MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Facebook Creator Studio: Arti, Fitur, dan Manfaatnya

13 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 23.918  
Social Media

redcomm

Dalam menjalankan strategi social media and digital marketing untuk bisnis, Anda bisa menerapkan beragam metode yang dapat dieksplorasi. Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan Facebook Creator Studio

Memanfaatkan platform Facebook creator studio memungkinkan Anda memublikasikan serta mengelola konten dan iklan secara gratis di Facebook dan Instagram. Bahkan Anda dapat mengoptimalkan online presence dengan lebih efisien dan efektif.

Apa Itu Facebook Creator Studio? 

Facebook Creator Studio berbeda dengan Facebook Business Manager. Facebook Business Manager berfungsi untuk mengelola banyak halaman dan akun iklan tanpa membagikan kredensial login akun pribadi.

Sementara fungsi Creator Studio untuk mengatur dan mengelola konten pada halaman Facebook sehingga nantinya bisa dilakukan proses monetisasi.  

Jadi, pengertian Facebook Creator Studio adalah platform yang Facebook sediakan untuk mengelola konten, mulai dari mengunggah, menjadwalkan, menerbitkan, memantau, hingga melacak semua konten khususnya yang berfokus pada format video.

Memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di creator studio juga akan membantu Anda mengembangkan strategi promosi dan pemasaran online menggunakan digital video production

7 Fitur Creator Studio di Facebook yang Penting

Karena Facebook creator studio adalah alat yang dirancang secara khusus untuk membantu mengelola dan menganalisis konten secara efektif, tentunya alat ini akan memberi insight yang berharga untuk Anda pemilik bisnis.

Di saat yang sama, jika Anda menggunakannya semua fitur yang tersedia di dalamnya dengan tepat, maka bisa sekaligus membantu meningkatkan keterlibatan brand dengan audiens.

Secara lengkap berikut beberapa fitur yang tersedia di creator studio dan bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan kinerja konten:

1. Media untuk Membuat dan Posting Konten di Facebook 

Sesuai dengan namanya, creator studio memudahkan Anda untuk merancang, mengelola, dan mempublikasikan konten secara efektif dan efisien.

Anda jadi lebih mudah mengunggah beberapa video sekaligus, melakukan cross posting konten ke beberapa halaman, mengelola konten menjadi playlist, dan mengatur jadwal untuk memposting konten atau menyimpan postingan sebagai draft.

2. Beranda

Tab beranda di Facebook creator studio berisi postingan dari halaman tertentu dan beberapa pengetahuan dasar seputar konten yang sudah Anda buat. 

Pada bagian beranda ini juga tersedia komposer untuk membuat konten dan memungkinkan Anda menerbitkan satu konten untuk beberapa halaman sekaligus.

3. Galeri Konten 

Berbeda dengan fitur beranda, galeri konten berisi ringkasan lengkap tentang video, foto, tautan, dan postingan teks dari halaman yang Anda kelola. 

Anda juga dapat melihat insight, melakukan proses editing, mempromosikan, atau menghapus postingan.

4. Insights  

Insights adalah bagian yang paling menarik dan berguna dari upaya penerapan strategi digital marketing dengan memanfaatkan creators studio.

Dalam fitur ini, Anda akan menemukan data insight terkait kinerja konten yang Anda bagikan, konten cross posting, serta pendapatan yang Anda terima dari semua halaman Facebook.

5. Kotak Masuk 

Kotak masuk atau inbox berfungsi untuk memberitahu Anda tentang adanya pesan, komentar, dan likes yang diberikan orang lain untuk setiap konten yang sudah Anda unggah. Ini termasuk data hasil interaksi konten dengan audiens di Facebook serta Instagram. 

Fitur ini tidak hanya memberikan notifikasi, tetapi juga memudahkan Anda merespons dan berinteraksi dengan cepat dengan audiens.

Adanya fitur inbox juga sangat membantu dalam menjaga keterlibatan dan membangun koneksi dengan audiens, serta mengelola komunikasi dengan lebih efisien dalam membangun hubungan yang kuat di media sosial.

6. Sound Collection & Monetisasi 

Fitur sound collection memberikan akses ke musik legal dan efek suara gratis yang dapat Anda gunakan dalam pembuatan konten video untuk kebutuhan iklan di Facebook dan Instagram. 

Karena musik yang tersedia dari musisi terkenal, ditambah lagi tersedia berbagai efek suara yang menarik, maka konten video buatan Anda bakal lebih bisa menarik perhatian target audiens.

Selain tersedia sound collection yang lengkap, Anda juga bisa lho mendapatkan penghasilan dari Facebook Creator Studio.

Caranya, lakukan monetisasi halaman dengan mengizinkan iklan untuk ditampilkan sebelum, sesudah, atau di sekitar konten Anda. Untuk lengkapnya Anda bisa mempelajari tips lengkap monetisasi di halaman resmi Facebook creator studio.

7. Pengelolaan Hak Cipta 

Dari tab rights manager, Anda dapat melindungi kekayaan intelektual dari konten video Facebook dan Instagram milik Anda. Artinya, rights manager akan mendeteksi konten audio dan video yang hak ciptanya milik Anda. 

Anda juga dapat mengunggah file referensi yang nantinya akan dianalisis dan digunakan untuk membandingkan dengan konten lain guna mendeteksi kemungkinan plagiat.

Manfaat Menggunakan Creator Studio untuk Efisiensi Pengelolaan Konten

Nah, Anda sudah tahu kalau ada banyak fitur yang tersedia di creator studio dan memungkinkan Anda mengelola konten di Facebook dan Instagram dalam satu platform.

Selain itu, masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan creator studio, antara lain:

  • Data analitik yang tersedia di creator studio memudahkan Anda mengoptimalkan strategi konten, punya metrik kampanye di media sosial yang jelas, dan jadi tahu konten apa saja yang audiens suka.
  • Tahu waktu terbaik untuk mengunggah postingan dan memahami behavior audiens dengan lebih baik.
  • Memudahkan kreator memonetisasi konten dan menghasilkan pendapatan, mulai dari iklan hingga langganan.
  • Creator studio memiliki antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan, bahkan oleh kreator pemula. 
  • Terintegrasi dengan Instagram, sehingga Anda bisa mengelola konten Instagram dan Facebook dalam satu tempat. 
  • Konsistensi strategi konten di Instagram dan Facebook jadi lebih terjaga.

Pengelolaan Instagram di Creator Studio 

Jika sudah memiliki akun di Creator Studio, Anda bisa mengelola  semua kiriman Instagram dan memantau insights dari komputer. Dengan catatan, akun Anda terdaftar sebagai akun kreator atau sudah memiliki profil bisnis di Instagram. 

1. Mengelola Postingan

Pada bagian pengelolaan konten, Anda dapat mengakses semua video, foto, cerita, dan konten IGTV milik Anda. Kemudian, bisa melihat bagaimana kinerjanya untuk mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Selain itu, Anda dapat menelusuri konten agar mudah menemukannya serta dapat pula menggunakan filter untuk mengaturnya dengan cepat.

2. Melihat Insight Aktivitas Konten dan Audiens

Pada bagian insight, Anda dapat mengetahui data audiens, sehingga Anda bisa mengatur waktu yang tepat untuk mengunggah konten.

Anda pun bisa mempelajari tindakan apa yang diambil para pengguna ketika mereka terlibat dengan konten Anda. Jangkauan dan tayangan total konten Anda bisa diakses di sini. 

 

Secara keseluruhan, Facebook Creator Studio adalah tools yang berharga dan bisa Anda manfaatkan untuk strategi digital marketing dari produk maupun layanan yang Anda miliki. Jika belum memahami dengan baik cara memanfaatkan creator studio, coba berdiskusi dengan tim digital marketing agency Jakarta, yaitu Redcomm Indonesia.  

Pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia digital agency, apalagi termasuk satu dari banyak agensi yang berhasil meraih gelar Agency of The Year selama 6 tahun berturut-turut menjadikan Redcomm sebagai salah satu agensi terbaik di Indonesia.

Bahkan Redcomm Indonesia sudah menyelenggarakan lebih dari 1000 digital campaign dan membantu brand mengalami pertumbuhan yang baik di tengah persaingan bisnis yang ketat. Yuk, langsung hubungi dengan klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER