MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Yuk, Kenali Dulu Jenis Iklan TikTok Ads Agar Bisa Pasang Iklan yang Tepat

14 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 2.240  
Social Media

redcomm

Untuk bisa menggunakan TikTok ads, kenali dulu berbagai jenis iklan yang tersedia di aplikasi berbagi video tersebut. Beberapa jenis iklan di TikTok ads yang penting, seperti brand takeovers, branded hashtag challenge, top view ads, in-feed ads, dan masih banyak lagi. Simak selengkapnya di sini.

Jenis Iklan di TikTok Ada yang Penting dan Wajib Anda Tahu

1. In-Feed Ads

In-feed ads adalah jenis iklan TikTok yang muncul di antara video-video yang tayang pada for your page TikTok. Ketika audiens menonton video, maka di antara video tersebut akan muncul iklan Anda. 

Bentuk iklannya bisa berupa video dan foto yang diikuti tombol CTA atau link untuk mengarahkan audiens ke situs web atau ke aplikasi yang ditentukan. 

Dengan durasi iklan kurang lebih 9 hingga 15 detik, iklan ini berguna untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan dapat membangun brand awareness

2. Brand Takeover

Brand takeover adalah jenis iklan TikTok ads yang paling banyak digunakan, sehingga harganya pun jadi lebih mahal dibandingkan jenis iklan lainnya. Sebab, iklan akan langsung tampil di layar audiens begitu mereka membuka aplikasi. 

Inilah yang membuat iklan jenis brand takeover cocok untuk membangun brand awareness yang lebih kuat dan meningkatkan interaksi audiens. 

Meskipun biaya iklannya lebih mahal, namun iklan ini hanya bisa dilihat audiens satu kali per hari. Bentuk iklannya berukuran layar penuh, bisa berupa gambar atau video berdurasi sekitar 5 detik. 

Anda bisa menambahkan CTA untuk mengarahkan audiens ke profil atau ke situs bisnis. Semakin menarik konten iklan Anda, semakin berpotensi untuk menciptakan konversi, baik untuk menambah followers maupun mendorong audiens melakukan pembelian.

3. TopView Ads

TopView ads adalah jenis iklan TikTok berbentuk video dengan durasi sekitar 5-6 detik yang muncul di feed ketika audiens membuka aplikasi TikTok. 

Karena muncul dalam ukuran layar penuh, audiens mau tidak mau menunggu sampai iklan selesai tayang baru bisa menutup iklan tersebut. 

Dampak dari pemasangan iklan ini membuat audiens mau tidak mau menonton iklan Anda sampai selesai. Ini menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan brand atau produk tertentu. 

Maksimal durasi iklan video topview ads adalah 60 detik dan biasanya muncul setelah iklan brand takeover. Selain bagus untuk meningkatkan brand awareness, jenis iklan ini juga bisa lho meningkatkan engagement dan membuat audiens bisa mengenal produk maupun layanan bisnis Anda dengan lebih detail.

4. Branded Hashtag Challenge

Branded hashtag challenge adalah jenis iklan yang mengajak pengguna TikTok untuk membuat konten video dengan menggunakan hashtag yang ditentukan dalam iklan. 

Menggunakan iklan ini akan membantu Anda membangun engagement yang tinggi dan meningkatkan awareness.

5. Branded Effects

Branded effects adalah jenis iklan TikTok yang menambahkan efek khusus atau filter ke dalam video. Efek atau filter ini biasanya berhubungan dengan brand atau produk tertentu yang sedang dipromosikan.

Jika Anda ingin memperkenalkan produk atau layanan bisnis, sekaligus ingin membangun kesadaran merek dan menciptakan interaksi yang lebih personal dengan audiens, maka gunakan jenis iklan branded effects ini.

6. Carousel Ads

Carousel ads adalah jenis iklan yang menampilkan beberapa gambar atau video dalam satu iklan. Iklan ini muncul di area feed pengguna dan mereka dapat menggeser iklan ke samping untuk melihat gambar atau video lainnya. 

Carousel ads sangat cocok untuk kampanye pemasaran yang ingin menampilkan lebih dari satu produk atau layanan. 

7. Spark Ads

Spark ads adalah jenis iklan interaktif yang bertujuan mengundang partisipasi audiens. Iklan ini muncul di area feed pengguna dan tersedia tombol CTA atau call to action untuk mendorong respons audiens. 

Spark ads sangat cocok untuk kampanye pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan partisipasi pengguna.

8. Image Ads

Image ads adalah jenis iklan sederhana dan mudah dibuat. Iklan ini hanya menggunakan gambar sebagai media promosi dan dapat ditempatkan di area feed pengguna. 

Image ads sangat cocok untuk kampanye pemasaran yang membutuhkan perhatian visual pengguna.

9. Pangle Ads

Pangle ads adalah jenis iklan yang didesain untuk menjangkau pasar global. 

Iklan ini menggunakan platform iklan Pangle yang memungkinkan pengiklan untuk menayangkan iklan di lebih dari 150 negara di seluruh dunia. 

Pangle ads sangat cocok untuk kampanye pemasaran yang ingin menjangkau pasar internasional.


Setelah tahu cara kerja TikTok ads dan jenis-jenisnya, semoga bisa jadi panduan Anda untuk memasang iklan yang tepat bagi bisnis Anda. Oh ya, jangan lupa pelajari juga beberapa hal penting lainnya sebelum pasang iklan di TikTok. Klik link ini dan baca, yuk: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memasang TikTok Ads.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC