Menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis yang Anda jalankan adalah strategi digital marketing yang tepat! Tetapi, Anda perlu memaksimalkan fitur Instagram Shopping agar branding yang Anda lakukan semakin efektif.

 

Kenapa Perlu Strategi Digital Marketing yang Tepat?

Menjalankan sebuah bisnis tak hanya memperhatikan kualitas dan kuantitas produk yang dijual. Lebih dari itu, produk Anda harus benar-benar dikenal oleh calon konsumen, sebelum produk tersebut berhasil terjual dengan baik di pasaran dalam jumlah sesuai yang ditargetkan. Tak jarang, banyak pelaku bisnis yang menginvestasikan pendapatannya hanya untuk promosi.

 

Ya, marketing adalah salah satu kunci keberhasilan dari bisnis. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, bisnis Anda ibarat sepeda tanpa roda yang tidak akan pernah bisa berjalan. Contoh strategi digital marketing yang sudah banyak dilakukan yakni dengan memanfaatkan kekuatan media sosial, misalnya Instagram. Selain bisa digunakan gratis dan interaktif, Instagram juga memiliki jangkauan pengguna yang sangat luas.

 

Jika Anda sudah memanfaatkan Instagram sebagai media promosi bisnis yang sedang dijalankan, jangan lupa untuk memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram, seperti Instagram Shopping. Fitur ini memang ditujukan untuk bisnis yang menawarkan produk kepada konsumen.

 

 

Tips Memaksimalkan Fitur Instagram Shopping

Fitur Instagram Shopping dinilai efektif dalam meningkatkan penjualan karena dapat berfungsi sebagai katalog produk yang Anda jual. Selain itu, akun Instagram Anda jadi terlihat layaknya toko online yang menyediakan “etalase” produk secara digital, serta dilengkapi dengan deskripsi, detail produk, dan informasi harga.

 

Ketika ada calon konsumen yang mengunjungi akun Instagram Anda, mereka bisa langsung melihat produk yang tersedia, membaca detail informasi, dan membeli jika sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan khawatir, fitur ini sangat mudah digunakan, dan benar-benar gratis. Sudah memiliki bayangan untuk memulai menggunakan fitur terbaru dari Instagram yang satu ini?

 

Tips Memaksimalkan Fitur Instagram Shopping untuk Meningkatkan Penjualan

Berikut beberapa tips memaksimalkan fitur Instagram Shopping yang bisa Anda coba. Terapkan pada akun Anda agar penjualan meningkat dan branding Anda semakin kuat. 

 

  1. Membuat Template untuk Postingan

Agar toko online Anda di Instagram semakin menarik, gunakan template yang seragam untuk seluruh postingan yang Anda tampilkan. Template yang digunakan dapat berupa border atau ilustrasi pada setiap postingan yang Anda buat. Namun jika template tersebut dirasa terlalu ramai, Anda bisa memilih untuk menggunakan filter warna yang seragam pada tiap postingan. Ini cara paling mudah yang bisa Anda coba.

 

  1. Gunakan Foto Produk Resolusi Tinggi

Karena foto produk adalah gambaran detail dari produk yang dijual, pastikan menggunakan foto dengan resolusi tinggi. Gunakan latar belakang dengan efek kabur (blur) dan berfokus pada produk. Trik ini bisa membuat produk Anda jadi menonjol dan lebih menarik perhatian.

 

 

Agar dapat menghasilkan foto yang bagus, Anda bisa meluangkan waktu untuk mempelajari berbagai ide kreatif dalam take foto, dan menerapkannya pada produk Anda. Padukan pula berbagai teknik fotografi kekinian demi mendapat hasil maksimal serta dapat mengundang interaksi followers.

 

  1. Tambahkan Video Produk

Untuk semakin meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda bisa menambahkan video produk dalam strategi promosi yang Anda terapkan. Video yang ditampilkan dapat berupa penjelasan mengenai review produk maupun testimoni dari pelanggan yang sudah membeli dan menggunakan produk tersebut. 

 

  1. Perhatikan Link Tag Produk

Fitur Instagram Shopping memungkinkan Anda untuk memberikan sebuah tag pada produk. Tag produk umumnya berisi detail barang dan harga. Pastikan link tag yang Anda sematkan pada feed akun Anda sesuai dengan foto produk yang tampil di katalog. Jika Anda menampilkan beberapa produk dalam satu foto, Anda perlu menambahkan beberapa tag sekaligus, sehingga perlu pula melakukan pengaturan pada tag agar tak saling menumpuk. 

 

 

  1. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Cara meningkatkan jangkauan pengunjung pada toko online Anda di Instagram bisa dilakukan dengan menyisipkan berbagai hashtag yang dapat ditelusuri. Pastikan hashtag yang Anda buat memiliki potensi yang tinggi untuk dibuka oleh pengguna Instagram yang menggunakan hashtag tersebut.

 

Itulah beberapa tips singkat dalam memaksimalkan fitur Instagram Shopping untuk meningkatkan efektivitas branding yang Anda lakukan. Segera buat toko virtual terbaik Anda dan raih kesuksesan dalam berbisnis!