Saat ini, Instagram merupakan salah satu media sosial yang berkembang pesat di dunia digital. Banyak cara yang bisa Anda lakukan agar promosi jualan semakin laris dengan menggunakan platform yang satu ini. Salah satu tips pemasaran dengan cara baru yang bisa menjangkau audiens dengan lebih interaktif adalah menggunakan Instagram TV.

 

Instagram TV diluncurkan sejak bulan Juni tahun 2018. Kehadirannya disambut dengan baik oleh semua pengguna Instagram. Namun sayangnya, ada satu fiturnya yang menarik dan belum dimanfaatkan secara maksimal untuk melakukan pemasaran, yaitu fitur Instagram TV. Padahal, jika Anda bisa mengoptimalkannya, maka tidak hanya brand awareness produk Anda saja yang mengalami peningkatan, namun juga bisa meningkatkan penjualan. Bahkan, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat banyak audiens menyukai akun Instagram bisnis milik Anda.

 

Keuntungan Promosi Menggunakan Instagram TV

Instagram TV sangat menarik karena menggunakan layar penuh atau vertikal. Format ini sengaja disediakan karena tren ponsel yang menggunakan rasio layar 18:9. Selain itu,  Anda bisa membuat video dengan durasi lebih panjang dibandingkan dengan video untuk Instagram story. Artinya, Anda bisa memaksimalkan konten promosi dengan pesan yang lebih banyak, detail, dan lebih menarik. 

 

Untuk dapat menggunakan fitur Instagram TV, Anda tidak perlu log-in karena sudah langsung terhubung dengan akun Instagram utama Anda. Video yang Anda posting di Instagram TV juga bisa melalui proses editing terlebih dahulu agar hasil videonya jadi lebih bagus. 

 

 

Hal paling menguntungkan, pengguna IGTV, yaitu konsumen Anda, dapat memilih semua video yang tersedia, video yang disarankan secara pribadi, video populer, video yang dibuat oleh akun yang mereka ikuti, dan opsi untuk melanjutkan video yang sebelumnya sudah ditonton.

 

Kenyamanan menonton tayangan video di Instagram TV pun tak akan terganggu dengan jeda iklan untuk sementara waktu ini, mengingat pihak Instagram sedang mendorong Anda untuk aktif dan banyak terlibat dengan para pengikut Anda.

 

Tips Pemasaran Menggunakan Instagram TV

Jika Anda termasuk orang yang aktif menggunakan Instagram untuk melakukan berbagai promosi bagi bisnis Anda, berikut tips pemasaran menggunakan Instagram TV agar promosi yang Anda lakukan jadi lebih optimal dan berhasil menciptakan konversi.

 

  1. Membuat Judul & Konten yang Menarik

Membuat judul dan konten yang menarik untuk promosi Instagram TV menjadi kunci penting sehingga bisa meningkatkan brand awareness terhadap produk Anda. Judul sebaiknya menggambarkan secara singkat konten video yang Anda bagikan di IGTV. Jangan lupa, sisipkan kata-kata yang bisa mempengaruhi emosi followers Anda sehingga mereka menjadi tertarik untuk menonton tayangan yang Anda sajikan. 

 

Setelahnya, pilih jenis konten seperti apa yang ingin Anda bagikan di Instagram TV. Beberapa jenis konten akan sangat bermanfaat dalam upaya Anda melakukan promosi bisnis, misalnya: 

 

 

    1. Demo produk untuk memperkenalkan berbagai produk yang saat ini Anda unggulkan. Kemudian, kemas kelebihan dan cara menggunakan produk tersebut dalam satu cerita yang menarik. Intinya, jangan hanya fokus ke produknya seperti jualan semata, melainkan Anda bisa menggunakan storytelling yang menggugah emosi dalam penyampaian benefit produk Anda. 
    2. Anda juga bisa membuat tayangan behind the scenes untuk menunjukkan proses yang terjadi di belakang layar terkait produk Anda, misalnya cara pengolahannya, pengemasannya, atau bagaimana peran orang-orang hingga menemukan ide pembuatan produk tersebut. Balutlah tayangan ini dalam kisah yang bisa menginspirasi.
    3. Teaser merupakan salah satu konten yang efektif untuk memperkenalkan produk Anda kepada followers.
    4. Tayangan inspirasi bisa diolah dan dijadikan salah satu tayangan Instagram TV akun bisnis Anda untuk menunjukkan bagaimana pengaruh produk Anda terhadap kehidupan banyak orang. Pengemasan dan storyline yang berkesan bisa membuat followers tertarik menonton video hingga selesai, bahkan ikut membagikannya di jaringan pertemanan mereka. Video ini juga sebagai bukti bahwa produk Anda memiliki nilai guna dan telah diterima oleh para customer.
    5. Jika Anda bingung ingin membuat konten apa, Anda bisa mengajak followers untuk menyumbangkan ide atau apa yang mereka inginkan dari konten Anda. Cara ini terbilang efektif, sebab Anda sudah melibatkan para followers untuk saling berdiskusi mengenai konten promosi yang bisa Anda jadikan konten di Instagram TV.

 

  1. Buat Thumbnail & Caption yang Menarik

Setelah membuat judul dan konten, juga sudah memilih jenis konten yang hendak ditayangkan, selanjutnya Anda perlu menyiapkan gambar mini (thumbnail) yang akan menjadi cover video tayangan Anda. 

 

Usahakan untuk membuat thumbnail yang membuat orang-orang penasaran sehingga mereka melakukan klik, menonton konten hingga selesai, bahkan jika mereka menyukainya, mereka akan dengan senang hati membagikan video tersebut kepada orang lain di jaringan pertemanan mereka. Isi thumbnail bisa memberikan gambaran singkat tentang konten yang Anda buat.

 

Konten yang menarik juga didukung adanya caption yang menarik! Tidak cukup hanya menyajikan thumbnail yang membuat penasaran, Anda perlu membuat caption agar pengikut Anda makin terdorong untuk menonton tayangan video di Instagram TV milik Anda.

 

Jangan lupa, di dalam caption sertakan CTA atau Call To Action, kalimat ajakan agar audiens melakukan sesuatu untuk Anda, entah melakukan like, share, atau menyediakan link yang bisa membawa mereka ke tahap pemesanan atau pembelian produk. 

 

  1. Hadirkan Konten yang Unik & Up to date

Pastikan Anda membuat konten yang unik dan up to date. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat konten yang relate dengan keadaan sekarang atau yang sedang booming. Saat Anda membuat konten, ambillah sudut pandang sebagai penonton. Dengan begitu, Anda akan lebih tahu, apakah konten yang Anda buat bisa menyenangkan audiens dan membuat mereka betah menonton konten sampai habis. Lebih baik lagi, jika Anda menggabungkan satu konten yang unik, sekaligus menyertakan pesan inspirasi atau pengetahuan. Video yang bagus adalah video yang bisa mempengaruhi audiens dan meninggalkan kesan mendalam. 

 

 

  1. Update Konten Anda Secara Terjadwal

Dengan update konten secara terjadwal tentu bisa membuat engagement Instagram Anda semakin bagus. Alasannya, audiens akan mendapatkan konten terbaru secara rutin. Dan kalau konten Anda bagus, mereka dengan senang hati menunggu, video apa yang selanjutkan akan Anda berikan untuk mereka. 

 

Minimal ada jadwal satu kali dalam seminggu untuk update konten di Instagram TV. Jangan sampai Anda menjadwalkan konten cuma satu kali dalam sebulan. Itu akan membuat followers menunggu terlalu lama, dan akhirnya mereka mencari konten di akun Instagram lain yang kemungkinan malah jauh lebih menarik dari konten milik Anda. 

 

Itulah beberapa cara promosi yang bisa Anda lakukan melalui Instagram TV. Semakin unik dan menarik konten Anda, meski disisipi dengan berbagai promosi produk atau layanan dari brand Anda, audiens akan tetap senang dan menikmatinya. Lalu selanjutnya, mereka bisa saja melakukan pembelian produk yang ada di tayangan video Anda.