MENU
SEARCH KNOWLEDGE

SEO dan Faktor Penting dalam SEO

25 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 2.485  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik optimasi website agar audiens mudah menemukannya di halaman penelusuran saat mengetikkan kata kunci. 

Untuk dapat menerapkan SEO, Anda perlu memahami dulu apa itu SEO, kenapa harus pakai SEO, dan faktor penting dalam SEO. Yuk, temukan penjelasan lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu SEO?

SEO adalah teknik untuk memaksimalkan visibilitas suatu situs di mesin pencari dengan memanfaatkan SEO on page, off page, dan technical SEO. Ketika situs web lebih mudah muncul di halaman pencarian, maka kredibilitas dan kepercayaan atas situsmu juga meningkat.

Kenapa Harus Pakai SEO?

Pemilik website maupun pebisnis yang menggunakan website untuk mempromosikan dan memasarkan usahanya perlu menerapkan SEO. 

Sebab, penerapan SEO dengan cara yang tepat dan sesuai ketentuan Google akan membantu memudahkan mesin pencari menentukan peringkat web. 

Selain itu, website juga jadi lebih mudah muncul di halaman penelusuran sesuai dengan relevansi dari kata kunci atau query yang digunakan audiens.

Faktor Penting dalam SEO

Ketika pengguna internet memasukkan kata kunci tertentu (kueri) untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, Google dalam waktu kurang dari 1 detik harus memilih jutaan bahkan milyaran halaman web untuk menentukan hasil pencarian yang relevan dan dapat dipercaya. 

Nah, supaya konten / artikel di situs Anda masuk jadi salah satu halaman web yang muncul pada halaman pencarian, Anda harus memastikan halaman tersebut sudah memenuhi beberapa faktor SEO berikut:

1. Struktur dan Desain Web

Struktur dan desain website yang baik adalah yang rapi dan mudah audiens akses, baik pada perangkat desktop maupun mobile. Selain itu, harus ada navigasi yang jelas sehingga memudahkan audiens mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

2. Keamanan Website

Keamanan website dengan SSL atau TLS membantu mesin pencari mengenali situs Anda sebagai situs yang aman. Maka pastikan situs Anda memiliki tingkat keamanan yang baik. Saat ini, sudah cukup banyak provider hosting yang menyediakan free SSL sehingga Anda cukup melakukan pengaturan tanpa harus membayar.

3. Loading Speed Web

Kecepatan memuat halaman web atau loading sangat penting untuk kenyamanan pengunjung di situs Anda. Sederhananya, Anda balikkan ke diri Anda sendiri. 

Ketika butuh informasi segera, namun website yang Anda buka terlalu lambat memuat isinya, tentu Anda akan berpindah ke situs lain, kan? Itu pula yang akan dilakukan audiens saat mendapati website Anda terlalu lambat.

4. Kualitas Tulisan

Cukup banyak jargon dan nasihat dari pakar SEO yang menyebutkan kalau konten adalah kunci kesuksesan promosi digital dan penerapan strategi SEO. Hal ini ada benarnya. Sebab, konten yang informatif, original, dan bukan hasil duplikasi dari web lain sangat penting dalam SEO, sekaligus penting juga bagi audiens.

5. Image Menggunakan Alt Image

Gambar juga perlu Anda optimasi. Salah satu langkahnya dengan mengisi keterangan Alt Image dan deskripsi image. Dengan cara ini, Anda akan membantu Google Search untuk memahami gambar pada konten di halaman situs Anda.

6. Metadesc dan Meta Keyword

Meta deskripsi dan meta keyword yang relevan meningkatkan keterbacaan artikel Anda oleh mesin pencari. Itu sebabnya, Anda perlu melakukan riset kata kunci yang paling tepat dan relevan dengan kueri yang sering audiens gunakan.

7. Riset Keyword

Riset keyword atau kata kunci akan membantu Anda memperkaya isi konten dengan memastikan keterbacaan konten bagi audiens sekaligus bagi robot Google untuk memahami isi tulisan. 

Saat melakukan riset kata kunci, jangan hanya fokus pada kata kunci tertentu saja. Anda juga perlu mencari beberapa alternatif untuk menghindari spamming keyword

Misalnya menggunakan short tail keyword, long tail keyword, maupun Latent Semantic Indexing (LSI). Variasi keyword yang relevan dan beragam seperti ini dapat membantu menaikkan posisi ranking halaman web pada mesin pencari.

8. Search Intent

Mengetahui tujuan pembaca mencari kata kunci membuat Anda semakin mudah dalam menulis artikel sesuai dengan kebutuhan mereka.

9. Meta Tag

Meta tag akan deskripsi singkat yang akan muncul pada halaman pencarian. Dari meta tag ini pembaca mendapatkan gambaran, apakah artikel Anda dapat memberi jawaban atas pertanyaan mereka atau tidak. 

10. Struktur Konten

Penulisan konten dengan struktur yang baik dan penggunaan heading yang berurutan memudahkan pembaca manusia maupun mesin pencari memahami konten Anda.

11. Topic Authority

Topic authority adalah ukuran mengenai bagaimana situs web Anda menguasai suatu topik tertentu. Supaya penguasaan Anda terhadap suatu topik terlihat baik, buatlah konten yang topiknya berkesinambungan dan lengkap. 

Contohnya website Redcomm ini mengulas banyak mengenai digital marketing. Sebab, Redcomm sebagai digital agency Jakarta memiliki lini bisnis, yaitu digital marketing, yang bisa membantu pebisnis mempromosikan dan melakukan pemasaran dengan lebih baik. 

12. Gambar Menggunakan Format Webp

Format gambar Webp memudahkan tampilan blog menjadi lebih ringan tanpa mengurangi kualitas gambar.

13. Layout dan Template SEO Friendly

Layout dan template yang responsif dan SEO friendly membuat loading speed website menjadi lebih ringan dan cepat. Otomatis pengguna juga bisa lebih cepat mengakses dan berselancar di dalam situs Anda.

14. Navigasi Jelas

Menu navigasi yang jelas memudahkan pengunjung mencari informasi yang mereka butuhkan. Untuk itu, Anda perlu melengkapi situs dengan berbagai tombol navigasi sehingga pengguna bisa berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan lebih mudah dan lebih cepat.

15. Internal Link antar Artikel

Penggunaan internal link adalah faktor SEO yang cukup penting. Namun ketika memberikan internal link, pastikan artikel yang saling terhubung tersebut memiliki relevansi yang kuat. 


Faktor-faktor SEO di atas penting Anda terapkan pada situs agar tingkat visibilitas situs di mesin pencari menjadi lebih baik dan memudahkan audiens menemukan website Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER