2. Menarik Perhatian Konsumen
Manfaat promosi di sosial media berikutnya Anda bisa menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk mencari tahu mengenai bisnis maupun produk Anda. Ini bahkan berlaku untuk konsumen baru yang sama sekali belum mengenal brand Anda.
Caranya bagaimana? Coba kenali dulu behavior dan customer journey. Lalu cari tahu bagaimana cara mereka mengambil keputusan untuk melakukan pembelian produk. Setelahnya rancang strategi social media marketing yang paling sesuai.
Untuk panduan lengkapnya, Anda bisa membaca artikel berjudul Panduan Lengkap Social Media Marketing Terbaru yang sudah tersedia pula di website Redcomm Indonesia ini.
3. Membangun Interaksi dengan Pelanggan
Pengguna internet di Indonesia senang saling berinteraksi satu sama lain, terlepas apakah mereka saling mengenal atau tidak. Kesenangan inilah yang perlu Anda manfaatkan.
Untuk itu, buatlah konten yang memancing pengguna internet untuk memberikan komentar. Contoh, ajak mereka memberi ide mengenai cara menikmati produk Anda dan sediakan beberapa hadiah bagi pemenang beruntung.
Selain itu, Anda juga bisa meminta saran, mengajak pengguna menceritakan pengalaman mereka setelah mencoba sendiri produk yang ditawarkan, dan sebagainya. Jangan takut akan kritik yang diberikan di dalam komentar. Kritik yang mereka berikan bisa jadi akan memancing komentar dari pengguna lainnya.
Di saat yang sama, Anda juga perlu tetap menjawab semua komentar, kritik, maupun masukan positif dengan baik. Dengan cara ini, Anda sekaligus dapat membuat pelanggan lebih percaya dengan bisnis dan produk Anda.
4. Social Signal untuk Strategi SEO
Mengkombinasikan strategi pemasaran di media sosial untuk promosi produk secara online dengan mencantumkan URL atau link menuju ke website bisnis akan membuat audiens jadi lebih mudah mencari informasi mengenai bisnis dan produk Anda.
Artinya, postingan Anda di media sosial yang terhubung ke situs web akan menciptakan traffic dan akhirnya menjadi social signal yang berdampak pada peningkatan peringkat situs di mesin pencari.
Dampak positif berikutnya, calon pelanggan baru yang sebelumnya telah melihat iklan produk di Facebook misalnya, akan lebih mudah menemukan produk Anda.
5. Brand Image Menjadi Lebih Kuat
Semakin aktif Anda menerapkan cara promosi produk secara online di sosial media, maka bisa meningkatkan pengaruh brand atau brand image menjadi lebih kuat dibandingkan dengan kompetitor.
Apalagi jika Anda juga menyediakan layanan interaktif yang terus memancing pengguna internet mengunjungi kanal-kanal sosial media yang Anda kelola.
Semakin kuat pengaruh brand di sosial media, akan semakin banyak pula pengguna internet yang dengan sukarela mengikuti dan menjadi follower sosial media Anda.
Ini jelas akan meningkatkan kepercayaan dan otomatis bisa meningkatkan lebih banyak pelanggan yang ingin membeli produk yang Anda tawarkan.
6. Hemat Biaya
Manfaat promosi di sosial media sudah tentu akan menghemat pengeluaran dan biaya iklan. Malah bisa dikatakan penerapan sosial media marketing jauh lebih murah dibandingkan jenis iklan promosi digital lainnya.
Dengan catatan, Anda tahu cara dan strategi yang tepat dalam memanfaatkan sosial media sebagai media promosi online. Jika belum punya pengalaman dan pengetahuan terkait social media marketing, Anda bisa bekerja sama dengan social media marketing agency yang tepat atau gunakan saja jasa digital agency Jakarta, seperti Redcomm Indonesia.