Jakarta yang berpengalaman dalam penerapan strategi CRM dan digital marketing lainnya. Langsung saja klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER