knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Memaksimalkan Fit...

Memaksimalkan Fitur Instagram Shopping untuk Meningkatkan Penjualan dan Branding

21 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 3.807  
Social Media

Memaksimalkan Fitur Instagram Shopping Untuk Meningkatkan Penjualan Dan Branding

Menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis yang Anda jalankan adalah strategi digital marketing yang tepat! 

Tetapi, Anda perlu memaksimalkan fitur Instagram shopping agar branding yang Anda lakukan semakin efektif. Caranya bagaimana? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kenapa Perlu Strategi Digital Marketing yang Tepat?

Ketika menjalankan bisnis, fokus perhatian Anda tak hanya tertuju pada kualitas dan kuantitas produk saja. Lebih dari itu, konsumen harus kenal lebih dulu mengenai bisnis dan produk Anda sebelum produk mulai dipasarkan.

Di sinilah strategi promosi dan pemasaran berperan penting serta menjadi kunci keberhasilan bisnis. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, bisnis Anda ibarat sepeda tanpa roda yang tidak akan pernah bisa berjalan. 

Contohnya, Anda bisa menerapkan strategi meningkatkan omzet dari sosial media seperti Instagram shopping. Selain karena gratis dan bisa lebih interaktif, Instagram juga memiliki jangkauan pengguna yang sangat luas.

Jika Anda sudah memanfaatkan Instagram sebagai media promosi bisnis, jangan lupa memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan Instagram shopping

Tips Memaksimalkan Fitur Instagram Shopping

Fitur Instagram Shopping masih efektif dalam meningkatkan penjualan karena dapat berfungsi sebagai katalog produk yang Anda jual. 

Selain itu, akun Instagram Anda jadi terlihat layaknya toko online yang menyediakan “etalase” produk secara digital, lengkap dengan deskripsi, detail produk, dan informasi harga.

Ketika ada calon konsumen yang mengunjungi akun Instagram Anda, mereka bisa langsung melihat produk yang tersedia, membaca detail informasi, dan membeli jika sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Jangan khawatir, fitur ini sangat mudah digunakan dan benar-benar gratis. Sudah memiliki bayangan untuk memulai menggunakan fitur terbaru dari Instagram yang satu ini?

Berikut beberapa tips memaksimalkan fitur Instagram shopping yang bisa Anda coba:

1. Membuat Template untuk Postingan

Agar toko online di Instagram semakin menarik, gunakan template yang seragam untuk seluruh postingan yang Anda tampilkan. 

Template yang Anda gunakan dapat berupa border atau ilustrasi yang serupa pada setiap postingan

Namun usahakan untuk menggunakan template yang tak terlalu ramai supaya pesan pemasaran Anda bisa terbaca jelas. 

Cara lain selain menggunakan template, Anda juga bisa memanfaatkan filter warna yang seragam pada tiap postingan. Ini cara paling mudah yang bisa Anda coba.

2. Gunakan Foto Produk Resolusi Tinggi

Karena foto produk adalah gambaran detail dari produk yang Anda jual, maka pastikan menggunakan foto dengan resolusi tinggi. 

Gunakan latar belakang dengan efek kabur (blur) dan berfokus pada produk. Trik ini bisa membuat produk Anda jadi menonjol dan lebih menarik perhatian.

Agar dapat menghasilkan foto yang bagus, Anda bisa meluangkan waktu untuk mempelajari berbagai ide kreatif dalam take foto dan menerapkannya pada pembuatan foto produk.

Sesekali bagus juga kalau Anda memadukan berbagai teknik fotografi kekinian demi mendapat hasil maksimal serta dapat mengundang interaksi followers.

3. Tambahkan Video Produk

Untuk semakin meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda bisa menambahkan video produk dalam strategi promosi yang Anda terapkan. 

Videonya bisa berupa review produk maupun testimoni dari pelanggan yang sudah membeli dan menggunakan produk tersebut. Atau sekalian saja terapkan Advertising Symbiosis, Formula Produksi Video yang Bisa Viral.

4. Perhatikan Link Tag Produk

Fitur Instagram shopping memungkinkan Anda menambahkan tag pada produk. Tag produk umumnya berisi detail barang dan harga. 

Pastikan link tag yang Anda sematkan pada feed akun sesuai dengan foto produk yang tampil di katalog. 

Jika menampilkan beberapa produk dalam satu foto, Anda perlu menambahkan beberapa tag sekaligus, sehingga perlu pula melakukan pengaturan pada tag agar tak saling menumpuk. 

5. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Cara meningkatkan jangkauan pengunjung toko online di Instagram bisa pula dengan menambahkan beberapa hashtag yang banyak digunakan audiens. 

Pastikan hashtag yang Anda buat memiliki potensi yang tinggi untuk dibuka oleh pengguna Instagram yang menggunakan hashtag tersebut.

 

Itulah beberapa tips singkat dalam memaksimalkan fitur Instagram shopping untuk meningkatkan penjualan dan branding. Segera buat toko virtual terbaik Anda dan raih kesuksesan dalam berbisnis!

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER