MENU
SEARCH KNOWLEDGE

6 Tips untuk Membuat Konten Media Sosial Anda Lebih Mudah Diakses

19 Jun  · 
1 min read
 · 
eye 1.099  
Social Media

redcomm

Saat ini, media sosial telah menjadi platform yang kuat untuk berbagi informasi dan berinteraksi dengan audiens. Namun, tidak semua orang memiliki akses yang sama ke konten media sosial. 

Untuk itu, penting bagi kita sebagai pengguna media sosial dan pembuat konten untuk memastikan bahwa konten yang kita buat dapat diakses oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan. 

Konten media sosial yang mudah diakses memungkinkan audiens untuk lebih terlibat dan berinteraksi dengan brand. Para marketer dapat memanfaatkan fitur-fitur aksesibilitas seperti caption, deskripsi gambar, dan transkripsi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. 

Dengan meningkatnya keterlibatan, brand dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens, meningkatkan kesadaran merek, dan mempengaruhi keputusan pembelian.

Berikut adalah enam strategi untuk membuat konten media sosial Anda lebih mudah diakses oleh semua orang.

1. Gunakan Deskripsi Gambar dan Alt Text

Sebagai pembuat konten media sosial, kita seringkali menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan. Namun, bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan, gambar tersebut tidak dapat diakses dengan mudah. Baca artikel kami mengenai media sosial.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyediakan deskripsi gambar dan alt text yang menjelaskan isi dari gambar tersebut. Hal ini akan memungkinkan mereka yang menggunakan pembaca layar atau teknologi bantu lainnya untuk memahami konten gambar yang kita bagikan.

2. Gunakan Caption yang Informatif

Ketika mengunggah video atau audio di media sosial, kita perlu memberikan caption yang informatif. Caption ini akan membantu mereka yang memiliki gangguan pendengaran untuk tetap dapat mengikuti konten yang kita bagikan.

Pastikan caption yang kita buat akurat dan menggambarkan dengan baik apa yang sedang terjadi dalam video atau audio yang kita unggah.

3. Pertimbangkan Kontras Warna

Kontras warna yang baik dapat membuat konten media sosial kita lebih mudah terbaca oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki masalah penglihatan.

Pilihlah kombinasi warna yang kontras, seperti menggunakan warna teks yang terang pada latar belakang yang gelap atau sebaliknya. Ini akan membantu meningkatkan aksesibilitas konten kita.

4. Gunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag dapat membantu meningkatkan visibilitas konten media sosial kita. Namun, pastikan kita menggunakan hashtag yang relevan dan dapat dipahami oleh semua orang. Hindari penggunaan hashtag yang terlalu panjang atau sulit dimengerti.

Hal ini akan memastikan konten kita dapat ditemukan oleh orang-orang yang tertarik dengan topik yang kita bahas.

5. Sediakan Transkripsi untuk Konten Audio atau Video

Jika kita menggunakan konten audio atau video dalam media sosial kita, penting untuk menyediakan transkripsi yang dapat diakses.

Transkripsi ini akan membantu mereka yang memiliki keterbatasan pendengaran atau yang lebih suka membaca daripada mendengarkan. Pastikan transkripsi yang kita berikan akurat dan lengkap.

6. Gunakan Gaya Penulisan yang Tepat dan Bahasa yang Mudah Dipahami

Gaya penulisan yang jelas dan tepat sangat penting dalam membuat konten media sosial yang lebih mudah diakses. Gunakan kalimat yang singkat dan langsung ke point, hindari penggunaan kalimat yang rumit atau ambigu.

Ini akan memudahkan semua orang untuk memahami pesan yang ingin kita sampaikan. 

Selain itu, kita perlu menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua orang. Hindari penggunaan jargon atau bahasa yang terlalu teknis.

Hal ini akan memudahkan mereka yang memiliki keterbatasan literasi atau yang bukan penutur asli bahasa untuk memahami konten yang kita bagikan.

Dengan membuat konten media sosial lebih mudah diakses, kita secara efektif memperluas jangkauan audiens kita. Bukan hanya bagi mereka yang memiliki keterbatasan, tetapi juga bagi mereka yang menggunakan perangkat dan teknologi yang berbeda untuk mengakses konten. Dengan jangkauan yang lebih luas, kita dapat meningkatkan visibilitas brand atau pesan yang ingin disampaikan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER