Mark Zuckerberg ingin membangun dunia hologram yang memungkinkan penggunanya berinteraksi layaknya di dunia nyata. Untuk memahami dengan lebih baik mengenai Metaverse, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai berbagai fitur Metaverse yang disebut-sebut sudah menggunakan teknologi canggih

6 Fitur Metaverse

  1. Messenger di VR

Pada awal tahun 2021, Facebook meluncurkan Messenger di VR sehingga semua penggunanya bisa mengirimkan pesan dengan lebih cepat. Anda juga bisa melakukan panggilan audio dengan orang yang ingin Anda hubungi, termasuk beberapa fitur lain yang bisa digunakan pada messenger pada aplikasi Facebook sebelumnya.

Kecanggihan Metaverse melalui VR

  1. Horizon Home

Berikutnya terdapat fitur Horizon Home yang menjadi basis rumah pada teknologi Metaverse. Pada saat memasang headset quest hal inilah yang akan pertama kali Anda saksikan. Anda bergabung pada Horizon Home untuk menonton video, hangout, hingga bermain game bersama sama. Dapat dikatakan fitur ini merupakan platform sosial agar bisa berinteraksi satu sama lain pada teknologi Metaverse

  1. Game

Anda juga bisa bermain game melalui teknologi ini yang didalamnya terdapat game VR yang cukup terkenal. Sejumlah game yang akan dihadirkan terus mengalami pengembangan dari berbagai sisi. Setelah mengetahui Metaverse itu apa maka selanjutnya anda bisa mulai bermain game yang cukup uptodate dengan mengundang teman layaknya di dunia nyata.

  1. Olahraga dan kebugaran

Fitur berikutnya ialah terdapat kegiatan olahraga dengan menggunakan VR yang sudah dilengkapi dengan satu set aksesoris khusus. Aksesoris tersebut mencakup pegangan baru untuk controller sentuh agar tidak selip saat berkeringat. Antarmuka atau interface yang digunakan sudah di optimalkan agar bisa digunakan berolahraga.

fitur VR metaverse melakukan kegiatan apapun

  1. Edukasi dan pendidikan

Metaverse juga menyediakan fitur untuk edukasi atau pembelajaran. di dalamnya Akan terdapat sejumlah konten pendidikan yang bersifat imersif atau mengaburkan batasan dunia nyata dengan dunia digital. Pengalaman belajar bisa berlangsung dengan lebih intensif dan kolaboratif. 

  1. Quest for Business

Fitur ini memungkinkan Anda untuk bisa berkolaborasi dengan rekan kerja untuk bisa mengakses aplikasi produktivitas. Anda bisa melakukan login menggunakan akun khusus untuk bekerja dengan memilih fitur ini. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara virtual dengan visualisasi yang seperti nyata.

Metaverse Facebook yang canggih

Apa Bedanya dengan Facebook?

Sejak awal pembahasan aplikasi Facebook sering disebut terlebih teknologi Metaverse ini juga dicetuskan oleh pendiri Facebook yakni Mark Zuckerberg. Beda Metaverse dengan Facebook tentu dapat terlihat dari waktu penggunaannya di mana Facebook merupakan nama perusahaan terdahulu yang kini diganti nama menjadi Meta. 

Perubahan ini mencerminkan tujuan yang ingin lebih dikembangkan dari nama sebelumnya. Meskipun terdapat perubahan nama hal tersebut tidak mempengaruhi nama produk dari media sosial yang ada di bawah Meta seperti jejaring sosial Facebook, Instagram, WhatsApp dan lain-lain. Struktur perusahaannya pun tidak ada yang berubah dan tetap sama seperti sebelumnya. 

Secara umum tidak terdapat perbedaan di dalamnya namun terdapat beberapa poin yang ikut diganti. Seperti kode saham yang semula FB kini diganti menjadi MVRS dan sudah tercatat di bursa saham. Intinya perusahaan Facebook diganti dengan Meta namun istilah Facebook masih tetap ada sebagai aplikasi media sosial. 

 

Sudah jelas bukan Metaverse itu apa? Berdasarkan penjelasannya Anda tentu sudah mendapat kesimpulan tersendiri mengenai teknologi virtual tercanggih pada saat ini. Meskipun belum benar-benar direalisasikan sepenuhnya Anda harus sudah mengetahui informasinya untuk lebih mudah beradaptasi.