Ingin memiliki dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan bisa sukses mencapai target? Jika iya, maka Anda perlu menggunakan marketing funnel atau sales funnel.
Ingin memiliki dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan bisa sukses mencapai target? Jika iya, maka Anda perlu menggunakan marketing funnel atau sales funnel.
Marketing funnel adalah kunci sukses bisnis dan menjadi pondasi kuat untuk membuat bisnis mendapatkan keuntungan dan bisa terus berkembang.
Cari tahu mengenai alasan marketing funnel merupakan kunci sukses berbisnis di penjelasan yang akan dijabarkan lengkap di artikel ini, yuk.
Anda pasti sudah banyak membaca berbagai literatur, artikel, maupun buku mengenai marketing funnel. Dalam penjelasan tersebut, pastinya Anda sudah mendapatkan banyak informasi.
Namun sebagai pengingat, maka pengertian marketing funnel adalah gambaran visual mengenai perjalanan calon konsumen, dari awal mula mereka tahu mengenai produk atau layanan suatu bisnis, mengambil keputusan untuk melakukan pembelian, hingga akhirnya menjadi pelanggan yang loyal.
Marketing funnel menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis yang sukses di era digital saat ini. Berikut beberapa alasan mengapa marketing funnel sangat penting bagi kesuksesan bisnis:
Memahami perjalanan calon konsumen mengenal bisnis melalui tahapan dalam marketing funnel memungkinkan Anda mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen secara lebih jelas.
Nantinya setelah Anda tahu calon konsumen berada di posisi yang mana pada sales funnel, Anda bisa membimbing dan mengarahkan konsumen secara efektif untuk mengambil tindakan tertentu yang Anda harapkan.
Misalnya menyediakan produk yang sering calon konsumen cari, kemudian mengarahkan mereka untuk segera melakukan pembelian karena sedang ada promosi atau diskon tertentu.
Cara ini jauh lebih baik daripada Anda hanya menunggu mereka secara acak menemukan produk atau layanan bisnis Anda.
Funnel marketing memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis memahami setiap step dalam customer journey.
Artinya, pada setiap tahap perjalanan konsumen mengenal bisnis, Anda bisa mencari tahu secara lebih detail apa saja yang paling mereka butuhkan. Lalu, menyediakannya.
Inilah yang nantinya akan mendorong konsumen untuk terus mengikuti arahan yang Anda berikan, dan akhirnya memperbesar peluang terjadinya konversi.
Contohnya, penerapan strategi email marketing maupun newsletter yang dipersonalisasi yang dapat meningkatkan konversi hingga 20%.
Keberhasilan strategi pemasaran maupun digital marketing, baru bisa Anda tahu kalau ada pengukuran yang spesifik.
Nah, penggunaan marketing funnel yang clear dan terstruktur sangat membantu memudahkan untuk mengukur kinerja dan hasil dari digital campaign yang Anda selenggarakan.
Dengan kata lain, marketing funnel membantu dalam melacak seberapa baik strategi yang sudah digunakan untuk mengubah leads menjadi pelanggan di setiap tahap, sekaligus mengidentifikasi di area mana saja Anda perlu melakukan perbaikan.
Di saat yang sama, Anda bisa sekalian menerapkan cara terbaik untuk menjaga, mengelola, dan mempertahankan pelanggan. Tujuannya tentu saja agar mereka bisa semakin loyal dan meningkatkan retensi pelanggan.
Setelah tahu alasan pentingnya marketing funnel sebagai kunci sukses menjalankan bisnis, selanjutnya pelajari juga cara mengoptimalkannya. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan:
Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan marketing funnel, Anda perlu melakukan riset target pasar. Tujuannya, agar Anda tahu secara pasti mengenai beberapa hal berikut:
Semua data di atas akan membantu Anda menyesuaikan dan menyusun pesan pemasaran yang tepat untuk setiap tahap marketing funnel demi bisa menjangkau lebih banyak konsumen.
Konten yang informatif, berguna, dan relevan dapat membantu Anda menarik perhatian calon pelanggan dan membimbing mereka melalui marketing funnel.
Jenis konten yang bisa Anda buat, misalnya artikel di blog, video tutorial, atau panduan yang dapat membantu calon pelanggan memahami manfaat produk atau layanan bisnis.
Pastikan semua konten yang Anda produksi sesuai dengan search intent audiens. Search intent, atau yang sering disebut dengan intentional search, adalah niat atau tujuan pengguna saat mereka melakukan pencarian online.
Ada 4 search intent yang wajib Anda tahu, yaitu informational, navigational, transactional, dan commercial.
Penjelasan lengkap mengenai search intent akan diulas secara lengkap pada artikel lain di Redcomm Knowledge.
Kinerja marketing funnel harus diukur dan dianalisis secara berkala untuk tahu strategi yang Anda gunakan berhasil atau tidak.
Untuk mengukurnya, Anda bisa memanfaatkan alat analisis, seperti:
Atau untuk pengukuran yang lebih spesifik, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency atau digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman. Kontak langsung mereka di Kontak Redcomm.
Kenapa melakukan pengukuran dan analisis penting?
Sebab, Anda bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih spesifik mengenai bagaimana prospek berinteraksi dengan situs web atau saluran pemasaran Anda.
Di saat yang sama, Anda jadi tahu, bagian mana yang sudah berhasil dan mana saja yang masih perlu perbaikan atau butuh strategi baru untuk sukses.
Agar seluruh strategi promosi dan pemasaran yang Anda terapkan tidak sia-sia, pastikan semua pelanggan yang masuk dalam saluran funnel mendapatkan pengalaman terbaik.
Dalam hal ini tidak hanya berkaitan dengan memberikan layanan pelanggan saja, tetapi juga termasuk:
Hal penting berikutnya, Anda juga perlu memperhatikan mengenai tindak lanjut yang efektif untuk semua hal yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pelanggan.
Contohnya: pengiriman email follow-up, menawarkan diskon atau promosi kepada pelanggan yang setia, atau meminta ulasan dan umpan balik untuk terus meningkatkan produk atau layanan Anda.
Marketing funnel bisa menjadi kunci sukses bagi bisnis untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan yang loyal. Dengan catatan, Anda melakukan berbagai cara optimasi yang sudah dijelaskan dalam artikel ini.
Selain itu, pastikan Anda sudah paham siapa target pasar yang mau dibidik, menyediakan konten berkualitas, melakukan analisis, dan sebagainya.
Oh ya, untuk lebih paham tentang calon konsumen, Anda juga bisa memahami dulu 7 Tahapan Marketing Funnel untuk Mengenali Customer Journey.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC