Memiliki website adalah salah satu langkah awal yang penting bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin meningkatkan kehadiran online dan memperluas jangkauan pasar.
Memiliki website adalah salah satu langkah awal yang penting bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin meningkatkan kehadiran online dan memperluas jangkauan pasar.
Namun, pembuatan website untuk UKM yang efektif perlu memperhatikan banyak hal. Berikut hal dasar yang wajib Anda perhatikan saat membuat website untuk pemasaran digital bisnis UKM.
Jika hendak membuat website sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis UKM yang sedang Anda jalani saat ini, maka buatlah website yang profesional.
Website bisa disebut sebagai website profesional jika domain yang digunakan adalah nama brand, hosting menggunakan self hosting, dan jangan lupa memilih theme atau tema tampilan website yang menarik, rapi, serta eye catching.
Beberapa poin yang perlu Anda perhatikan untuk membangun website yang profesional, antara lain:
Desain responsif adalah keharusan bagi setiap website bisnis saat ini, seperti yang dijelaskan dalam salah satu artikel HubSpot tentang website development.
Desain yang bagus, mulai dari layout, navigasi, grafis, dan unsur estetis lainnya menjadi faktor penentu user experience yang bagus juga.
Apalagi saat ini lebih dari 50% pengguna internet melakukan pencarian menggunakan perangkat mobile. Kalau desain website Anda tidak responsif, maka tampilan situs di smartphone, misalnya, jadi berantakan.
Selain itu, desain yang responsif tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga berpengaruh pada peringkat SEO situs bisnis Anda di mesin pencari.
Setelah website berhasil Anda buat, lakukan optimasi keyword, baik di setiap konten maupun setiap halaman yang ada di website.
Ada 2 jenis keyword yang bisa Anda gunakan, yaitu keyword produk dan keyword untuk content marketing.
Dalam penerapan internet marketing strategies, keduanya harus sama-sama berkualitas dan tepat agar hasil pencarian yang dilakukan oleh pelanggan jadi sempurna dan mudah ditemukan di mesin pencari.
Umumnya, keyword untuk produk akan digunakan dalam pembuatan landing page. Sementara keyword content marketing diperlukan untuk mendapatkan traffic dari audiens.
Pengertian landing page adalah halaman sales dan berfungsi sebagai halaman yang menjelaskan tentang produk yang akan ditawarkan kepada calon customer.
Landing page sangat penting untuk memastikan setiap traffic yang Anda dapat berhasil dikonversikan menjadi penjualan.
Jika ingin tahu penjelasan lengkap mengenai landing page, Anda bisa membaca beberapa rekomendasi artikel berikut:
Sementara kalau masih bingung dan kesulitan membuat landing page sendiri, ya paling cepat bekerja sama saja dengan digital marketing agency terdekat yang ada di Indonesia atau di kota Jakarta, misalnya.
Setelah landing page jadi, Anda dapat mulai menjalankan SEM atau Search Engine Marketing untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak.
Anda juga perlu melakukan analisa terkait landing page yang dibuat agar tahu halaman tersebut sudah maksimal atau kurang maksimal.
Untuk melakukan analisa, lihat seberapa efektif landing page bisa menghasilkan konversi atas traffic menjadi transaksi pembelian.
Agar hasilnya menjadi lebih baik, Anda bisa mulai dengan memasang iklan.
Pastikan iklan untuk landing page yang Anda pilih sesuai dan memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak audiens.
Alokasikan juga anggarannya agar digital campaign yang dilakukan tetap ideal dan tidak berlebihan.
Berdasarkan survei dari HubSpot, perusahaan yang mempublikasikan lebih dari 16 artikel blog per bulan mendapatkan traffic hampir 3,5 kali lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan yang mempublikasikan 0-4 artikel per bulan .
Maka wajar kalau penerbitan konten di website dianggap menjadi kunci utama dalam hal optimasi SEO. Bahkan konten adalah raja dalam dunia pemasaran digital.
Itulah sebabnya, Anda perlu memastikan website bisnis milik Anda menyajikan konten yang relevan dan berkualitas tinggi sehingga bisa menjawab kebutuhan dan pertanyaan pelanggan.
Agar semuanya terarah, pastikan content marketing yang Anda buat benar-benar Anda persiapkan dengan matang dan sebaik mungkin.
Konten dengan teknik soft selling biasanya lebih ampuh untuk memaksimalkan promosi produk.
Di saat yang sama, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan teknik soft selling ini. Mengapa? Karena jika konten soft selling tidak terarah, maka apa yang Anda buat, rencanakan, dan persiapkan, bisa jadi tidak ada artinya.
Kecepatan loading website adalah faktor penting lainnya yang sering diabaikan pemilik website bisnis.
Padahal menurut data dari Google, 53% pengguna mobile meninggalkan website yang memerlukan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat. Jika hal ini terjadi pada website bisnis, bisa dikatakan Anda kehilangan peluang mendapatkan calon pelanggan.
Untuk memastikan website memiliki kecepatan loading yang baik, optimalkan gambar, kurangi penggunaan script yang tidak perlu, dan pilih layanan hosting yang handal.
Demikian hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan website untuk UKM. Jika merasa kesulitan menerapkannya sendiri, cobalah bekerja sama dengan jasa digital marketing atau best digital agency Jakarta yang terpercaya dengan klik Kontak Redcomm.
Referensi:
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC