Twitter hanya memberikan 280 karakter yang dapat Anda gunakan untuk menuliskan status. Hal ini, membuat banyak pebisnis menganggap Twitter sebagai platform media sosial yang sangat dasar. Namun faktanya, dengan memperhatikan Twitter analytics, banyak pemasar yang kemudian melihat kesuksesan dalam strategi pemasaran media sosial di Twitter, atau sering disebut dengan Twitter marketing.

 

Masalah Umum yang Sering Dihadapi dalam Penerapan Twitter Marketing

Ada beberapa hal, yang dapat memberikan Anda wawasan mengenai seberapa baik Anda berinteraksi dengan audiens dari status Twitter, baik itu tweet, tayangan, keterlibatan, atau klik. Namun, masalah umum yang sering dihadapi oleh perusahaan yang akan melakukan Twitter marketing adalah mereka tidak tahu cara terbaik yang harus diambil saat melakukan analisis data Twitter. 

 

Ini berarti, perusahaan tersebut tidak paham, mengapa postingan konten di Twitter bisa berhasil, atau sebaliknya, justru gagal. Padahal, yang perlu dilakukan adalah memahami data analytic. Dengan melihat data, tidak sekadar menunjukkan kepada Anda bagaimana konten Twitter bisa berhasil menarik audiens, tetapi juga memberikan wawasan agar Anda bisa lebih sukses lagi dalam penerapan strategi Twitter marketing.

 

Jika dapat memahami cara menganalisis data Twitter secara menyeluruh, hal tersebut akan membantu untuk lebih mempopulerkan merek Anda dan meningkatkan brand of voice. Pengumpulan data dapat menunjukkan kepada Anda, cara kerja marketing dan tren Twitter marketing yang bisa diikuti di masa mendatang.

 

 

Apa Itu Data Analytics Twitter?

Data analytics Twitter merupakan kumpulan informasi mengenai audiens, titik akses, apa yang ada di post, dan bagaimana audiens melihat atau menggunakan status kiriman milik Anda. Terkadang data ini tampak agak samar, karena banyaknya data yang dikumpulkan dalam satu tweet.  

 

Dengan kata lain, data analytics Twitter adalah kumpulan informasi yang dapat membantu Anda untuk mengukur dan menganalisis perkembangan Twitter, sehingga Anda dapat melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengembangkan akun Twitter bisnis Anda.

 

Dengan informasi dari data Twitter ini, Anda dapat mengetahui mengenai demografi, total orang atau pengguna yang mengklik profil, dan dapat mengetahui berapa banyak pengguna Twitter yang melihat kiriman tweet Anda. Dengan mempelajari data, memungkinkan Anda untuk memahami cara penggunaannya dan memahami pola konten Twitter.

 

Cara Mengukur Data Twitter

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengukur data Twitter. Ini juga tergantung, seberapa dalam Anda menginginkan Twitter analytics akun Anda. Tentunya, ada beberapa pilihan yang dapat memberikan Anda analisis mendalam. 

 

Pada Twitter, sudah tersedia fitur data analytics bawaan yang dapat memberikan Anda akses data tambahan, selain fitur pembagian (share), suka (like), dan retweet. Ya, beberapa tahun terakhir ini, Twitter terus berupaya meningkatkan fitur analytics-nya untuk kebutuhan pengiklan, pemasaran, dan masyarakat umum.

 

Saat ini ada lima analytics utama di Twitter:

 

  1. Account Home

Ada beberapa data yang dapat Anda lihat di beranda atau account home Anda, yakni:

 

  • Tweet adalah jumlah status atau postingan yang sudah Anda kirim.
  • Tayangan tweet adalah jumlah frekuensi pengguna melihat tweet Anda.
  • Kunjungan Profil adalah jumlah frekuensi profil Anda diklik dari tweet Anda atau pencarian.
  • Sebutan adalah jumlah berapa kali nama pengguna Twitter Anda digunakan di tweet pengguna lain.
  • Pengikut adalah jumlah pengikut yang mengikuti akun Twitter Anda, ditambah beberapa pengikut baru yang mengikuti.

 

 

  1. Tweet Activity

Tweet activity atau aktivitas Twitter dapat memberikan Anda gambaran luas mengenai jumlah tweet serta tayangan organik (tidak termasuk tayangan yang dipromosikan) untuk periode waktu tertentu. Berikut ini beberapa hal yang termasuk Tweet activity:

 

  • Tayangan.
  • Keterlibatan.
  • Rasio keterlibatan atau total keterlibatan dibagi dengan tayangan.

