MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Contoh Peluang Usaha Menjanjikan Tahun Ini

05 Sep  · 
3 min read
 · 
eye 2.054  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Peluang usaha adalah kesempatan yang datang dan bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh keuntungan. Beberapa contoh peluang usaha menjanjikan tahun ini, seperti bisnis skincare, jasa pengiriman paket, kuliner online, dan masih banyak lagi. 

Simak yuk rekomendasi dan contoh peluang usaha yang bisa mendatangkan cuan besar di tahun ini.

7 Contoh Peluang Usaha Menjanjikan Untung Besar di Tahun 2023

1. Bisnis Skincare

Kesadaran masyarakat untuk melakukan perawatan kulit wajah dan tubuh meningkat tajam. Tak hanya perempuan, laki-laki pun sudah banyak yang mengerti betapa pentingnya merawat kesehatan kulit. Inilah yang akhirnya meningkatkan permintaan akan beragam skincare di Indonesia. 

Anda bisa mulai menjalankan peluang usaha di bidang skincare dengan cara menjadi dropshipper atau reseller, berjualan online di e-commerce atau marketplace. Bahkan bisa berjualan di media sosial, seperti TikTok dan Instagram.

2. Jasa Pengiriman Paket

Contoh peluang usaha berikutnya yang saat ini juga bisa mendatangkan keuntungan adalah membuka jasa pengiriman paket atau logistik. Hal ini karena kebiasaan berbelanja online yang digemari banyak orang karena kepraktisannya. 

Untuk memulai jasa pengiriman paket, Anda bisa membeli franchise dari jasa ekspedisi yang sudah ada atau menjadi agen pengiriman paket. Kalau punya modal lebih, Anda bahkan bisa membuka perusahaan jasa kirim paket sendiri yang sistemnya Anda tentukan sendiri.

3. Contoh Peluang Usaha Paket Tour Wisata

Ada banyak contoh peluang usaha di bidang travel yang di tahun ini mulai menggeliat. Masyarakat kembali melakukan berbagai perjalanan setelah dunia memasuki masa endemi. 

Ini bisa jadi peluang yang menguntungkan, asalkan Anda punya konsep bisnis tour and travel yang jelas dan mampu menyusun itinerary ke destinasi wisata yang menarik.

4. Usaha yang Berkaitan dengan Teknologi

Tahun ini, tren teknologi berkembang semakin canggih dan membuka banyak peluang usaha yang menjanjikan keuntungan. 

Beberapa contoh peluang usaha yang berkaitan dengan teknologi, misalnya pembuatan website bisnis, pembuatan aplikasi, atau pengembangan perangkat lunak lainnya. 

Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa SEO dan digital marketing agency jika memang memiliki keterampilan dan keahlian di bidang ini.

5. Kuliner Online

Sama seperti kebiasaan orang-orang berbelanja berbagai kebutuhan, ternyata mereka juga menggemari kulineran secara online. Maksudnya, sudah banyak orang senang membeli berbagai menu makanan secara online, baik yang sudah matang dan siap santap maupun bahan mentahnya.

Anda tinggal pilih mau memfokuskan bisnis kuliner online pada penjualan bahan-bahan masakan yang sehat, jualan makanan khas daerah, atau jual makanan dan minuman yang bisa langsung disantap oleh konsumen. Semua peluang usaha ini sama-sama berpotensi mendatangkan keuntungan lho.

6. Perawatan Kesehatan

Ketika kesadaran masyarakat meningkat untuk hidup lebih sehat, maka permintaan perawatan kesehatan juga mengalami peningkatan. 

Peluang usaha di bidang perawatan kesehatan, antara lain klinik kecantikan, personal trainer, konsultan gizi, bahkan konsultan diet.

7. Bisnis Sembako dan Toko Kelontong

Bisnis sembako adalah salah satu bisnis yang pasti dibutuhkan banyak orang sepanjang waktu selama mereka masih hidup. 

Anda bisa menjadi distributor atau grosiran sembako jika punya modal banyak. Sementara jika mau memulai bisnis ini dengan modal terbatas, ya bisa juga jadi pengecer sembako dulu.

Produk sembako yang bisa Anda jual, misalnya minyak goreng, beras, gula, tepung, dan lainnya. 

Hampir mirip dengan bisnis sembako, Anda juga bisa mencoba membuka toko kelontong. Umumnya, barang dagangan di toko kelontong jauh lebih lengkap dan tidak hanya menjual sembako saja.

Hindari Faktor Ini Kalau Tak Ingin Gagal Berbisnis

Ketika baru memulai bisnis, risiko gagal bisa saja terjadi, misalnya karena salah prediksi lokasi usaha, business plan yang kurang perencanaan, atau kehabisan modal usaha. Nah, berikut ini cara menghindari terjadinya kegagalan menangkap peluang usaha yang bisa menyebabkan kegagalan berbisnis:

1. Tidak Melakukan Analisis Peluang Usaha

Analisis peluang usaha menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kegagalan dalam memulai bisnis. Sebab, dari melakukan analisis peluang usaha, Anda bisa tahu potensi suatu peluang usaha. 

Jika potensinya bagus, ya Anda bisa langsung eksekusi dan tangkap peluang tersebut. Sementara kalau ada kemungkinan gagal karena peluang tersebut hanya bisnis musiman, mending tidak usah dilakukan. 

Untuk penjelasan mengenai analisis peluang usaha bisa Anda baca di sini: Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha.

2. Riset Pasar dan Kompetitor Kurang Akurat

Kegagalan dalam berbisnis juga bisa terjadi kalau Anda tidak mengenal siapa target market yang mau Anda tuju. Analogi sederhananya, Anda ingin menjual produk, namun Anda tidak tahu kepada siapa seharusnya Anda menjualnya. Akhirnya, Anda menjual secara acak kepada orang-orang yang belum tentu membutuhkan produk.

Di saat yang sama, kalau Anda tidak memahami siapa kompetitor dan strategi seperti apa yang mereka lakukan dalam menjalankan bisnis, ini juga bisa berakibat fatal lho. Misalnya, Anda menjual produk masker wajah dengan harga mahal. Ternyata, saingan Anda juga menjual produk yang serupa dengan harga yang lebih murah. Akhirnya, konsumen lebih memilih beli di kompetitor dan membuat produk Anda tidak laku. 

Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar secara mendalam terkait target audiens dan siapa kompetitor Anda. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup, Anda jadi tahu harus melakukan apa untuk bisa bersaing mendapatkan konsumen.


Nah, Anda sudah memiliki beberapa contoh peluang usaha yang menjanjikan keuntungan tahun ini. Adakah yang sesuai dengan model bisnis Anda? Untuk memberi gambaran lengkap mengenai peluang bisnis apa saja yang menjanjikan, Anda bisa mempertimbangkan Peluang Bisnis Startup di Tahun 2023

Sementara jika masih butuh konsultasi mengenai bisnis dan model bisnis yang sedang tren, termasuk cara memasarkannya, Anda bisa menghubungi tim dari digital agency Indonesia, baik yang berada di Jakarta, Surabaya, atau di kota tempat Anda tinggal.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER