Pemasaran online maupun penerapan digital marketing saat ini sangat penting untuk dipelajari, terutama bagi Anda yang sedang membangun bisnis dan ingin menjangkau lebih banyak konsumen melalui pemanfaatan berbagai platform di internet. Tidak hanya melalui media sosial saja, namun Anda sebenarnya bisa memanfaatkan media promosi lain, seperti website dan mobile apps. Pertanyaannya, website vs mobile apps untuk digital marketing, mana yang lebih baik? 

 

Website vs Mobile Apps untuk Digital Marketing: Mana yang Lebih Baik?

Pada dasarnya, berbagai platform yang tersedia di internet bisa dimanfaatkan sebagai media promosi dan pemasaran. Hanya saja, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, Anda perlu mempelajari keuntungan dan kerugian dari penggunaan setiap platform, serta jangan lupa menyesuaikannya pula dengan produk, layanan, maupun bisnis yang sedang Anda kembangkan.

 

Ada bisnis yang cocok dipromosikan melalui website. Di sisi lain, banyak bisnis yang lebih berkembang dengan menggunakan mobile apps. Tak dipungkiri pula, ada cukup banyak bisnis yang malah bisa dijalankan di keduanya secara bersamaan. Tetapi, jika Anda memilih opsi terakhir, yaitu menjalankan strategi digital marketing bisnis Anda, di website sekaligus di mobile apps, tentu banyak biaya yang perlu Anda siapkan dan dibutuhkan waktu serta banyak tenaga pula untuk melakukan analisis dari penggunaan kedua platform tersebut. 

 

Alangkah baiknya, sebelum Anda mengambil keputusan untuk menggunakan salah satu atau menggunakan keduanya, Anda mencari tahu terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari penerapan digital marketing di website dan mobile apps.

 

Baik website maupun mobile apps, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan kedua media promosi online tersebut. Anda mungkin saja menggunakan keduanya secara bersamaan, namun tentunya akan lebih sulit menemukan yang benar-benar cocok dengan bisnis Anda.

 

Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online dengan Website vs Mobile Apps

Jika Anda tertarik melakukan promosi secara online, dan sedang mempertimbangkan website atau aplikasi mobile dalam prosesnya, berikut beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan website vs mobile apps yang perlu Anda pertimbangkan.

 

 

Kelebihan Pemasaran Online Menggunakan Website

Melakukan promosi online menggunakan website adalah cara yang banyak dilakukan oleh para pebisnis, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Meskipun saat ini media sosial semakin mendominasi, namun penggunaan website untuk memasarkan dan mengembangkan bisnis sangat patut diperhitungkan dampak positifnya. Berikut kelebihan yang akan Anda dapatkan kalau melakukan strategi promosi menggunakan website, antara lain:

 

  1. Jangkauan Pasar yang Luas hingga Keluar Negeri

Dengan menggunakan website, maka jangkauan pasar Anda akan menjadi sangat luas. Hal ini dikarenakan, banyaknya pengguna internet yang pastinya akan berselancar di mesin pencari. Asalkan Anda memanfaatkan website dengan cara maksimal dan menggunakan kata kunci yang tepat, terutama kata kunci yang banyak dicari orang, Anda bisa membuat para pengguna internet tersebut berkunjung ke website Anda. Dengan cara ini, peluang Anda jadi semakin besar untuk menjangkau calon konsumen dan bahkan menjadikan mereka sebagai konsumen setia untuk produk dan bisnis Anda.

 

  1. Informasi Lengkap dengan Akses 24 Jam Penuh

Media pemasaran digital menggunakan website akan memberikan informasi yang lebih lengkap dan detail mengenai produk maupun jasa yang sedang Anda tawarkan dengan akses 24 jam penuh. Artinya, semua informasi yang sudah Anda tayangkan di website, bisa diakses oleh siapa pun dalam waktu tak terbatas. 

Calon konsumen bisa berkunjung ke website Anda dari mana pun dan kapanpun mereka membutuhkan informasi. Mereka bisa mencari tahu dengan lebih mudah mengenai produk, layanan, serta bisnis Anda, termasuk melihat-lihat foto, gambar, atau video pendukung lainnya. Selanjutnya, mereka bisa jadi akan menghubungi Anda untuk menanyakan hal-hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut.

 

  1. Bisa Tingkatkan Kredibilitas

Melakukan pemasaran online melalui website bisa Anda manfaatkan pula untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Di dalam website tersebut, Anda bisa mencantumkan pencapaian apa saja yang pernah diraih perusahaan, menampilkan testimoni maupun ulasan dari para pelanggan, penghargaan, dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui masyarakat umum bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan terpercaya. 

 

 

Kekurangan Pemasaran Online Menggunakan Website

Setelah mengetahui kelebihan dari pemasaran online menggunakan website, kini saatnya Anda mengetahui pula kekurangan-kekurangan melakukan strategi digital marketing menggunakan website.

 

  1. Sulit Mencapai Target Pengunjung

Jika sebelumnya disebutkan bahwa jangkauan pasar bisnis Anda jadi semakin luas, maka ini ada benarnya. Tetapi, ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkannya. Di era digital saat ini, tidak hanya Anda sendiri saja yang menjalankan bisnis secara online. Memasuki masa pandemi covid-19 di awal tahun 2020 lalu, hampir semua pebisnis harus banting setir dari offline menjadi berbisnis online demi bertahan hidup. Nah, otomatis sekarang persaingan bisnis di dunia online menjadi semakin ketat untuk untuk bisa mendapatkan tempat terbaik di pencarian Google.

 

Untuk bisa mendapatkan tempat terbaik di mesin pencari Google, Anda tentu saja perlu menerapkan teknik SEO, tahu cara meningkatkan traffic website, paham dengan baik penggunaan keyword, dan sebagainya. Jika Anda belum mampu untuk mengerjakan semua hal tersebut sendirian, Anda bisa menggunakan jasa SEO dari salah satu best digital agency Jakarta yang terpercaya. Mereka sudah pasti memiliki tim yang bagus untuk membantu Anda. Menggunakan jasa SEO bisa menjadi solusi terbaik agar website Anda dapat berada di halaman 1 hasil pencarian. 

 

  1. Terlalu Banyak Spam

Dalam website bisnis, Anda tentu mencantumkan nomor HP maupun email. Hal tersebut membuat Anda akan lebih mudah mendapatkan banyak gangguan. Salah satunya, mendapatkan spam melalui SMS dan email. Ini tidak bisa dihindari secara langsung, Anda hanya perlu lebih berhati-hati dalam menanggapinya.

 

  1. Harus Memiliki Desain Responsif

Ketika Anda menggunakan website untuk keperluan marketing, Anda harus memperhatikan desain yang digunakan. Menggunakan desain website yang responsif akan memudahkan pengunjung ketika mereka mengakses situs web Anda dari berbagai perangkat. Jika desain yang Anda gunakan tak responsif, bisa mempengaruhi kecepatan loading website. Akibatnya tentu saja website Anda bisa ditinggalkan pengunjung akibat loading yang lambat. 

 

Pemasaran Online dengan Mobile Apps

Selain menerapkan pemasaran menggunakan website, Anda juga bisa membuat aplikasi khusus untuk mempermudah konsumen. Aplikasi khusus yang lebih dikenal dengan nama mobile apps ini sebenarnya ditujukan untuk pengguna internet yang lebih banyak menggunakan gadget atau smartphone. Nah berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan pemasaran online dengan menggunakan mobile apps.

 

Kelebihan Pemasaran Online dengan Mobile Apps

Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan kalau melakukan promosi online menggunakan mobile apps:

 

  1. Saluran Pemasaran Langsung

Mobile apps merupakan salah satu teknik melakukan pemasaran online secara langsung, di mana konsumen bisa mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan hanya dengan menggunakan ponsel, baik itu mengenai bisnis dan produk Anda secara umum, promosi yang sedang berlangsung, dan program-program menguntungkan lainnya.  

 

  1. Dapat Meningkatkan Penjualan

Dengan menggunakan mobile apps, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk berinteraksi dengan para pelanggan secara mudah dan cepat serta dapat meningkatkan penjualan. Jika Anda membangun mobile apps yang langsung dalam bentuk online store, Anda juga bisa sekaligus mendorong pelanggan untuk berbelanja produk yang Anda tawarkan. 

 

  1. Memperluas Merek Bisnis

Anda bisa memperluas merek bisnis dikarenakan saat ini penggunaan apps store pun semakin populer di kalangan masyarakat. Sehingga, peluang Anda untuk memperluas merek bisnis semakin terbuka lebar.

 

 

Kekurangan Pemasaran Online dengan Mobile Apps

Selain kelebihan, maka ada pula beberapa kekurangan mobile apps jika digunakan untuk keperluan digital marketing, di antaranya:

 

  1. Terbatas

Untuk mendapatkan aplikasinya, terkadang membutuhkan platform yang berbeda, baik untuk iPhone maupun Android. Artinya, Anda perlu membuat dua versi aplikasi untuk masing-masing perangkat.

 

  1. Harus Melakukan Upgrade

Untuk menggunakan aplikasi, pengguna harus melakukan download terlebih dahulu. Dalam pemakaiannya pun, pelanggan perlu rajin melakukan upgrade sekaligus update untuk memiliki aplikasi versi terbaru. Biasanya, pengguna jarang sekali melakukan update aplikasi, sehingga mereka akan sulit mendapatkan konten terbaru dari Anda.

 

  1. Biaya

Untuk mengembangkan sebuah aplikasi, Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama jika aplikasi yang Anda inginkan sangat kompleks, tentu akan memerlukan modal yang lebih besar dalam proses pembuatannya. Otomatis, Anda perlu menyiapkan modal dalam jumlah yang cukup demi bisa mengembangkan aplikasi yang tak asal jadi. 

 

Setelah mengetahui keuntungan dan kekurangan menerapkan digital marketing menggunakan website atau mobile apps, maka sekarang Anda sendiri yang harus mulai mempertimbangkan, mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda, serta yang bisa membantu bisnis Anda berkembang menjadi lebih besar.