Twitter memang sempat kehilangan pengguna beberapa tahun silam, namun pada 2-3 tahun terakhir media sosial yang satu ini kembali ramai dengan para netizen yang hampir 24 jam berkicau banyak hal.
Twitter memang sempat kehilangan pengguna beberapa tahun silam, namun pada 2-3 tahun terakhir media sosial yang satu ini kembali ramai dengan para netizen yang hampir 24 jam berkicau banyak hal.
Bisa dikatakan, untuk saat ini Twitter kembali menjadi media terbaik untuk membangun komunikasi atau marketing bisnis. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa pebisnis sukses mendulang keuntungan setelah produknya sempat menjadi trending topic.
Sama seperti media online lainnya, tetap ada kelebihan dan kekurangan Twitter sebagai media promosi.
Nah, salah satu keunggulan Twitter terletak pada cara penggunaannya yang sederhana. Inilah yang membuat Twitter digemari, baik oleh para pengguna internet maupun brand.
Keterbatasan jumlah karakter tulisan sama sekali tidak jadi penghalang. Asalkan bisa secara kreatif membuat kontennya, maka informasi apa pun bisa tersampaikan dengan baik.
Selain itu, terdapat beberapa fitur yang dapat memaksimalkan potensi bisnis Anda, antara lain:
Semua fitur tersebut bisa Anda gunakan dan berpotensi membawa konten maupun nama brand yang disebutkan di dalam konten menjadi trending topic.
Jika dibandingkan dengan media sosial lain, Twitter memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah tak membutuhkan followers banyak layaknya Instagram dalam membangun reputasi.
Namun, supaya lebih optimal dalam penggunaannya sebagai media promosi, ada beberapa strategi yang perlu Anda terapkan, yaitu strategi Twitter marketing yang tepat sasaran.
Strategi pertama memaksimalkan media sosial Twitter adalah dengan memaksimalkan profil perusahaan terlebih dahulu.
Caranya, Anda wajib melengkapi setiap informasi yang dibutuhkan dalam membuat profil perusahaan. Informasi yang lengkap bisa menambah kepercayaan pelanggan akan legalitas perusahaan.
Penggunaan profil juga tak bisa asal pasang begitu saja. Contohnya dalam penggunaan username dan pemberian foto profil.
Pilihlah username sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan, dan pastikan mudah diingat.
Jangan sampai menggunakan nama “aneh” pada username yang membuat pelanggan kebingungan atau malah menganggap akun Anda adalah akun robot/palsu.
Penggunaan foto pada profil juga tak bisa asal pilih. Media ini merupakan media yang tak banyak menggunakan foto dalam ajang promosinya.
Maka mau tidak mau Anda perlu memaksimalkan foto profil yang bisa berguna untuk membangun branding perusahaan.
Alangkah lebih baik lagi kalau Anda menggunakan logo bisnis sebagai ciri khas brand atau identitas usaha Anda.
Hashtag atau tanda pagar adalah fitur terbaik agar netizen dapat menemukan perusahaan Anda dengan mudah. Tak hanya itu, hashtag juga akan membantu Anda menjadi trending topic yang meningkatkan visibilitas dan online presence brand.
Penggunaan hashtag pada Twitter bisa secara khusus atau umum. Contohnya, jika ingin menggunakan hashtag umum, Anda bisa memilih yang paling banyak dicari dan digunakan netizen.
Sementara untuk penggunaan hashtag khusus, Anda bisa membuat sendiri hashtag ini dengan menonjolkan ciri khas brand, supaya terjadi peningkatan engagement baik dari calon pelanggan baru atau dari pelanggan setia.
Strategi marketing, baik online atau offline, harus mengandung kata-kata yang mampu memikat pelanggan. Oleh karena itu, buatlah pilihan kata ajakan yang mampu mengundang rasa penasaran hingga akhirnya menggunakan produk perusahaan.
Bagi Anda yang masih pemula dalam menggunakan Twitter, Anda bisa sembari belajar mencari referensi kata-kata di Twitter dari akun Twitter brand terkenal lainnya.
Penggunaan kata-kata ajakan sangat disarankan demi meningkatkan konversi karena inilah tujuan sebenarnya Anda mengadakan promosi secara online.
Meski begitu, penggunaan kata-kata ajakan atau yang memancing netizen untuk mencari tahu sebaiknya digunakan dengan bijaksana. Jika terlalu agresif, nanti netizen bakal malas berinteraksi dengan brand Anda.
Salah satu cara promosi paling efektif adalah dengan mengikuti obrolan yang sedang menjadi trending topic di Twitter.
Dengan cara ini, Anda dapat memperkenalkan perusahaan dan produk kepada netizen yang belum mengerti produk Anda, sekaligus membangun interaksi dengan mereka.
Harapannya, ada banyak di antara mereka yang akhirnya jadi pelanggan Anda.
Setelah memaksimalkan konten dalam promosi produk, Anda juga harus tetap memberikan pelayanan optimal.
Caranya dengan aktif memberi respons yang baik, seperti membalas mention, like, atau retweet komentar pelanggan dengan cepat.
Kecepatan membalas komentar ini juga menjadi salah satu pertimbangan calon pembeli mempercayai legalitas perusahaan Anda.
Proses promosi melalui media online saat ini menjadi cara paling menarik dan atraktif dalam menemukan pembeli.
Namun, implementasi dan penggunaannya tidak bisa asal, mengingat ada aturan dan strategi khusus yang harus Anda jalankan di Twitter.
Jadi kalau ingin jadi trending topic maka terapkan Cara Mendapatkan Trending Topic di Twitter.
Sementara jika ingin penerapan strategi yang tepat sasaran sehingga bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan, Anda bisa mengajak kerjasama social media agency dengan menghubungi Kontak Redcomm.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC