Di era modern seperti saat ini, hampir seluruh sektor mulai dari bisnis, gaya hidup, informasi, hingga marketing telah didukung oleh dunia digital. Dunia yang menjadikan suatu hal bisa dilihat serta dikunjungi oleh siapa pun, kapan pun, dan dari mana pun. Sehingga, tak heran jika sektor pemasaran pun beralih ke dunia digital, hingga memunculkan peluang profesi baru yang dikenal dengan nama jasa digital agency

 

Lantas, apa pengertian dan manfaat digital agency bagi suatu bisnis atau perusahaan, terlebih bagi yang bersaing di Jakarta? Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jasa digital agency? Simak penjelasan lengkap mengenai digital agency berikut ini!

 

Pengertian Digital Agency

Digital agency merupakan jasa pemasaran produk ataupun bisnis Anda melalui media digital. Seperti namanya, media pemasaran yang digunakan pun menggunakan media digital, seperti sosial media, website, search engine, aplikasi, jasa iklan YouTube, jasa SEO, jasa Google Ads, dan lain sebagainya. Pemasaran digital ini dinilai efektif untuk memasarkan suatu produk maupun bisnis. 

 

 

Apa Perbedaan Advertising Agency dengan Digital Agency?

Pengertian advertising agency dan digital agency sebenarnya tak jauh berbeda, karena keduanya sama-sama jasa pemasaran. Advertising agency merupakan agensi atau jasa yang membantu bisnis maupun perusahaan untuk memasarkan produk mereka, bisa secara offline atau bisa pula online. Sedangkan digital agency, merupakan jasa pemasaran, namun fokusnya lebih  menggunakan media digital sebagai sarana promosi.

 

Jika digital agency menggunakan media pemasaran digital, seperti sosial media, website, search engine marketing atau search engine optimization, dan lain sebagainya. Lain halnya dengan advertising agency yang menggunakan media pemasaran konvensional, seperti televisi, media cetak, spanduk, dan lain-lain.

 

Dari media pemasaran yang digunakan, digital agency memberikan komunikasi 2 arah antara perusahaan dengan konsumen, yang mana lebih efektif jika dibandingkan advertising agency dengan komunikasi 1 arahnya. Tak hanya itu, digital agency lebih hemat biaya dibandingkan advertising agency yang umumnya mematok harga jauh lebih  tinggi. 

 

Perlu Tidak Pebisnis Menggunakan Jasa Digital Agency Profesional di Jakarta?

Jasa digital agency, terlebih di kota besar seperti Jakarta, tentu sangat dibutuhkan oleh para pebisnis untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat. Sebab dengan bekerja sama, digital agency mampu mendatangkan segudang manfaat bagi produk maupun bisnis Anda, di antaranya:

 

 

  1. Efektif Menjangkau Pelanggan secara Lebih Luas sesuai Target Pasar

Teknologi internet dapat diakses setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat, bahkan hanya dengan menggunakan smartphone. Kemudahan akses inilah yang menjadikan pemasaran digital dinilai efektif untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas, tidak terbatas jarak, ruang, dan juga waktu. Terlebih dengan kecanggihan media digital yang kini bisa membuat calon konsumen dapat dikelompokkan sesuai dengan lokasi, ketertarikan, gender, pekerjaan, dan lain sebagainya. Jangkauannya pun tak hanya luas, tapi tepat sasaran.

 

Hal ini terkait dengan fakta bahwa setiap produk punya target pasar sendiri-sendiri. Untuk produk-produk dengan warna atau tampilan tertentu bisa jadi hanya menjangkau generasi milenial, sementara produk lain dengan warna dan fitur berbeda, lebih cocok digunakan oleh para profesional yang memiliki mobilitas tinggi. Nah, keunggulan tiap-tiap produk inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk menetapkan mana target pasar yang lebih sesuai demi terjadinya penjualan yang lebih efektif. 

 

  1. Mampu Bersaing dengan Bisnis Skala Besar

Dahulu, sistem pemasaran umumnya hanya dilakukan oleh bisnis maupun perusahaan berskala besar saja. Namun dengan adanya digital agency, bisnis rintisan pun dapat melakukan pemasaran yang sama seperti yang dilakukan bisnis berskala besar. Bahkan tidak mustahil, bisnis rintisan akan mampu menyamakan posisi dan bersaing dengan para kompetitor yang sudah lebih dulu menguasai pasar. 

 

Bekerja sama dengan best digital agency bisa sangat membantu menemukan insight-insight baru yang patut dicoba demi mengembangkan usaha rintisan untuk mendapatkan posisi di pasar yang begitu luas. Pengalaman digital agency yang banyak berkutat dalam aktivitas yang berhubungan dengan internet marketing services sudah pasti bisa memberi solusi bagi pebisnis untuk meningkatkan penjualan.

 

  1. Menghemat Biaya Pemasaran

Tak sedikit bisnis maupun perusahaan skala kecil dan menengah yang enggan melakukan strategi pemasaran. Alasannya karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan strategi pemasaran konvensional. Sudah pada tahu kan berapa harga untuk pemasangan iklan di media televisi untuk durasi tertentu? Begitu pun jika memasang iklan dalam bentuk billboard, menyebarkan brosur, pasang iklan di media cetak, dan sebagainya.

 

Dengan bekerja sama dan memanfaatkan jasa digital agency, Anda tak perlu mengkhawatirkan masalah budget promosi untuk iklan dan pemasaran.  Sebab, jasa digital agency dapat menghemat anggaran biaya pemasaran yang harus Anda keluarkan, serta bisa disesuaikan dengan strategi pemasaran yang tepat dan cocok untuk usaha yang Anda jalankan. Jadi, biaya pemasaran tak lagi menjadi masalah meskipun dana yang dimiliki terbatas. 

 

 

  1. Meningkatkan Hasil Penjualan

Dengan menggunakan jasa digital agency, Anda akan diberikan layanan berupa jasa pemasaran lengkap sebagai upaya untuk mempromosikan produk maupun bisnis Anda. Strategi atau taktik yang digunakan pun efektif, sehingga hasil penjualan dan keuntungan perusahaan pun dijamin akan meningkat. 

 

Setelah Anda membaca artikel ini, sekarang saatnya Anda sendiri yang perlu menjawab pertanyaan, Perlu Tidak Pebisnis Menggunakan Jasa Digital Agency Profesional di Jakarta? Jika Anda ingin bertahan dalam iklim bisnis yang lebih kondusif, dan bisa berkembang lebih pesat, tak ada salahnya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan jasa digital agency Jakarta. Semoga bermanfaat.