Setiap bisnis, terutama yang berbasis digital business akan berjalan maksimal jika memiliki strategi yang tepat demi menjangkau pelanggan saat melakukan social media campaign. Ada berbagai free tools social media analytics yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi interaksi followers terhadap akun bisnis Anda. Untuk kali ini, Redcomm Knowledge akan berbagi perangkat yang sederhana dan bisa digunakan secara gratis. 

 

Mengapa Perilaku Followers Harus Diidentifikasi? 

Ketika menjalankan bisnis menggunakan media sosial, Anda perlu memperhatikan perilaku pelanggan ataupun target konsumen yang Anda cari. Mempelajari apa saja yang mereka lakukan dan butuhkan di media sosial akan membuat Anda menemukan hal-hal baru yang nantinya membantu mengoptimalkan media sosial bisnis Anda. Selain itu, Anda jadi bisa terus membangun hubungan yang solid dengan pengikut di akun Anda, dalam hal ini berupa pelanggan potensial. 

 

Sama seperti hubungan baik antara dua orang yang saling membantu, hubungan bisnis sebenarnya juga sama. Sejalan dengan proses mengembangkan serta mempertahankan sebuah bisnis, diperlukan hubungan yang terjalin baik antara kedua belah pihak, pebisnis dan konsumen. Biasanya, pelanggan akan merasa terikat dengan produk maupun brand Anda, ketika Anda sebagai pebisnis atau pemilik usaha memberi perhatian lebih kepada mereka. Perhatian yang dimaksud di sini bisa dalam bentuk ucapan terima kasih, perhatian dalam bentuk memberi ucapan atau hadiah kecil di momen spesial mereka, atau bisa juga cukup dengan mendengarkan keluhan dan masukan mereka terkait pengalaman menggunakan produk. 

 

 

Ini Daftar Free Tools Social Media Analytics untuk Mengidentifikasi Berbagai Perilaku Followers

Mempelajari perilaku followers akun media sosial bisnis termasuk hal penting untuk dilakukan, karena dari sinilah Anda dapat menentukan konsep promosi dan penjualan yang cocok dengan preferensi perilaku pengikut Anda. 

 

Anda bisa menyiapkan berbagai digital marketing strategist jitu untuk menambah relasi dan memperluas jangkauan pengikut. Sebagai contoh, banyak dari pelanggan maupun pengikut akun Anda yang sering membagikan berbagai unggahan Anda pada status mereka. Ini strategi promosi yang mirip dengan word of mouth, kepuasan satu pelanggan akan mendatangkan lebih banyak pelanggan. 

 

Dari kebiasaan tersebut, Anda bisa membuat sebuah konsep dan strategi, di mana dengan membagikan postingan yang menarik dan unik, pengikut bisa mendapatkan potongan harga setiap melakukan pembelian produk. Lalu, bagaimana cara terbaik mempelajari perilaku mereka? Anda bisa menggunakan berbagai free tools social media analytics berikut ini. 

 

  1. Facebook Insight  

Jika menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur analisis yang tersedia di dalamnya. Facebook telah menyediakan fitur analisis yang canggih, yakni Facebook insight. Di dalam fitur ini, terdapat berbagai detail informasi statistik terkait followers, seperti organic statistics, paid reach and engagement. Anda juga bisa melihat berapa banyak jumlah pengunjung halaman, previews, tindakan yang mereka ambil, melihat usia, jenis kelamin, dan geographic, serta demographics audiens Anda. 

 

 

  1. Instagram Insight 

Hampir sama dengan Facebook insight, Instagram insight juga menawarkan informasi statistik pengunjung pada akun Anda. Seperti interaksi apa saja yang dilakukan, akun yang berhasil dijangkau, dan lain sebagainya. Bahkan dari data insight di Instagram, Anda bisa tahu kapan seharusnya jadwal dan jam yang bagus bagi Anda untuk mengunggah konten-konten yang bisa menjangkau lebih banyak audiens, serta bisa meningkatkan followers Instagram.  

 

  1. YouTube Analytics 

Saat Anda mempromosikan produk menggunakan konten video di YouTube, Anda bisa menemukan fitur free tool social media analytics yang didesain sesuai dengan data statistik pemutaran video. Fitur ini hampir sama dengan yang lainnya, dan terdapat perbandingan analytics setiap bulan. Mempelajari data analitik pada fitur yang sudah tersedia di YouTube bisa membantu Anda menentukan, konten seperti apa yang nanti harus dibuat demi mendapatkan views yang lebih banyak. 

 

  1. Hootsuite 

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui 3 alat analisis yang built-in atau tersedia di dalam platform media sosial, Hootsuite adalah alat analisis yang berdiri sendiri dan mampu memberikan data analisis lebih dari satu media sosial. Bisa dikatakan, Hootsuite adalah aplikasi pihak ketiga yang tetap memiliki banyak kelebihan dan bisa membantu memudahkan Anda dalam melakukan kontrol atas kinerja setiap akun media sosial bisnis yang Anda kelola. 

 

 

  1. Boardreader 

Bagi Anda yang ingin menggunakan alat analisis dengan tampilan lebih sederhana, coba Boardreader. Dengan tampilan grafis yang informatif, Anda dapat membaca sejauh mana konten yang Anda tampilkan memiliki interaksi kepada target audiens yang Anda tetapkan. 

 

Nah, itulah daftar free tools social media analytics yang dapat Anda jadikan sebagai alat identifikasi perilaku pengikut Anda di media sosial. Anda bisa mempelajarinya, kemudian menerapkan berbagai strategi digital marketing yang menguntungkan. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa berkolaborasi untuk melakukan analisis followers ini dengan social media agency atau salah satu digital agency Indonesia yang sudah berpengalaman dalam penerapan yang tepat sasaran terkait social media and digital marketing.