Pengguna aktif TikTok yang mencapai 1 miliar perbulan merupakan pangsa pasar menjanjikan yang sangat sayang kalau tak Anda manfaatkan. Apalagi algoritma TikTok membuat setiap video yang diunggah bisa tampil di timeline pengguna lain sesuai pengaturan preferensi video mereka. Jika Anda ingin memanfaatkan TikTok sebagai media promosi dan mau memasang iklan di TikTok, ada baiknya Anda kenali dulu jenis-jenis iklan di TikTok ads supaya iklan yang Anda pasang bisa tepat sasaran. Baca artikel Redcomm kali ini sampai selesai ya.

Mengapa Pebisnis Harus Menggunakan TikTok Ads?

TikTok ads adalah tools atau fitur yang TikTok sediakan untuk membantu para penggunanya agar bisa mengiklankan video dengan jangkauan yang lebih luas. Jika pengaturan iklan di TikTok ads yang Anda lakukan tepat, maka berpotensi terjadi peningkatan views dan engagement di akun TikTok Anda. 

Kenapa harus TikTok ads? Ada banyak fitur pendukung iklan di TikTok ads, seperti fitur targeting, ad creation, insight report, dan ad management. Selain itu, tersedia dua pilihan budgeting di TikTok ads, yaitu harian (daily) atau seumur hidup (lifetime). 

Semua fitur yang ada di TikTok ads tersebut bisa membantu Anda beriklan di TikTok untuk memasarkan produk maupun jasa bisnis dengan target yang lebih signifikan, sehingga berpotensi mendapatkan lebih banyak pelanggan sekaligus bisa meningkatkan transaksi penjualan. 

Agar bisa menjalankan dan memasang iklan di TikTok, perluas wawasan dan pengetahuan Anda terlebih dahulu dengan mempelajari beberapa hal berikut:

Jika sudah, lanjutnya dengan memahami berbagai jenis iklan di TikTok ads, agar Anda bisa menyesuaikan jenis iklan dengan kebutuhan bisnis.

berbagai jenis iklan di TikTok ads

Jenis dan Daftar Pilihan Iklan di TikTok Ads

Melihat tayangan iklan dengan tampilan yang sama berulang-ulang bisa mendatangkan kebosanan. Nah, TikTok ads menyadari hal ini sehingga menyediakan berbagai jenis iklan di TikTok ads yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, seperti:

  1. In-feed Video

In-feed video adalah video promosi yang muncul ketika pengguna sedang melakukan scroll feeds atau menonton video di TikTok. Perbedaannya dengan konten TikTok biasa, adanya tulisan promoted disertai tombol yang mengarahkan audiens untuk mengunjungi tautan yang diatur oleh brand atau pembuat iklan. Jika berencana menggunakan jenis iklan ini, pastikan Anda membuat konten menarik disertai editing yang baik. Jangan lupa, sertakan Call to Action (CTA) yang jelas supaya bisa menjaring target audiens yang diinginkan.

  1. Brand Takeover

Saat membuka aplikasi TikTok, Anda pasti mendapati tayangan video pendek berdurasi 3-5 detik dari suatu brand. Itulah yang dinamakan TikTok ads Brand Takeover. Anda bisa memilih iklan ini jika ingin menambah traffic menuju halaman website atau profil TikTok. Tinggal cantumkan saja URL website bisnis atau URL akun TikTok bisnis Anda dalam tayangan iklan.

daftar hashtag berikut challenge tiktok

  1. Hashtag Challenge

Coba tengok halaman Discovery yang tersedia di aplikasi TikTok. Ada banyak daftar hashtag berikut challenge yang ditampilkan dan bisa diikuti pengguna. Semua hashtag tersebut bisa masuk ke satu jenis TikTok ads, yaitu Hashtag Challenge. Iklan melalui hashtag ini dianggap ampuh untuk mempromosikan produk, karena pengguna tidak menyadari bahwa mereka ikut terpancing mengikuti challenge iklan.

  1. Branded Augmented Reality (AR)

Salah satu hal menarik di TikTok adalah ketersediaan stiker disertai filter. Nah, untuk meningkatkan brand awareness, Anda bisa membuat stiker dan filter unik yang menunjukkan identitas brand, sehingga menarik perhatian pengguna TikTok untuk mencobanya. Jenis iklan ini dinamakan Branded Augmented Reality. Pembuatan filter juga bisa menjadi promo gratis dari setiap orang yang menggunakannya.

tiktok top view ads

  1. TopView Ads

TikTok TopView ads adalah iklan berupa video pertama yang dilihat oleh pengguna TikTok dalam feeds mereka. Jenis iklan ini sangat bagus untuk meningkatkan nilai brand awareness, apalagi didukung durasi iklan TopView bisa mencapai 60 detik. Jadi, pastikan isi konten TopView ads yang Anda buat tak hanya mampu menarik perhatian, namun harus bisa menghibur target audiens.

Tertarik untuk menggunakan salah satu jenis iklan TikTok ads? Anda bisa mempelajari artikel cara memasang iklan di TikTok yang ada di Redcomm Knowledge. Namun, jika masih bingung untuk memasang TikTok ads sendiri, Anda bisa menggunakan bantuan digital marketing agency Jakarta terpercaya untuk menjalankannya.