Pengguna aktif TikTok yang mencapai 1 miliar per bulan menjadi pangsa pasar menjanjikan yang sangat sayang kalau tak Anda manfaatkan.
Pengguna aktif TikTok yang mencapai 1 miliar per bulan menjadi pangsa pasar menjanjikan yang sangat sayang kalau tak Anda manfaatkan.
Apalagi algoritma TikTok membuat setiap video yang diunggah bisa tampil di timeline pengguna lain sesuai pengaturan preferensi video mereka.
Jika ingin memanfaatkan TikTok sebagai media promosi dan mau memasang iklan di TikTok, ada baiknya Anda kenali dulu jenis-jenis iklan di TikTok ads supaya iklan yang Anda pasang bisa tepat sasaran. Baca artikel Redcomm kali ini sampai selesai ya.
TikTok ads adalah tools atau fitur yang TikTok sediakan untuk membantu Anda memasang iklan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Jika pengaturan iklan di TikTok ads tepat, maka berpotensi terjadi peningkatan views dan engagement di akun TikTok Anda.
Kenapa harus TikTok ads? Ini beberapa manfaat beriklan di TikTok ads, antara lain:
Semua fitur yang ada di TikTok ads tersebut bisa membantu Anda memasarkan produk maupun jasa bisnis dengan target yang lebih signifikan.
Tentunya hal ini membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, sekaligus bisa meningkatkan transaksi penjualan.
Agar bisa menjalankan dan memasang iklan di TikTok, perluas wawasan dan pengetahuan Anda terlebih dahulu dengan mempelajari beberapa hal berikut:
Jika sudah, lanjutnya dengan memahami berbagai jenis iklan di TikTok ads, agar Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis.
Melihat tayangan iklan dengan tampilan yang sama berulang-ulang bisa menyebabkan kebosanan.
Nah, TikTok menyadari hal ini sehingga menyediakan berbagai jenis iklan di TikTok ads yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, seperti:
In feed video adalah video promosi yang muncul ketika pengguna sedang melakukan scroll feeds atau menonton video di TikTok.
Perbedaannya dengan konten TikTok biasa, adanya tulisan promoted disertai tombol yang mengarahkan audiens untuk mengunjungi tautan yang diatur oleh brand atau pembuat iklan.
Keunggulan jenis iklan In Feed Ads di TikTok, antara lain:
Jika berencana menggunakan jenis iklan ini, pastikan Anda membuat konten menarik disertai editing yang baik.
Jangan lupa, gunakan jenis Call to Action (CTA) yang relevan dan jelas supaya bisa menjaring target audiens yang diinginkan.
Saat membuka aplikasi TikTok, Anda pasti mendapati tayangan video pendek berdurasi 3-5 detik dari suatu brand. Itulah yang dinamakan TikTok ads Brand Takeover.
Anda bisa memilih iklan ini jika ingin menambah traffic menuju halaman website atau profil TikTok. Tinggal cantumkan saja URL website bisnis atau URL akun TikTok bisnis Anda dalam tayangan iklan.
Coba tengok halaman Discovery yang tersedia di aplikasi TikTok. Ada banyak daftar hashtag berikut challenge yang ditampilkan dan bisa diikuti pengguna. Semua hashtag tersebut bisa masuk ke satu jenis TikTok ads, yaitu hashtag challenge.
Nah, bisa dikatakan branded hashtag challenge atau jenis iklan hashtag Challenge adalah strategi untuk mengundang audiens berpartisipasi dalam suatu tantangan menggunakan hashtag khusus yang dibuat oleh brand.
Jenis iklan ini sangat populer karena melibatkan audiens secara langsung, sehingga berguna untuk:
Salah satu hal menarik di TikTok adalah ketersediaan stiker disertai filter.
Nah, untuk meningkatkan brand awareness, Anda bisa membuat stiker dan filter unik yang menunjukkan identitas brand, sehingga menarik perhatian pengguna TikTok untuk mencobanya.
Jenis iklan ini dinamakan Branded Augmented Reality. Pembuatan filter juga bisa menjadi promo gratis sehingga setiap orang yang menggunakannya jadi mengenai brand atau produk Anda.
TikTok TopView ads adalah iklan berupa video pertama yang dilihat oleh pengguna TikTok dalam feeds mereka.
Jenis iklan ini sangat bagus untuk meningkatkan nilai brand awareness, apalagi didukung durasi iklan TopView bisa mencapai 60 detik.
Jadi, pastikan isi konten TopView ads yang Anda buat tak hanya mampu menarik perhatian, namun harus bisa menghibur target audiens.
Sudah banyak marketer yang membuktikan kalau jenis iklan TikTok Spark Ads mampu menghasilkan engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan iklan tradisional.
Hal ini karena Spark Ads memungkinkan Anda sebagai pihak brand mempromosikan konten organik yang sudah ada di TikTok, baik dari akun brand sendiri maupun dari pengguna lain.
Beberapa manfaat menggunakan jenis iklan TikTok Ads yang satu ini, antara lain:
DSA adalah format iklan otomatis yang menampilkan produk berdasarkan preferensi Audien.
Anda bisa menggunakan jenis iklan TikTok Dynamic Showcase Ads untuk menyesuaikan iklan dengan minat atau perilaku pencarian audiens.
Apalagi kalau tujuan Anda beriklan untuk:
Tertarik menggunakan salah satu jenis iklan TikTok ads di atas? Anda bisa mempelajari artikel cara memasang iklan di TikTok yang ada di Redcomm Knowledge.
Namun, jika belum yakin mau pasang TikTok ads sendiri, Anda bisa menggunakan bantuan digital marketing agency Jakarta terpercaya untuk menjalankannya. Langsung saja Kontak Redcomm ya.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC