Twitter memang sempat kehilangan pengguna beberapa tahun silam, namun pada 2-3 tahun terakhir media sosial yang satu ini kembali ramai dengan para netizen yang hampir 24 jam berkicau banyak hal. Bisa dikatakan, untuk saat ini Twitter kembali menjadi media terbaik untuk membangun komunikasi atau marketing sebuah bisnis. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa pebisnis sukses mendulang keuntungan setelah produknya sempat menjadi trending topic.

 

Satu keunggulan mengapa media ini digemari, baik oleh para pengguna internet maupun brand adalah penggunaannya yang sederhana. Keterbatasan jumlah karakter tulisan sama sekali tidak jadi penghalang, asalkan bisa secara kreatif membuat kontennya maka informasi apa pun bisa tersampaikan dengan baik. Selain itu, terdapat beberapa fitur yang dapat memaksimalkan potensi bisnis Anda, mulai dari fitur who to follow, promoted tweet, balasan tweet, percakapan akun, hingga hashtag dapat menjadi trending topic.

 

Jika dibandingkan dengan media sosial lain, Twitter memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah tak membutuhkan followers banyak layaknya Instagram dalam membangun reputasi. Namun, supaya lebih optimal dalam penggunaannya sebagai media promosi, maka ada beberapa strategi yang perlu diterapkan, khususnya bagi pengguna pemula Twitter. 

 

 

Twitter Marketing: Dari mana Harus Memulai dan Bagaimana Strateginya?

  1. Maksimalkan Profil Utama Perusahaan

Strategi pertama memaksimalkan media sosial Twitter adalah dengan memaksimalkan profil perusahaan terlebih dahulu. Caranya, Anda wajib melengkapi setiap informasi yang dibutuhkan dalam membuat profil perusahaan. Informasi yang lengkap bisa menambah kepercayaan pelanggan akan legalitas perusahaan.

 

Penggunaan profil juga tak bisa asal pasang begitu saja. Contohnya dalam penggunaan username dan pemberian foto profil. Pilihlah username sesuai dengan bisnis yang ditekuni dan mudah diingat. Jangan sampai menggunakan nama “aneh” pada username yang membuat pelanggan kebingungan atau malah menganggap bahwa akun tersebut adalah akun robot/palsu. 

 

Penggunaan foto pada profil juga tak bisa dipilih dengan asal. Media ini merupakan media yang tak banyak menggunakan foto dalam ajang promosinya. Sehingga, memaksimalkan foto profil Anda merupakan jalan terbaik untuk membangun branding perusahaan. Alangkah lebih baik lagi kalau Anda menggunakan logo bisnis sebagai ciri khas brand atau identitas usaha Anda. 

 

  1. Gunakan Hashtag Terkini untuk Memudahkan Pencarian

Hashtag atau tanda pagar adalah fitur terbaik agar netizen dapat menemukan perusahaan Anda dengan mudah. Tak hanya itu, hashtag juga akan membantu Anda menjadi trending topic sehingga lebih mudah dikenali calon konsumen. 

 

Penggunaan hashtag pada Twitter bisa secara khusus atau umum. Contohnya, jika Anda ingin menggunakan hashtag umum, Anda bisa memilih yang paling banyak dicari dan digunakan netizen. Sementara untuk penggunaan hashtag khusus, Anda bisa membuat sendiri hashtag ini dengan mencirikan brand Anda supaya terjadi peningkatan engagement baik dari calon pelanggan atau dari pelanggan setia.

 

 

  1. Gunakan Kata yang Memikat

Strategi marketing baik online atau pun offline tentunya harus mengandung kata-kata yang memikat pelanggan. Buatlah pilihan kata ajakan yang mampu mengundang rasa penasaran hingga akhirnya menggunakan produk perusahaan. Bagi Anda yang masih pemula dalam menggunakan Twitter, Anda bisa sembari belajar mencari referensi kata-kata di Twitter dari akun Twitter brand terkenal lainnya.

 

Penggunaan kata-kata ajakan sangat disarankan demi bisa meningkatkan konversi karena inilah tujuan sebenarnya Anda mengadakan promosi secara online. Meski begitu, penggunaan kata-kata ajakan atau yang memancing netizen untuk mencari tahu sebaiknya digunakan dengan bijaksana. Jika terlalu agresif nanti netizen bakal malas berinteraksi dengan Anda. 

 

  1. Ikuti Obrolan Paling Terbaru

Salah satu cara promosi paling efektif adalah dengan mengikuti obrolan yang sedang menjadi trending topic di Twitter. Dengan cara ini, Anda dapat memperkenalkan perusahaan dan produknya kepada netizen yang belum mengerti produk Anda sekaligus membangun interaksi dengan mereka. Harapannya, ada banyak di antara mereka yang akhirnya jadi pelanggan Anda. 

 

 

  1. Memberikan Pelayanan yang Optimal

Setelah memaksimalkan konten dalam promosi produk, Anda juga harus tetap memberikan pelayanan optimal. Caranya dengan aktif memberi respons yang baik seperti membalas mention, like, atau retweet komentar pelanggan dengan cepat. Kecepatan membalas komentar ini juga menjadi salah satu pertimbangan calon pembeli mempercayai legalitas perusahaan Anda.

 

Proses promosi melalui media online saat ini menjadi cara paling menarik dan atraktif dalam menemukan pembeli. Namun, tak bisa dilakukan secara asal karena terdapat aturan dan strategi khusus yang harus dijalankan di Twitter demi mendatangkan lebih banyak pelanggan dan dapat menjadi trending topic masa kini. Anda bisa bekerja sama dengan social media agency untuk membuatnya jadi lebih baik.