Pemasaran online maupun penerapan digital marketing saat ini sangat penting untuk bisnis, terutama kalau Anda ingin bisnis mengalami pertumbuhan signifikan, memiliki online presence yang kuat, dan mampu menjangkau lebih banyak konsumen.
Pemasaran online maupun penerapan digital marketing saat ini sangat penting untuk bisnis, terutama kalau Anda ingin bisnis mengalami pertumbuhan signifikan, memiliki online presence yang kuat, dan mampu menjangkau lebih banyak konsumen.
Dalam prosesnya, Anda bisa menggunakan situs web maupun aplikasi mobile untuk menarik dan membangun interaksi dengan pelanggan.
Tetapi kemudian muncul pertanyaan, antara website dan mobile apps, mana yang lebih baik untuk mencapai tujuan pemasaran digital?
Nah di artikel ini, Anda bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan website dan mobile apps untuk penerapan strategi digital marketing. Yuk, langsung baca saja.
Pada dasarnya, berbagai platform yang tersedia di internet bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi dan pemasaran. Hanya saja, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Untuk itu, Anda perlu mempelajari kelebihan dan kekurangan dari penggunaan setiap platform, serta jangan lupa menyesuaikannya pula dengan produk, layanan, maupun bisnis yang sedang Anda kembangkan.
Ada bisnis yang cocok dipromosikan melalui website. Di sisi lain, banyak bisnis yang lebih berkembang dengan menggunakan mobile apps. Tak dipungkiri pula, ada cukup banyak bisnis yang malah bisa dijalankan di keduanya secara bersamaan.
Tetapi, jika Anda memilih opsi terakhir, yaitu menjalankan strategi digital marketing di website sekaligus di mobile apps, tentu banyak biaya yang perlu Anda siapkan.
Di saat yang sama, Anda juga perlu menyiapkan waktu dan tenaga untuk mengembangkan kedua platform secara bersamaan untuk mengoptimalkan kinerja keduanya.
Itulah sebabnya, lakukan pertimbangan sebaik mungkin sebelum Anda mengambil keputusan untuk menggunakan salah satu atau menggunakan keduanya.
Paling utama, Anda harus benar-benar paham kelebihan dan kekurangan website dan mobile apps untuk penerapan digital marketing.
Melakukan promosi online menggunakan website adalah cara yang banyak dilakukan para pebisnis, mulai dari skala kecil hingga skala besar.
Meskipun saat ini media sosial semakin mendominasi, namun penggunaan website masih memberi banyak manfaat dan berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis.
Berikut kelebihan yang akan Anda dapatkan kalau melakukan strategi promosi menggunakan website, antara lain:
Dengan menggunakan website, jangkauan pasar bisnis Anda akan menjadi sangat luas. Hal ini dikarenakan, banyaknya pengguna internet yang pastinya akan berselancar di mesin pencari.
Dengan catatan, Anda juga menggunakan website responsive untuk mendapatkan lebih banyak traffic, menerapkan tips SEO, hingga melakukan optimasi website secara berkala.
Selain itu, Anda juga perlu memaksimalkan penggunaan kata kunci yang banyak dicari orang. Inilah yang nanti akan membawa banyak pengguna internet berkunjung ke website bisnis milik Anda.
Dengan cara ini, peluang Anda jadi semakin besar untuk menjangkau calon konsumen, bahkan menjadikan mereka sebagai konsumen setia untuk produk dan bisnis Anda.
Media pemasaran digital menggunakan website akan memberikan informasi yang lebih lengkap dan detail mengenai produk maupun jasa yang sedang Anda tawarkan dengan akses 24 jam penuh.
Artinya, semua informasi yang sudah Anda tayangkan di website, bisa diakses oleh siapa pun dalam waktu tak terbatas.
Calon konsumen bisa berkunjung ke website dari mana pun dan kapanpun mereka membutuhkan informasi.
Mereka bisa mencari tahu dengan lebih mudah mengenai produk, layanan, serta bisnis Anda, termasuk melihat-lihat foto, gambar, atau video pendukung lainnya.
Selanjutnya, mereka juga bisa menghubungi Anda untuk menanyakan hal-hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut.
Melakukan pemasaran online melalui website bisa Anda manfaatkan pula untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan dan membangun brand identity.
Anda bisa mencantumkan pencapaian apa saja yang pernah diraih perusahaan hingga menampilkan testimoni maupun ulasan positif dari pelanggan.
Selain itu, Anda juga bisa mempublikasikan penghargaan dan informasi penting lainnya yang perlu masyarakat ketahui tentang perusahaan.
Setelah mengetahui kelebihan website, kini saatnya Anda mengenali kekurangan melakukan strategi digital marketing menggunakan website.
Jika sebelumnya disebutkan bahwa jangkauan pasar bisnis Anda jadi semakin luas kalau menggunakan website untuk menerapkan strategi digital marketing. Ini ada benarnya.