 

  1. Audience Insights

Selanjutnya, ada audience insights atau wawasan audiens. Data Twitter Anda memang dapat berubah. Hal ini, bergantung dari tipe audiens Anda. Nah, dengan Twitter analytics, Anda dapat melihat wawasan audiens untuk semua pengguna Twitter, pengikut, dan juga audiens. Selain itu, Anda dapat menambahkan perbandingan audiens yang bisa digunakan untuk analisis pesaing. Data yang akan Anda lihat setelah memilih audiens, seperti:

 

  • Minat teratas adalah subjek yang kemungkinan besar memiliki kesamaan dengan audiens Anda.
  • Bahasa teratas adalah bahasa yang sering digunakan audiens Anda.
  • Jenis minat teratas adalah kategori gaya hidup yang paling umum atau banyak dibahas untuk atau oleh audiens Anda.
  • Jejak seluler adalah operator yang paling banyak digunakan oleh audiens Anda.

 

Persentase audiens ini dapat memberikan Anda gambaran yang lebih mendalam mengenai minat dari audiens di Twitter, sehingga Anda dapat membuat konten yang paling banyak diminati oleh audiens.

 

  1. Browse Events on Twitter

Browse events on Twitter, atau menjelajah peristiwa di Twitter, jelas menjadi hal penting yang harus Anda lakukan. Mengetahui peristiwa yang sedang berlangsung, yang mungkin ada kaitannya dengan perusahaan, membuat Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini. Hal ini, tentu saja akan menjadi nilai plus bagi audiens Twitter. 

 

Untuk memenuhi aspek browse event on Twitter ini, Anda bisa melihat acara penting yang sedang berlangsung, seperti berikut ini:

 

  • Olahraga.
  • Film.
  • Tren Berulang.

 

Namun, Anda tetap harus berhati-hati jika melakukan tweet tentang peristiwa yang terkait dengan audiens atau merek Anda.

 

Anda perlu menggunakan informasi di Twitter untuk mendapatkan ide yang lebih baik terkait berbagai hal yang sedang terjadi di Twitter sehingga Anda bisa dengan mudah membuat promosi seputar acara tertentu.

 

 

  1. Data Lainnya

Nah, lanjut untuk data lainnya yang Anda butuhkan demi memaksimalkan Twitter marketing. Anda bisa coba cek beberapa hal berikut ini:

 

  • Kartu Twitter - Di bagian ini, Anda dapat melihat URL, menempatkan upaya, dan retweet. Selain itu, Anda dapat memilih rentang tanggal tertentu untuk melihat perubahan seiring waktu, jenis kartu, tautan, pemberi pengaruh, tweet, dan sumber seputar kartu Twitter.
  • Video (Beta). Di bagian ini, Anda akan melihat seputar penayangan, rasio penyelesaian, total menit ditonton, dan persentase retensi untuk video Anda.
  • Manajer Aplikasi. Di Twitter, Anda bisa menambahkan berbagai aplikasi yang memang digunakan untuk membantu mendapatkan pengguna yang sudah ditargetkan, dan untuk mengoptimalkan konten Anda.
  • Pelacakan Konversi. Anda dapat menghubungkan tag situs bisnis ke Twitter. Dengan demikian, pelacakan audiens dapat dilakukan berdasarkan situs. Tidak hanya itu, Anda pun dapat menggunakan pelacakan konversi untuk mengetahui peristiwa penting dan relevan. Nantinya data dari bagian ini bisa membantu Anda mempersiapkan campaign di Twitter, pembaruan, atau perubahan situs untuk mempengaruhi lalu lintas Twitter.

 

Dengan mengoptimalkan data analytics Twitter, Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan audiens. Sehingga, konten tersebut sukses menarik interaksi dan berhasil menerapkan prinsip Twitter marketing bagi akun Anda.

 

Dalam menjalankan strategi Twitter marketing yang sukses, Anda juga bisa berkolaborasi dengan dengan creative digital agency atau digital marketing agency Jakarta. Biasanya, tim yang ada di digital marketing agency Jakarta tersebut memiliki keahlian dalam pelaksanaan strategi social media campaign. Mereka juga berpengalaman dalam penerapan digital marketing strategi. Salah satunya, Anda bisa menghubungi Redcomm Digital Agency Marketing Indonesia.

 

 

Nah, itulah beberapa cara memaksimalkan Twitter marketing dengan menggunakan data analytics. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!