Metaverse dalam beberapa waktu terakhir ini menjadi perbincangan hangat para penggunanya di media sosial. Beberapa orang sudah sangat paham dengan hal ini, namun ada pula yang masih bertanya, Metaverse itu apa? 

Bagi Anda yang sudah mendengar istilah ini tentu yang ada di benak Anda ialah perkembangan teknologi yang semakin canggih dan berhubungan dengan penggunaan sistem virtual. Hal ini memang benar adanya, karena Metaverse terlahir sebagai bagian dari pengembangan teknologi yang dicetuskan oleh CEO Facebook, yaitu Mark Zuckerberg. Bahkan pada tanggal 28 Oktober 2021 lalu, nama Facebook menjadi Meta. Hanya saja, istilah Facebook masih digunakan sebagai penyebutan media sosial Facebook.

asal usul metaverse

Asal Usul Nama Metaverse dan 5 Jenis Teknologi yang Terdapat di Dalamnya

Dalam novel Dystopian berjudul Snow Crash yang hadir puluhan tahun lalu, sebenarnya telah ada penggunaan istilah Metaverse. Kata “Meta” diambil dari bahasa Yunani yang berarti “melampaui” dan “verse” memiliki arti “alam semesta”. Dengan kata lain, Metaverse adalah sebuah istilah yang menggabungkan dunia nyata dengan virtual. Bahkan Mark Zuckerberg berharap dapat membangun dunia virtual dengan menggunakan istilah ini.

Menurut Zuckerberg, teknologi ini akan berbentuk sebuah dunia virtual yang akan membawa penggunanya ke dalam pengalaman mendekati dunia nyata. Hal ini diimplementasikan bukan hanya pada sebuah aplikasi atau akun sosial media saja. Sistem tersebut akan memanfaatkan berbagai macam teknologi terbaru yang saat ini tengah populer. 

Seperti diketahui, saat ini memang semakin banyak teknologi yang ditemukan dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Para penemu dari berbagai belahan bumi berlomba-lomba memanfaatkan dan mengembangkan teknologi canggih untuk bisa diimplementasikan dalam kehidupan manusia. Tujuannya, supaya segala sesuatunya menjadi lebih mudah. 

membangun dunia virtual

Dengan berdasarkan pada konsep tersebut, Mark Zuckerberg mengembangkan teknologi Metaverse, yang bersifat tidak terbatas karena Anda dapat berinteraksi sebagai Avatar, yang mampu mengatur sendiri representasi diri Anda di hadapan orang lain dari berbagai belahan dunia. Nantinya, Anda bisa berada dalam situasi seolah bertemu secara langsung padahal hanya melalui teknologi virtual. Ada 5 jenis teknologi yang bisa Anda temukan di dalam Metaverse, meliputi:

  • Media sosial
  • Game Online
  • Augmented Reality (AR)
  • Virtual Reality (VR)
  • Cryptocurrencies

Kelima teknologi tersebut akan mengintegrasikan setiap penggunanya dalam sebuah dunia interaktif, yang akan mengantarkan Anda ke dunia virtual yang mungkin belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Cara Kerja Metaverse

Dalam teknologi Metaverse terdapat kolaborasi dari beberapa perusahaan besar, Microsoft, produsen chip Nvidia, serta perusahaan di balik video game Fortnite bernama Epic Games bahkan telah mendapatkan tambahan dana dari investor sebesar US$ 1 miliar untuk berperan dalam rencana jangka panjang pengembangan Metaverse.

cara kerja metaverse

Terdapat teknologi AR dan VR yang memegang peranan yang paling penting. VR berfungsi sebagai instrumen yang mendukung terciptanya dunia virtual dalam bentuk visual, seperti yang saat ini telah dilakukan Facebook dengan meeting software yang baru saja diluncurkannya dan bernama Horizon Workrooms, di mana Anda bisa melakukan meeting virtual di kantor virtual, dan tidak lagi harus berhadapan dengan rekan kerja hanya dari saling menatap layar laptop masing-masing. 

Sementara, AR akan melengkapi VR yang dapat menghadirkan fitur audio dan sensorik yang memungkinkan penggunanya berinteraksi secara langsung. 

Konsep yang digunakan pada Metaverse pada dasarnya bukanlah konsep yang sangat baru. Teknologi ini sudah pernah tercetus dalam film dan novel science fiction, yaitu Ready Player One di tahun 2018 dan Snow Crash tahun 1992. Dalam kedua judul ini terdapat gambaran bagaimana dunia Metaverse yang saat ini ingin dikembangkan oleh Mark Zuckerberg.