Ada banyak bisnis baru yang bermunculan dari tahun ke tahun. Otomatis, Anda sebagai pemilik bisnis dituntut untuk mampu bersaing dan membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain. Untuk mengembangkan bisnis, tidak selamanya Anda hanya mengandalkan insting. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang, Anda juga perlu menggunakan lebih banyak strategi dan software CRM terbaik.

 

Selama ini, penggunaan software CRM telah banyak dibuktikan mampu membantu mempermudah pekerjaan pebisnis, termasuk sebagai upaya dalam mengembangkan bisnis. Customer Relationship Management (CRM) merupakan tool yang sudah banyak digunakan. Jika penerapan dan penggunaan strategi dan software CRM secara tepat, maka banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. 

 

Strategi dan Software CRM yang Menjadi Tren Tahun Ini!

 

 

  1. Pengalaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan merupakan faktor yang paling penting untuk menentukan strategi bisnis Anda kedepannya. Pengalaman pelanggan ini berkaitan dengan ketertarikan pelanggan terhadap produk maupun layanan pada bisnis Anda. 

 

Anda bisa mulai dengan cara menjaga kepuasan pelanggan, baik dari segi pelayanan maupun kualitas produk yang Anda jual. Kemudian, lakukan analisis terhadap customer journey. Mengetahui behavior dan customer journey akan memberi Anda gambaran lengkap, cara terbaik melakukan strategi yang bisa meningkatkan traffic ke website bisnis, sekaligus mengetahui cara meningkatkan konversi dan penjualan. 

 

Dengan kemajuan teknologi, telah banyak tersedia berbagai software CRM dan aplikasi CRM populer yang bisa Anda gunakan. Selain itu, tetap perhatikan untuk mengutamakan pengembangan dan peningkatan hubungan yang solid dengan pelanggan. Hal ini, dilakukan demi dapat memberi pengalaman yang baik kepada pelanggan, sehingga mereka semakin menyukai bisnis Anda.

 

  1. Optimasi Penggunaan Software CRM untuk Smartphone

Saat ini, orang lebih banyak menggunakan smartphone untuk melakukan aktivitas, baik pekerjaan maupun urusan pribadi. Untuk itu, perlu adanya software CRM yang mampu memberikan kemudahan bagi pelanggan. Dalam hal ini, kemudahan penggunaan meski hanya menggunakan smartphone. Maka, seluruh elemen bisnis yang Anda jalankan secara online, alangkah baiknya memperhatikan para pengguna yang menggunakan handphone maupun jenis gadget lainnya.

 

  1. Kecerdasan Buatan yang Semakin Canggih

CRM cenderung memberikan kemudahan dan pengalaman pelanggan. Hal ini berhubungan dengan otomatisasi, kemudahan komunikasi, dan pelayanan lainnya. Oleh karena itu, Artificial Intelligence (AI) menjadi bagian visi dari CRM, yang mana akan memberikan perubahan yang signifikan. 

 

Dengan adanya AI, Anda menjadi terbantu untuk mengerjakan tugas manual serta bisa hemat waktu juga dalam bekerja. Misal, untuk urusan komunikasi dengan pelanggan dapat dibantu chatbot

 

Pertanyaan yang dapat dilakukan chatbot memang cenderung berupa pertanyaan dasar. Tetapi, ada kemungkinan di tahun ini, fitur chatbot mengalami peningkatan yang signifikan dengan bantuan AI dan membuat chatbot terlihat lebih natural. Bahkan, cukup banyak cara kerja chatbot yang sudah mirip dengan bahasa manusia, sehingga menyebabkan pelanggan sulit mengetahui, apakah mereka sedang berkomunikasi dengan manusia atau bot.

 

 

  1. Peningkatan Aktivitas Media Sosial

Mengintegrasikan media sosial ke platform CRM tentu akan membantu Anda mengetahui, bagaimana feedback pelanggan mengenai produk Anda. Di tahun ini, sangat penting untuk saling terhubung satu sama lain agar konektivitasnya tercapai. 

 

Memaksimalkan CRM memiliki tujuan membantu bisnis, baik dari segi pengelolaan pelanggan, penjualan, dan meningkatkan keberhasilan bisnis. Untuk itu, CRM seharusnya mampu menjangkau konektivitas yang lebih luas kedepannya. Bahkan, saat ini CRM sudah menawarkan integrasi dengan platform Twitter, LinkedIn, dan Facebook. Harapan selanjutnya, CRM mampu menawarkan integrasi yang lebih banyak lagi dengan platform media sosial lain.

 

  1. Integrasi User Interface (UI)

Dengan aktivitas tiap orang yang dipenuhi kesibukan, mereka lebih mengandalkan teknologi suara untuk menghemat waktu. Pada tahun 2021 ini aspek utama CRM bisa digunakan dengan pencarian suara. Dengan teknologi suara, diharapkan dapat memberikan peningkatan pada sistem CRM.

 

 

  1. Memberikan Layanan yang Cepat Tanggap untuk Pelanggan

Software CRM menggunakan proses otomatis untuk efisiensi pekerjaan Anda. Dengan menawarkan otomatisasi ini, maka akan memberikan kepuasan bagi pelanggan. Secara jangka panjang, otomatisasi ini dapat membantu bisnis menawarkan layanan pelanggan yang lebih berkualitas. 

 

Beberapa layanan pelanggan yang membutuhkan respons cepat dari Anda sebagai pebisnis, antara lain proses pemberian jawaban dari pertanyaan yang diajukan pelanggan. Selain itu, Anda perlu menyediakan konten dan informasi yang bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang dihadapi pelanggan.

 

Di tahun 2021 ini, sebagian besar software CRM diharapkan mampu memasukkan banyak opsi layanan mandiri ke dalam platform bisnis agar dapat memberikan layanan otomatis yang lebih cepat tanggap untuk pelanggan. Tugas Anda, memilih software CRM yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

Solusi lain, agar Anda dapat menerapkan strategi dan software CRM terbaik tahun ini, Anda bisa berdiskusi dan berkolaborasi dengan digital marketing agency Jakarta atau best digital marketing agency Indonesia. Mereka memiliki tim profesional yang akan membantu Anda mengelola pelanggan dengan baik. Di saat yang sama, mereka juga bisa memberi masukan atas penerapan strategi digital marketing yang lebih baik.

 

Itulah beberapa strategi dan software CRM yang akan menjadi tren di tahun ini. Anda bisa meningkatkan kualitas bisnis, baik dari segi pelayanan maupun produk dengan berpedoman pada hal tersebut. Untuk Anda yang terjun pada dunia bisnis, tentunya Anda ingin bisnis terus berkembang, mendapatkan peluang lebih baik, dan pastinya mencapai keberhasilan. Sukses untuk Anda di tahun ini!