Apa sebenarnya Google Ads? Tahukah Anda alasan Google Ads efektif dalam digital marketing strategy?

 

Dalam proses mewujudkan tujuan bisnis di era pemasaran digital, setiap marketer berupaya menggunakan berbagai macam cara demi mendatangkan arus pengunjung (traffic) menuju suatu website atau landing page milik brand atau bisnis. Tentunya dalam menerapkan digital marketing strategy ini harus didukung dengan penggunaan platform khusus atau perangkat tertentu, yang bisa menunjang aktivitas digital marketing.

 

Salah satu perangkat yang bisa dicoba dan telah sering digunakan oleh para marketer dalam mengoptimalkan website, selain menggunakan SEO, adalah Google Ads. Pernahkah Anda mendengar tentang Google Ads

 

 

Mengenal Google Ads Lebih Dekat

Sebelum Anda menginvestasikan uang pada iklan Google Ads, alangkah baiknya Anda mengenali terlebih dulu apa itu Google AdsGoogle Ads adalah program periklanan online yang disediakan oleh Google untuk membantu siapapun menayangkan iklan secara online agar dapat menjangkau orang-orang yang tepat. 

 

Tujuan dari penayangan iklan ini, tentu saja untuk menarik perhatian orang sehingga mereka mau membeli dan menggunakan produk serta layanan yang Anda tawarkan. Bisa dikatakan, Google Ads, yang dulu lebih dikenal dengan nama Google AdWords, merupakan salah satu perangkat pemasaran digital yang dikembangkan dalam rangka membantu Anda melakukan promosi produk maupun jasa secara efektif serta dapat mendatangkan konversi traffic yang cukup tinggi untuk menciptakan sales atau penjualan. 

 

Google memproses ratusan juta pencarian kata kunci tertentu setiap harinya. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk membuat iklan yang menarik sehingga bisa menjangkau orang-orang yang sedang melakukan pencarian terkait kata kunci yang memiliki kemungkinan besar untuk terhubung dengan bisnis Anda.

 

 

Dengan menggunakan iklan Google ini, Anda jadi akan sangat terbantu dalam mempromosikan produk maupun jasa Anda dengan cara yang lebih mudah. Namun perlu diingat, Google tetap memperhitungkan quality score serta relevansi web Anda terhadap keyword yang dibidik. Jadi jangan berharap iklan akan serta-merta berhasil ketika misalnya mengiklankan produk pakaian, namun website Anda berisi berbagai informasi seputar spare part motor. Ini sangat percuma.

 

Google Ads juga memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan traffic onlinetraffic webbrand awareness atau kesadaran akan merek bisnis Anda, serta dapat menciptakan penjualan secara maksimal dengan Return Of Investment (ROI) yang besar, jika Anda melakukan optimalisasi yang lebih baik pada website.  

 

Alasan Google Ads Efektif dalam Digital Marketing Strategy

Perlu diketahui, Google Ads tidak hanya menampilkan iklan pada halaman Search Engine Result Page (SERP) saja, tetapi juga menampilkan iklan pada YouTube, aplikasi-aplikasi yang ada di playstore serta platform atau media lain yang berafiliasi dengan Google. Ini karena iklan Google mempunyai 5 format berbeda, mulai dari iklan pencarian, iklan gambar, iklan aplikasi, iklan video, dan iklan shopping.

 

 

Menggunakan Google Ads dapat menjadi jalan pintas bagi website Anda untuk bisa bertengger di halaman satu Google tanpa perlu menunggu lama. Anda tak perlu lagi disibukkan dengan terus menerus melakukan optimasi pada kata kunci tertentu, menghabiskan banyak waktu untuk membuat konten pilar, bahkan tidak perlu menunggu hingga backlink organik tumbuh.

 

Meskipun menggunakan Google Ads bisa menjadi strategi pemasaran online yang paling efektif, tetap saja Anda harus melalui tahapan trial and error. Harus pula berani melakukan berbagai percobaan dan trik agar hasil pemasangan iklan yang Anda lakukan dengan menggunakan Google Ads bisa sesuai harapan. Selain itu, Anda perlu mempelajari cara yang paling tepat dan efisien dalam menggunakan Google Ads ini agar biaya pemasangan iklan tidak menghabiskan dana promosi yang tersedia. 

 

Untuk dapat mempelajari Google Ads, Anda bisa melakukannya secara otodidak melalui berbagai website edukasi atau blog tutorial yang ada di internet. Jika perlu pengajar berpengalaman untuk memandu Anda memahami cara kerja Google Ads, Anda bisa mencoba ikut kursus Google Ads atau bekerja sama dengan penyedia jasa advertising agency Jakarta, digital marketing websitesdigital marketing agency Jakarta, dan sebagainya.