Tetapi, ada banyak upaya yang harus Anda lakukan untuk meraih dan mendapatkan audiens yang tepat dan relevan untuk bisnis Anda. Sementara persaingan bisnis di dunia online juga semakin ketat.
Mau tidak mau, Anda memerlukan strategi yang mumpuni untuk bisa mendapatkan tempat terbaik di pencarian Google.
Misalnya dengan menerapkan teknik SEO untuk meningkatkan traffic website, tahu cara riset keyword yang benar untuk memenangkan hasil pencarian dan penggunaannya secara tepat, serta upaya lainnya.
Memang sih ada solusinya kalau Anda belum mampu mengerjakan semua hal tersebut. Karena saat ini Anda bisa menggunakan jasa SEO dari salah satu best digital agency Jakarta atau digital marketing agency Jakarta seperti Redcomm.
Tim yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun membantu banyak brand mendapatkan posisi terbaik di SERP Google ini tentu akan dengan senang hati membantu Anda. Hubungi tim kami dengan klik Kontak Redcomm ya.
Pada website bisnis, Anda perlu mencantumkan nomor HP maupun email sehingga calon pelanggan yang perlu berkomunikasi dengan Anda bisa langsung menghubungi Anda.
Sayangnya pencantuman saluran komunikasi tersebut malah berpotensi menimbulkan banyak gangguan. Salah satunya, Anda akan sering mendapatkan spam melalui SMS, telpon, hingga email.
Ini tidak bisa dihindari secara langsung, Anda hanya perlu lebih berhati-hati dalam menanggapinya.
Ketika memilih menggunakan website untuk keperluan marketing dan pemasaran, Anda harus memperhatikan desain web yang digunakan.
Menggunakan desain website yang responsif akan memudahkan pengunjung mengakses situs web Anda dari berbagai perangkat.
Jika desain yang Anda gunakan tidak responsif, bisa mempengaruhi kecepatan loading website. Akibatnya tentu saja website Anda bisa ditinggalkan pengunjung akibat loading yang lambat.
Selain menerapkan pemasaran menggunakan website, Anda juga bisa membuat aplikasi mobile untuk memudahkan interaksi konsumen dengan bisnis Anda.
Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan kalau melakukan promosi online menggunakan mobile apps:
Mobile apps adalah salah satu teknik melakukan pemasaran online secara langsung, di mana konsumen bisa mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan hanya dengan menggunakan ponsel.
Artinya, konsumen akan menjadi lebih mudah saat mereka perlu mengakses informasi yang berkaitan dengan bisnis maupun produk Anda, mendapatkan info promosi yang sedang berlangsung, dan semua prosesnya minim distraksi dari kompetitor.
Penggunaan mobile apps memungkinkan pelanggan hanya berinteraksi penuh dengan bisnis Anda tanpa ada distraksi produk maupun ulasan mengenai kompetitor.
Hal ini karena aplikasi mobile ini kan buatan Anda, sehingga cara kerjanya berbeda dengan cara kerja search engine.
Inilah yang membuat konsumen bisa fokus hanya pada bisnis Anda, dan akhirnya memperbesar peluang terjadinya konversi dan dapat meningkatkan penjualan.
Anda bisa memperluas merek bisnis dikarenakan saat ini penggunaan apps store pun semakin populer di kalangan masyarakat. Peluang Anda untuk memperluas merek bisnis semakin terbuka lebar.
Selain kelebihan, maka ada pula beberapa kekurangan mobile apps yang perlu Anda tahu, yaitu:
Untuk mendapatkan aplikasinya, terkadang membutuhkan platform yang berbeda, baik untuk iPhone maupun Android.
Artinya, Anda perlu membuat dua versi aplikasi untuk masing-masing perangkat sehingga bisnis Anda bisa menjangkau audiens yang menggunakan dua versi mobile tersebut.
Untuk menggunakan aplikasi, pengguna harus melakukan download terlebih dahulu. Dalam pemakaiannya pun, pelanggan perlu rajin melakukan upgrade sekaligus update untuk memiliki aplikasi versi terbaru.
Biasanya, pengguna jarang sekali melakukan update aplikasi karena bisa membuat memori ponsel mereka penuh. Tetapi akibatnya mereka jadi sulit mendapatkan konten maupun promosi terbaru dari bisnis Anda.
Untuk mengembangkan aplikasi, Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama jika aplikasi yang Anda inginkan sangat kompleks.
Otomatis, Anda perlu menyiapkan modal dalam jumlah yang cukup demi bisa mengembangkan aplikasi yang tak asal jadi.
Jadi, antara Website vs Mobile Apps untuk Digital Marketing: Mana yang Lebih Baik? Jawaban untuk pertanyaan ini hanya bisa Anda yang bisa jawab sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Jika pilihan Anda jatuh pada website, maka gunakan Cara Meningkatkan Page View Website Agar Traffic Stabil Sepanjang Waktu, sehingga bisnis Anda terus bertumbuh.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC