Dalam pembuatan landing page, ada beberapa hal yang perlu Anda penuhi dan jangan sampai terlewat, seperti penggunaan judul halaman, gambar maupun video yang berkaitan dengan produk, Call To Action (CTA), deskripsi produk, dan sebagainya.
Dalam pembuatan landing page, ada beberapa hal yang perlu Anda penuhi dan jangan sampai terlewat, seperti penggunaan judul halaman, gambar maupun video yang berkaitan dengan produk, Call To Action (CTA), deskripsi produk, dan sebagainya.
Simak penjelasan lengkap tentang elemen landing page yang harus ada dalam website bisnis.
Bagi Anda yang sudah sering berkecimpung dalam bisnis online, tentu tidak asing dengan yang namanya landing page.
Landing page adalah halaman khusus yang dibuat untuk mendorong audien melakukan tindakan sesuai yang Anda sarankan agar menghasilkan conversation rate yang tinggi.
Tindakan tersebut dapat berupa mengisi formulir, memasukkan alamat email, melakukan pendaftaran, memesan produk, hingga melakukan pembelian.
Memanfaatkan halaman landing akan memudahkan calon pelanggan mengetahui apa yang sedang Anda promosikan.
Di saat yang sama, Anda juga bisa memastikan landing page memuat berbagai informasi yang relevan dengan tujuan yang ingin Anda capai, yang relevan dengan kebutuhan calon pelanggan.
Isi landing page bisa berupa informasi spesifik, produk dan layanan bisnis, hingga media digital, seperti e-book atau audio, tombol CTA, dan lain sebagainya.
Perencanaan yang tepat sangatlah penting ketika Anda akan membuat landing page, karena dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis yang Anda jalankan.
Berikut beberapa tips membuat landing page yang bisa Anda jadikan panduan.
Sebagai langkah awal, menentukan tujuan dengan jelas dapat membantu Anda menyiapkan landing page secara lebih spesifik.
Dengan cara ini, apa yang Anda inginkan, seperti meningkatnya konversi, mendapatkan lebih banyak pelanggan, mengumpulkan database pelanggan, dan semacamnya, bisa dengan mudah Anda raih.
Menentukan rancangan desain dan tampilan landing page bertujuan untuk memaksimalkan kinerjanya sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai.
Anda bisa memulainya dengan membuat beberapa poin penting yang akan dimasukkan di dalam landing page, seperti palet warna, jenis font dan ukuran font yang mau digunakan, hingga image yang harus ada.
Selain itu, buat juga rancangan penulisan copywriting yang menjual, halaman produk, navigasi yang jelas, dan sebagainya.
Judul atau headline adalah elemen pertama yang audiens lihat ketika memasuki halaman landing page. Maka Anda perlu membuat judul yang menarik, singkat, jelas, sekaligus menggambarkan keseluruhan halaman.
Logikanya, ketika Anda membaca suatu judul berita atau informasi, maka secara tidak langsung Anda akan memutuskan untuk lanjut mencari tahu atau tidak.
Nah, supaya headline bisa menarik perhatian, sebaiknya gunakan ukuran font yang agak besar dan tebal agar lebih mudah terbaca.
Lalu, gunakan power word pada judul, singkat saja, namun bisa bikin penasaran.
Selain membuat judul yang menarik, Anda juga harus berusaha menciptakan opening pada halaman landing semenarik mungkin.
Pilihlah kata-kata yang bisa memberikan rasa penasaran pada calon pelanggan, sehingga mereka ingin mencari tahu lebih jauh tentang produk, brand, atau layanan yang ditawarkan.
Pada bagian ini, Anda bisa menjelaskan secara singkat mengenai produk yang ditawarkan, beserta kelebihan dan manfaatnya bagi konsumen.
Selanjutnya, sertakan pula latar belakang kenapa Anda mempromosikan produk tersebut, dan benefit apa yang akan didapatkan konsumen jika melakukan pembelian produk dalam jangka waktu yang sudah Anda tentukan.
Orang kadang kepo dengan latar belakang bisnis yang produknya mau mereka beli atau bisnis yang hendak mereka ajak bekerja sama.
Maka alangkah baiknya Anda menyediakan informasi mengenai apa dan bagaimana bisnis berkembang, siapa klien yang sudah menggunakan jasa Anda, dan jenis layanan bisnis apa saja yang tersedia.
Pembuatan deskripsi juga penting pada setiap bagian yang ada di dalam landing page, agar informasi yang pelanggan butuhkan tersedia lengkap dan jelas.
Penulisan deskripsi sebaiknya tidak bertele-tele dan terlalu panjang. Cukup singkat dan mudah dipahami.
Dari deskripsi ini pula, calon konsumen bisa mengenal Anda dan bisnis Anda dengan lebih baik, kemudian memutuskan apakah akan melakukan konversi atau tidak.
Elemen landing page yang penting dan berperan besar dalam menciptakan konversi adalah tombol Call to Action (CTA).
Untuk memaksimalkan CTA, sediakan dulu tombolnya yang terlihat jelas. Kemudian, gunakan frasa kata yang kuat dan mendorong audiens untuk klik, misalnya:
Ingin tahu lebih banyak tentang Call to Action? Coba baca ulasannya dalam beberapa artikel berikut:
Gambar, video, GIF, infografis, atau tampilan visual lainnya yang berkualitas tinggi dapat meningkatkan daya tarik landing page.
Misalnya, halaman landing berisi berbagai produk unggulan, maka pastikan foto produknya jelas, jernih, dan tidak buram.
Selain itu, penggunaan gambar atau foto harus relevan dengan produk, layanan, atau informasi yang ada pada landing page.
Anda perlu mencantumkan informasi kontak yang jelas, benar, dan bisa dihubungi. Misalnya alamat email, nomor telepon call center (jika ada), no handphone khusus bisnis, dll.
Adanya kontak ini memungkinkan audiens bisa menghubungi Anda ketika membutuhkan informasi lebih lanjut, ingin bertanya, atau mungkin malah mengajak Anda bekerja sama.
Bahkan saat Anda mau menghubungi digital agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia, seperti Redcomm Indonesia, Anda tinggal klik Kontak Redcomm.
Untuk membuat bisnis terpercaya dan kredibel, Anda perlu menghadirkan bukti. Nah, menampilkan ulasan pelanggan di landing page bisa menjadi salah satu cara. Ini juga sebagai bentuk social proof lho.
Selain itu, menampilkan review positif dari pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk, jasa, atau layanan bisnis Anda, bisa mendatangkan lebih banyak calon pelanggan yang penasaran, dan akhirnya ikut mencoba menggunakan produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan.
Ingat, bisnis yang berkembang cepat adalah bisnis yang bermanfaat dan bisa jadi solusi untuk berbagai permasalahan audien.
Maka Anda juga bisa menjelaskan berbagai manfaat produk dan layanan yang Anda sediakan dalam landing page. Prinsipnya, pastikan informasi ini berfokus pada solusi yang bisa Anda tawarkan ya.
Landing page yang efektif adalah kunci kesuksesan dalam pemasaran digital. Dengan memastikan elemen landing page di atas ada pada website bisnis, Anda dapat memperbesar peluang terjadinya konversi. Yuk, terapkan langsung cara membuatnya dengan membaca artikel berjudul Cara Membuat Landing Page.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC