Memiliki bisnis sendiri merupakan solusi yang bagus untuk menambah pemasukan, begitulah yang selama ini banyak dipikirkan orang. Itu sebabnya, banyak orang yang berusaha membangun bisnisnya sendiri dengan harapan bisnis tersebut akan menjadi besar dan bisa menjadi penopang kehidupan banyak orang, mulai dari pemilik bisnis maupun semua yang terlibat dalam operasional bisnis tersebut. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika iya, mengenal istilah dasar dalam Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu hal yang perlu Anda pelajari segera, untuk kemudian Anda terapkan dalam bisnis Anda. 

 

Mengenal Istilah Dasar dalam Customer Relationship Management (CRM)

Namanya membangun bisnis, segala sesuatunya memang dimulai dari awal, di mana ada banyak hal yang harus Anda pelajari dengan cepat agar bisa mengelola usaha dengan baik. Tak peduli apakah bisnis yang Anda jalankan masih dalam skala kecil, tetap saja kemampuan melakukan analisis, pengoperasian usaha, manajemen, dan sebagainya, perlu Anda pahami dan terapkan dengan baik. 

 

Salah satu hal yang perlu Anda terapkan di dalam perusahaan Anda adalah Customer Relationship Management  (CRM), yaitu strategi yang sangat berguna bagi perusahaan, karena aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam membangun komunikasi yang aktif ke dalam dan keluar perusahaan, melakukan analisis, serta mengatur berbagai data perusahaan yang berkaitan dengan pelanggan.

 

 

Berbagai Istilah Dasar dalam CRM 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan CRM pada bisnis Anda, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu istilah-istilah dasar yang ada dalam CRM.

 

  1. On–Premise CRM

On-premise CRM merupakan salah satu perangkat Customer Relationship Management yang paling disukai oleh banyak perusahaan untuk digunakan pada sistem mereka. CRM jenis ini dapat dikelola sesuai keinginan pemilik bisnis. Pemasangannya juga bisa dilakukan pada server sendiri. Hal itu disebut sebagai alasan yang membuat perangkat ini begitu disukai, karena lebih aman dan mudah, untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Pengelolaan secara mandiri oleh perusahaan juga membuat Anda memiliki kendali penuh atas data yang Anda miliki. Perusahaan bisa mengamankan data-data penting tanpa diketahui oleh orang lain di luar perusahaan tersebut.

 

  1. Cloud CRM

Cloud CRM atau yang lebih dikenal sebagai CRM on-demand adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk pengguna biasa. Penggunaan perangkat ini bisa dilakukan melalui web browser, bukan hanya melalui aplikasi. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh perusahaan ketika menggunakan perangkat ini.

 

Layanan berbasis cloud memungkinkan perusahaan lebih mudah dalam mengakses layanan yang tersedia. Selain itu, perusahaan tidak perlu menyediakan server in-house untuk bisa menjalankan perangkat ini. Tidak ada proses instalasi khusus yang diperlukan. Perusahaan hanya perlu menyediakan akses internet stabil untuk bisa menggunakannya dengan baik.

 

 

  1. CRM Entity

CRM Entity dapat Anda gunakan untuk mengelola data dari pelanggan di perusahaan dalam suatu sistem yang terintegrasi. Sistem pengelolaan data biasanya digunakan adalah tabel database sehingga bisa dengan mudah dibaca oleh pemangku kepentingan di dalam perusahaan. Nanti dari data ini, Anda bisa merencanakan, merancang, dan menerapkan strategi yang lebih tepat dalam pengelolaan pelanggan. 

 

  1. Lead

Lead merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis, dan dapat diartikan sebagai pelanggan yang paling potensial. Pelanggan potensial di sini maksudnya adalah seseorang atau sebuah organisasi yang tertarik dengan penawaran yang Anda berikan dan siap melakukan transaksi pembelian. 

 

Tidak semua orang yang berkunjung ke lokasi usaha Anda, baik dalam bentuk offline maupun online, adalah calon pelanggan sesungguhnya. Oleh karena itu, sistem ini akan membagi mereka dalam beberapa tipe, yaitu warm, hot, dan junk. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memberikan penawaran yang sesuai dengan tipe masing-masing dari mereka.

 

 

Itulah beberapa istilah dasar dalam Customer Relationship Management (CRM) yang penting Anda pahami sebelum memutuskan untuk menggunakan perangkat ini demi peningkatan kinerja bisnis yang sedang Anda jalankan. Jika pengelolaan data pelanggan dapat dikerjakan dengan baik, Anda akan sangat mudah menentukan strategi bisnis mana yang paling cocok diterapkan sehingga dapat memenangkan persaingan pasar.