Fanpage Facebook adalah alat pemasaran yang sangat berguna untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis. Memiliki halaman fans ini akan memudahkan Anda meningkatkan brand awareness, membangun komunitas, hingga menghemat biaya promosi dan pemasaran
Fanpage Facebook adalah alat pemasaran yang sangat berguna untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis. Memiliki halaman fans ini akan memudahkan Anda meningkatkan brand awareness, membangun komunitas, hingga menghemat biaya promosi dan pemasaran
Baca dulu penjelasan lengkap mengenai Fanpage Facebook, manfaatnya, dan mengapa Anda perlu memilikinya di artikel Redcomm Knowledge ini.
Fanpage Facebook adalah halaman khusus yang dibuat di platform Facebook untuk merepresentasikan bisnis, organisasi, selebriti, merek, atau minat tertentu.
Ada banyak kegunaan menggunakan halaman fans di Facebook, mulai dari untuk memperkuat kesadaran akan merek dan produk, hingga membagikan konten menarik, berita terbaru, atau bisa juga untuk menjalankan strategi promosi dan pemasaran yang lebih efektif.
Meskipun sama-sama berada di dalam Facebook, namun fanpage berbeda tempat dengan akun Facebook personal yang biasa Anda gunakan.
Keistimewaan Fanpage Facebook, antara lain:
Seperti dalam salah satu laporan dari Social Media Examiner, cukup banyak digital marketer maupun pebisnis digital mengakui kalau Facebook adalah platform media sosial yang memiliki manfaat paling penting bagi bisnis.
Hal yang sama pernah dibahas dalam penelitian yang dilakukan HubSpot mengenai banyak orang menggunakan Facebook untuk tujuan profesional dan bisnis. Adapun berbagai manfaat dari penggunaan fanpage Facebook, antara lain:
Pengguna aktif bulanan Facebook ada kurang lebih 2,8 miliar pengguna, menurut Statista. Nah jumlah pengguna sebanyak ini tentunya berpotensi membuat materi promosi dan iklan yang Anda tayangkan di Fanpage Facebook akan dilihat banyak orang.
Jangkauan pasar yang luas dan banyaknya orang yang mengenal bisnis dan produk Anda sudah tentu bisa meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan visibilitas merek di dalam masyarakat.
Menggunakan Fanpage Facebook memungkinkan Anda berinteraksi secara langsung dengan audiens, misalnya dengan membalas komentar, menjawab pertanyaan, atau memberikan dukungan pelanggan secara real-time.
Tersedianya berbagai fitur, yaitu postingan, live video, dan polling, juga membantu Anda menciptakan dialog dua arah, sehingga halaman menjadi lebih dinamis dan interaktif.
Nah interaksi, perhatian, respons yang cepat terhadap kebutuhan pelanggan akan mendatangkan keuntungan, seperti loyalitas pelanggan akan mengalami peningkatan, memberi dampak positif terhadap tingkat engagement, meningkatkan visibilitas di algoritma Facebook.
Interaksi yang konsisten dan solid pada akhirnya tak hanya untuk membangun komunitas dan basis pelanggan yang kuat, tetapi juga bisa memperluas jangkauan pemasaran serta menjadi fondasi yang kuat untuk kesuksesan bisnis jangka panjang.
Facebook menyediakan berbagai alat pemasaran yang bisa digunakan melalui Fanpage, yaitu Facebook Ads, Insight, dan fitur posting yang dapat Anda jadwalkan.
Data pada insight cukup lengkap dan membantu menggali consumer insight untuk membidik konsumen premium.
Lalu nantinya semua data yang Anda dapatkan bisa berguna saat perlu menjalankan Facebook Ads untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik berdasarkan demografi, minat, dan perilaku.
Anda pasti sudah tahu kan, kalau algoritma mesin pencari, seperti Google, memperhitungkan aktivitas sosial dalam penentuan peringkat.
Ketika konten yang Anda bagikan di Facebook memiliki banyak interaksi, seperti likes, shares, dan comments, ini dianggap sebagai sinyal positif oleh mesin pencari, sehingga peringkat situs bisnis Anda pun mengalami peningkatan di halaman hasil pencarian.
Oleh karena itu, pastikan Anda sering membuat konten dan posting di Fanpage Facebook. Kemudian sertakan juga tautan yang mengarahkan audiens untuk mengunjungi situs web bisnis. Postingan di sini bisa berbentuk artikel blog, halaman produk, atau penawaran khusus.
Traffic yang berasal dari media sosial cenderung lebih terlibat karena audiens telah menunjukkan minat awal melalui interaksi dengan konten di Facebook.
Potensi terjadinya tindakan lebih lanjut dari audiens yang berminat sangat mungkin terjadi, misalnya melakukan pembelian atau pendaftaran untuk layanan yang Anda sediakan.
Setelah tahu manfaat Fanpage Facebook, mungkin terlintas di kepala Anda satu pertanyaan, “Apakah bisnis juga perlu memiliki Fanpage di Facebook?” Jawaban atas pertanyaan ini sebenarnya tergantung pada kebutuhan Anda.
Namun untuk memberikan pertimbangan dan masukan, tak ada salahnya Anda lanjutkan membaca untuk tahu, kenapa bisnis perlu halaman fans di Facebook.
Dengan lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif bulanan, Facebook menyediakan platform yang bisa membantu bisnis membangun interaksi dengan calon pelanggan.
Setiap konten yang Anda posting memiliki potensi untuk dilihat, disukai, dibagikan, dan dikomentari oleh pengguna di seluruh dunia, tanpa batasan geografis.
Inilah yang nantinya membuat bisnis bisa lebih berkembang, menjangkau pasar yang luas melampaui pasar lokal, meningkatkan kesadaran merek hingga berpotensi mencapai audiens yang lebih besar dan lebih beragam.
Reputasi bisnis terbentuk dari ada tidaknya kepercayaan dari pelanggan. Nah, Anda bisa membangun kepercayaan melalui aktivitas membagikan informasi yang bermanfaat. Misalnya:
Pelanggan yang melihat Fanpage Facebook Anda aktif, sering melakukan pembaharuan konten, bahkan responsif menanggapi komentar dan masukan dari pelanggan, akan merasa lebih percaya kalau bisnis Anda mengerti kebutuhan mereka.
Memperkuat kepercayaan pelanggan tak hanya berguna untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, namun juga bisa menarik lebih banyak calon pelanggan baru lho.
Fanpage memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengumpulkan feedback langsung dari pelanggan.
Anda bisa mengetahui apa yang mereka sukai, apa yang perlu diperbaiki, dan bagaimana Anda bisa meningkatkan layanan atau produk.
Di era digital seperti sekarang feedback dan insight menjadi kunci kesuksesan bisnis. Pemilik bisnis perlu memiliki semua data terkait kedua hal tersebut untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat.
Dengan alasan itu pula, ada banyak perusahaan yang sampai bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia, atau digital agency yang berlokasi di Jakarta untuk membantu mereka mendapatkan semua data tersebut.
Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, menggunakan Fanpage Facebook untuk promosi jauh lebih hemat biaya.
Manfaatkan fitur posting untuk memproduksi banyak konten organik yang menarik perhatian dan bisa membuat calon pelanggan mencari tahu tentang bisnis Anda. Ini saja sudah bisa mendatangkan banyak pelanggan dengan cara yang gratis.
Kalau ingin hasil yang lebih berdampak dan kebetulan punya budget-nya, tak ada salahnya sesekali memasang iklan berbayar menggunakan Facebook Ads.
Jangkauan iklan di Facebook sangat luas dan biaya yang Anda butuhkan untuk menjalankan iklan berbayar juga sangat terjangkau.
Facebook terus mengembangkan fitur-fiturnya untuk mendukung bisnis. Misalnya, fitur Facebook Shop bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk secara langsung melalui Fanpage.
Lalu ada juga fitur Event yang sangat memudahkan ketika Anda mau menyelenggarakan acara atau promosi khusus.
Fitur penting berikutnya, ada fitur insight dan Facebook Ads. Fitur insight yang disediakan Facebook memungkinkan Anda melacak dan mengukur kinerja konten dan iklan, serta membantu Anda mengenal audiens dengan baik, termasuk mempelajari customer journey.
Lalu fitur Facebook Ads adalah fitur untuk memasang iklan tertarget berdasarkan lokasi, demografi, minat, dan perilaku pelanggan. Memanfaatkan fitur ini akan membuat Anda jadi lebih mudah menjangkau orang-orang yang lebih mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda.
Ada banyak manfaat dan alasan bisnis perlu memiliki Fanpage Facebook. Sudahkah Anda memiliki dan menggunakan halaman fans di Facebook? Jika belum baca dan ikuti Cara Membuat Fanpage di Facebook yang Mudah dan Praktis.
Referensi:
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC