MENU
SEARCH KNOWLEDGE

9 Manfaat Promosi di Sosial Media yang Wajib Pebisnis Tahu

26 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 1.536  
Social Media

redcomm

Ada banyak manfaat promosi di sosial media, seperti menarik perhatian konsumen dan meningkatkan kesadaran merek terhadap produk maupun brand Anda, membangun interaksi dengan pelanggan, hemat biaya, dan masih banyak lagi. Yuk, pelajari selengkapnya di artikel Redcomm kali ini demi peningkatan pendapatan bisnis.

9 Manfaat Promosi di Sosial Media yang Wajib Pebisnis Tahu

Jika Anda adalah pemilik brand, pelaku UKM dan UMKM, atau pebisnis mikro lainnya, maka berikut ini rangkuman 7 manfaat promosi di sosial media yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Sosial media menawarkan banyak kesempatan bagi pemilik bisnis untuk memperkenalkan produk dan bisnisnya dengan cara kreatif serta menarik. Misalnya dengan menyelenggarakan giveaway, challenge, membuat konten di media sosial yang relevan dengan audiens, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan sosial media sebagai media promosi online dengan cara yang lebih soft selling, mengangkat kisah sukses, memberi solusi bagi masalah yang sedang audiens hadapi, dan masih banyak lagi.

Namun agar penerapannya sukses, Anda perlu menggunakan channel media sosial yang cocok dengan bisnis dan target market yang ingin Anda jangkau.

2. Menarik Perhatian Konsumen

Manfaat promosi di sosial media berikutnya Anda bisa menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk mencari tahu mengenai bisnis maupun produk Anda. Ini bahkan berlaku untuk konsumen baru yang sama sekali belum mengenal brand Anda.

Caranya bagaimana? Coba kenali dulu behavior dan customer journey. Lalu cari tahu bagaimana cara mereka mengambil keputusan untuk melakukan pembelian produk. Setelahnya rancang strategi social media marketing yang paling sesuai.

Untuk panduan lengkapnya, Anda bisa membaca artikel berjudul Panduan Lengkap Social Media Marketing Terbaru yang sudah tersedia pula di website Redcomm Indonesia ini.

3. Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Pengguna internet di Indonesia senang saling berinteraksi satu sama lain, terlepas apakah mereka saling mengenal atau tidak. Kesenangan inilah yang perlu Anda manfaatkan. 

Untuk itu, buatlah konten yang memancing pengguna internet untuk memberikan komentar. Contoh, ajak mereka memberi ide mengenai cara menikmati produk Anda dan sediakan beberapa hadiah bagi pemenang beruntung. 

Selain itu, Anda juga bisa meminta saran, mengajak pengguna menceritakan pengalaman mereka setelah mencoba sendiri produk yang ditawarkan, dan sebagainya. Jangan takut akan kritik yang diberikan di dalam komentar. Kritik yang mereka berikan bisa jadi akan memancing komentar dari pengguna lainnya. 

Di saat yang sama, Anda juga perlu tetap menjawab semua komentar, kritik, maupun masukan positif dengan baik. Dengan cara ini, Anda sekaligus dapat membuat pelanggan lebih percaya dengan bisnis dan produk Anda.  

4. Social Signal untuk Strategi SEO

Mengkombinasikan strategi pemasaran di media sosial untuk promosi produk secara online dengan mencantumkan URL atau link menuju ke website bisnis akan membuat audiens jadi lebih mudah mencari informasi mengenai bisnis dan produk Anda. 

Artinya, postingan Anda di media sosial yang terhubung ke situs web akan menciptakan traffic dan akhirnya menjadi social signal yang berdampak pada peningkatan peringkat situs di mesin pencari

Dampak positif berikutnya, calon pelanggan baru yang sebelumnya telah melihat iklan produk di Facebook misalnya, akan lebih mudah menemukan produk Anda. 

5. Brand Image Menjadi Lebih Kuat

Semakin aktif Anda menerapkan cara promosi produk secara online di sosial media, maka bisa meningkatkan pengaruh brand atau brand image menjadi lebih kuat dibandingkan dengan kompetitor. 

Apalagi jika Anda juga menyediakan layanan interaktif yang terus memancing pengguna internet mengunjungi kanal-kanal sosial media yang Anda kelola. 

Semakin kuat pengaruh brand di sosial media, akan semakin banyak pula pengguna internet yang dengan sukarela mengikuti dan menjadi follower sosial media Anda. 

Ini jelas akan meningkatkan kepercayaan dan otomatis bisa meningkatkan lebih banyak pelanggan yang ingin membeli produk yang Anda tawarkan.

6. Hemat Biaya

Manfaat promosi di sosial media sudah tentu akan menghemat pengeluaran dan biaya iklan. Malah bisa dikatakan penerapan sosial media marketing jauh lebih murah dibandingkan jenis iklan promosi digital lainnya. 

Dengan catatan, Anda tahu cara dan strategi yang tepat dalam memanfaatkan sosial media sebagai media promosi online. Jika belum punya pengalaman dan pengetahuan terkait social media marketing, Anda bisa bekerja sama dengan social media marketing agency yang tepat atau gunakan saja jasa digital agency Jakarta, seperti Redcomm Indonesia.

7. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Aktif tidaknya sosial media yang Anda kelola akan memberi pengaruh yang sangat signifikan dalam membangun loyalitas pelanggan. Jika Anda membuka peluang komunikasi yang baik dengan pelanggan, bisa jadi Anda akan meningkatkan hubungan yang erat dengan mereka.

Komunikasi yang baik sudah banyak terbukti mampu membangun hubungan yang solid. Hal ini sesuai dengan hasil studi sosial media marketing yang pernah dilakukan di Amerika Serikat.

Dalam studi tersebut membuktikan bahwa segmen pelanggan milenial 62% lebih loyal pada merek yang terlibat langsung dengan mereka di media sosial.

Oleh karena itu, promosi di media sosial yang seharusnya Anda terapkan tidak saja hanya mempromosikan produk atau jasa, tetapi juga perlu membangun interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggan. 

8. Mendapatkan Informasi Mengenai Pasar

Mendapatkan informasi mengenai pasar dan target audiens secara lengkap juga merupakan salah satu manfaat dari melakukan promosi di sosial media. Mengapa? 

Sebab dari interaksi yang terjadi, baik antar pelanggan maupun dengan Anda pemilik bisnis, membuat Anda jadi lebih mudah mendapatkan data terkini mengenai kebutuhan pelanggan yang sesungguhnya. 

9. Memperluas Pasar

Social media marketing adalah proses promosi dan pemasaran yang dilakukan di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, YouTube, bahkan TikTok.

Dari hasil riset We Are Social diketahui, pengguna internet di Indonesia sekitar 175,4 juta orang atau sekitar 64 persen dari keseluruhan penduduk. Artinya, 6 dari 10 orang di Indonesia telah secara aktif menggunakan internet.

Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia, sudah jelas potensi pemanfaatan sosial media memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan memperluas pasar.

 

Usaha yang sukses adalah usaha yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk itu, setelah tahu manfaat promosi di sosial media di atas, segeralah merancang strategi promosi dan langsung terapkan yang paling sesuai dengan bisnis Anda. 

Kalau masih butuh konsultasi mengenai Cara Promosi Produk di Media Sosial untuk Mendominasi Pasar, berkonsultasi saja dengan tim digital marketing agency Jakarta yang sudah berpengalaman. Langsung klik Kontak Redcomm, yuk.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER