Untuk bisa menggunakan TikTok ads, kenali dulu berbagai jenis iklan yang tersedia di aplikasi berbagi video tersebut. Beberapa jenis iklan di TikTok ads yang penting, seperti brand takeovers, branded hashtag challenge, top view ads, in-feed ads, dan masih banyak lagi. Simak selengkapnya di sini.
Jenis Iklan di TikTok Ada yang Penting dan Wajib Anda Tahu
1. In-Feed Ads
In-feed ads adalah jenis iklan TikTok yang muncul di antara video-video yang tayang pada for your page TikTok. Ketika audiens menonton video, maka di antara video tersebut akan muncul iklan Anda.
Bentuk iklannya bisa berupa video dan foto yang diikuti tombol CTA atau link untuk mengarahkan audiens ke situs web atau ke aplikasi yang ditentukan.
Dengan durasi iklan kurang lebih 9 hingga 15 detik, iklan ini berguna untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan dapat membangun brand awareness.
2. Brand Takeover
Brand takeover adalah jenis iklan TikTok ads yang paling banyak digunakan, sehingga harganya pun jadi lebih mahal dibandingkan jenis iklan lainnya. Sebab, iklan akan langsung tampil di layar audiens begitu mereka membuka aplikasi.
Inilah yang membuat iklan jenis brand takeover cocok untuk membangun brand awareness yang lebih kuat dan meningkatkan interaksi audiens.
Meskipun biaya iklannya lebih mahal, namun iklan ini hanya bisa dilihat audiens satu kali per hari. Bentuk iklannya berukuran layar penuh, bisa berupa gambar atau video berdurasi sekitar 5 detik.
Anda bisa menambahkan CTA untuk mengarahkan audiens ke profil atau ke situs bisnis. Semakin menarik konten iklan Anda, semakin berpotensi untuk menciptakan konversi, baik untuk menambah followers maupun mendorong audiens melakukan pembelian.
3. TopView Ads
TopView ads adalah jenis iklan TikTok berbentuk video dengan durasi sekitar 5-6 detik yang muncul di feed ketika audiens membuka aplikasi TikTok.
Karena muncul dalam ukuran layar penuh, audiens mau tidak mau menunggu sampai iklan selesai tayang baru bisa menutup iklan tersebut.
Dampak dari pemasangan iklan ini membuat audiens mau tidak mau menonton iklan Anda sampai selesai. Ini menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan brand atau produk tertentu.
Maksimal durasi iklan video topview ads adalah 60 detik dan biasanya muncul setelah iklan brand takeover. Selain bagus untuk meningkatkan brand awareness, jenis iklan ini juga bisa lho meningkatkan engagement dan membuat audiens bisa mengenal produk maupun layanan bisnis Anda dengan lebih detail.