knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Yuk, Kenali Dulu ...

Yuk, Kenali Dulu Jenis Iklan TikTok Ads Agar Bisa Pasang Iklan yang Tepat

28 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 4.203  
Social Media

Jenis Iklan Tiktok Ads

Untuk bisa menggunakan TikTok ads, kenali dulu berbagai jenis iklan yang tersedia di aplikasi berbagi video tersebut. 

Beberapa jenis iklan di TikTok ads yang penting, seperti brand takeovers, branded hashtag challenge, top view ads, in-feed ads, dan masih banyak lagi. Simak penjelasan lengkapnya di Redcomm Knowledge kali ini.

Jenis Iklan di TikTok Ada yang Penting dan Wajib Anda Tahu

1. In-Feed Ads

In-feed ads adalah jenis iklan TikTok yang muncul di antara video-video yang tayang pada For You Page (FYP) TikTok. Ketika audiens menonton berbagai video, maka di antara video tersebut akan muncul iklan Anda. 

Bentuk iklannya bisa berupa video pendek dan foto yang diikuti tombol CTA atau link untuk mengarahkan audiens ke situs web atau ke aplikasi yang ditentukan. 

Dengan durasi iklan kurang lebih 9 hingga 15 detik, iklan ini berguna untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan dapat membangun brand awareness

2. Brand Takeover

Brand takeover adalah jenis iklan TikTok ads yang paling banyak digunakan, sehingga harganya pun jadi lebih mahal dibandingkan jenis iklan lainnya. 

Penyebab jenis iklan TikTok ads yang satu ini mahal, karena iklan akan langsung tampil di layar audiens begitu mereka membuka aplikasi.

Posisi kemunculan iklan yang strategis membuat jenis iklan brand takeover cocok untuk membuat target audiens menjadi lebih aware atau sadar dengan kehadiran produk maupun brand Anda. 

Meskipun biaya iklannya lebih mahal, namun iklan ini hanya bisa dilihat audiens satu kali per hari. Bentuk iklannya berukuran layar penuh, bisa berupa gambar atau video berdurasi sekitar 5 detik. 

Agar hasil dari iklan maksimal dan bisa membawa keuntungan bagi bisnis, ada baiknya Anda menambahkan CTA untuk mengarahkan audiens ke profil atau ke situs bisnis. 

Semakin menarik konten iklan Anda, semakin berpotensi untuk menciptakan konversi, baik untuk meningkatkan jumlah followers maupun mendorong audiens melakukan pembelian.

3. TopView Ads

TopView ads adalah jenis iklan TikTok ads berbentuk video dengan durasi sekitar 5-6 detik yang muncul di feed ketika audiens membuka aplikasi TikTok. 

Karena muncul dalam ukuran layar penuh, audiens mau tidak mau menunggu sampai iklan selesai tayang baru bisa menutup iklannya. 

Otomatis dampak iklan jenis ini mendorong audiens menonton iklan sampai selesai. Ini menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan brand atau produk tertentu. 

Maksimal durasi iklan video topview ads adalah 60 detik dan biasanya muncul setelah iklan brand takeover

Selain bagus untuk meningkatkan brand awareness, jenis iklan ini juga bisa lho meningkatkan engagement dan membuat audiens bisa mengenal produk maupun layanan bisnis Anda dengan lebih detail.

4. Branded Hashtag Challenge

Branded hashtag challenge adalah jenis iklan yang mengajak pengguna TikTok untuk membuat konten video dengan menggunakan hashtag yang ditentukan dalam iklan.

Jika ingin membangun keterlibatan yang lebih erat, engagement yang tinggi, hingga meningkatkan awareness bisnis, ada baiknya Anda mempertimbangkan menggunakan jenis iklan TikTok ads ini.

5. Branded Effects

Branded effects adalah jenis iklan TikTok ads yang menambahkan efek khusus atau filter ke dalam video. Efek atau filter ini biasanya berhubungan dengan brand atau produk tertentu yang sedang dipromosikan.

Jika Anda ingin memperkenalkan produk atau layanan bisnis, sekaligus ingin membangun kesadaran merek dan menciptakan interaksi yang lebih personal dengan audiens, maka gunakan jenis iklan branded effects ini.

6. Carousel Ads

Apakah Anda ingin menampilkan iklan dalam bentuk beberapa gambar berurutan atau berbentuk beberapa video dalam satu iklan? Jika iya, Anda perlu memanfaatkan jenis iklan di TikTok ads yang dikenal dengan nama carousel ads.

Iklan ini muncul di area feed pengguna dan mereka dapat menggeser iklan ke samping untuk melihat gambar atau video lainnya. Carousel ads sangat cocok untuk kampanye pemasaran yang ingin menampilkan lebih dari satu produk atau layanan. 

7. Spark Ads

Spark ads adalah jenis iklan interaktif yang bertujuan mengundang partisipasi audiens. Iklan ini muncul di area feed pengguna dan tersedia tombol CTA atau Call to Action untuk mendorong respons audiens. 

Iklan TikTok jenis spark ads sangat cocok untuk kampanye pemasaran yang bertujuan meningkatkan interaksi dan partisipasi pengguna.

8. Image Ads

Image ads adalah jenis iklan sederhana dan mudah dibuat. Iklan ini hanya menggunakan gambar sebagai media promosi dan dapat ditempatkan di area feed pengguna.

Bagi Anda pemilik bisnis yang dalam aktivitas promosi membutuhkan perhatian secara visual, ada baiknya memaksimalkan penggunaan iklan jenis image ads ini.

9. Pangle Ads

Pangle ads adalah jenis iklan yang didesain untuk menjangkau pasar global. Iklan ini menggunakan platform iklan Pangle yang memungkinkan pengiklan untuk menayangkan iklan di lebih dari 150 negara di seluruh dunia. 

Pangle ads sangat cocok untuk kampanye pemasaran yang ingin menjangkau pasar internasional.


Setelah tahu cara kerja TikTok ads dan jenis-jenisnya, semoga bisa jadi panduan Anda untuk memasang iklan yang tepat bagi bisnis Anda. 

Oh ya, jangan lupa pelajari juga beberapa hal penting lainnya sebelum pasang iklan di TikTok. Klik link ini dan baca, yuk: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memasang TikTok Ads.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER