Twitter atau platform X memang memiliki keterbatasan karakter dan hanya memungkinkan untuk menuliskan status sebanyak 280 karakter. Wajar kalau banyak pebisnis menganggap Twitter kurang efektif sebagai media promosi dan pemasaran.
Twitter atau platform X memang memiliki keterbatasan karakter dan hanya memungkinkan untuk menuliskan status sebanyak 280 karakter. Wajar kalau banyak pebisnis menganggap Twitter kurang efektif sebagai media promosi dan pemasaran.
Di saat yang sama, ternyata cukup banyak pula brand yang sudah menerapkan Twitter marketing dan berhasil meraih kesuksesan strategi pemasaran yang diterapkan. Hal ini terlihat dari data insight yang tertampil dalam Twitter analytics.
Jadi, bagaimana cara memaksimalkan Twitter marketing dengan menggunakan data analytics? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel Redcomm Knowledge kali ini.
Masalah umum yang sering perusahaan hadapi saat melakukan Twitter marketing adalah tidak tahu cara terbaik untuk melakukan analisis data Twitter. Artinya perusahaan belum memahami dengan baik mengapa konten yang diposting di Twitter bisa berhasil, atau sebaliknya, gagal.
Selain itu, beberapa masalah lainnya yang umum terjadi dalam menerapkan Twitter marketing, antara lain:
Cara meminimalkan masalah adalah berupaya memahami data analytics dengan baik, mulai dari seberapa baik Anda berinteraksi dengan audiens dari status Twitter, baik itu tweet, tayangan, keterlibatan, atau klik.
Kemudian harus tahu pula konten seperti apa yang disukai audiens, hingga perencanaan dan implementasi strategi yang relevan.
Seluruh data yang Anda dapatkan dari analytics Twitter akan membantu tim pemasaran bisa lebih sukses dalam penerapan strategi Twitter marketing. Manfaat lain dari analisis data insight, yaitu mempopulerkan brand, meningkatkan brand of voice, serta membuat Anda jadi bisa terus mengikuti tren Twitter marketing di masa mendatang.
Data analytics Twitter adalah kumpulan informasi mengenai audiens, titik akses, apa yang ada di unggahan, dan bagaimana audiens melihat atau menggunakan status kiriman akun Anda.
Meskipun terkadang data ini agak samar, karena banyaknya data yang dikumpulkan dalam satu tweet, tetap saja semua informasi di dalamnya akan sangat berguna untuk mengembangkan akun Twitter bisnis.
Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika memanfaatkan data analytics Twitter:
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengukur data Twitter, tergantung seberapa dalam Anda menginginkan Twitter melakukan analisis.
Apalagi beberapa tahun terakhir Twitter terus berupaya meningkatkan fitur analisis untuk kebutuhan pengiklan, pemasaran, dan masyarakat umum.
Saat ini, ada lima analytics utama di Twitter yang bisa Anda gunakan, yaitu:
Pada saat membuka Twitter analytics, Anda akan menemukan halaman beranda atau account home. Di sini terdapat beberapa data analytics yang bisa Anda lihat, antara lain:
Tweet activity atau aktivitas Twitter adalah informasi mengenai jumlah tweet serta tayangan organik (tidak termasuk tayangan yang dipromosikan) untuk periode tertentu. Berikut beberapa hal yang termasuk tweet activity:
Selanjutnya, ada audience insights atau wawasan audiens. Data insight ini akan memberikan gambaran mengenai tipe audiens Anda, baik yang sudah mengikuti akun Twitter Anda maupun masih berstatus non followers.
Jika ingin sekalian melakukan analisis kompetitor, maka tinggal tambahkan perbandingan audiens. Lalu setelah memilih audiens, Anda bisa mendapatkan beberapa data di sini, yaitu:
Persentase audiens ini dapat memberikan gambaran lebih mendalam mengenai minat dari audiens di Twitter, sehingga Anda dapat membuat konten yang paling banyak menarik minat audiens.
Browse events on Twitter atau menjelajah peristiwa di Twitter jelas menjadi hal penting yang harus Anda lakukan. Alasannya karena Anda perlu memanfaatkan setiap peristiwa yang bisa jadi relevan dengan bisnis Anda, sekaligus menarik bagi audiens.
Untuk memenuhi aspek browse event on Twitter, Anda bisa melihat acara penting yang sedang berlangsung, seperti olahraga, film, dan tren berulang.
Namun, Anda tetap harus berhati-hati jika melakukan tweet tentang peristiwa yang terkait dengan audiens atau merek.
Hindari segala sesuatu yang kontroversial, mengandung SARA, atau malah yang malah menciptakan image jelek bagi brand.
Pada prinsipnya, Anda perlu memanfaatkan semua informasi yang Anda dapatkan di Twitter secara maksimal untuk menemukan ide yang lebih baik dan supaya konten Tweet Anda bisa menarik perhatian banyak audiens.
Untuk data lainnya yang Anda butuhkan demi memaksimalkan Twitter marketing, coba cek beberapa hal berikut:
Di bagian ini, Anda dapat melihat URL dan retweet. Selain itu, Anda dapat memilih rentang tanggal tertentu untuk melihat perubahan seiring waktu, jenis kartu, tautan, pemberi pengaruh, tweet, dan sumber seputar kartu Twitter.
Anda akan menemukan data seputar penayangan, rasio penyelesaian, total menit ditonton, dan persentase retensi untuk video Anda.
Di Twitter, Anda bisa menambahkan berbagai aplikasi. Terutama aplikasi yang bisa membantu menjangkau target audiens serta untuk mengoptimalkan kinerja konten.
Anda dapat menghubungkan tag situs bisnis ke Twitter untuk melakukan pelacakan audiens berdasarkan situs. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan pelacakan konversi untuk mengetahui peristiwa penting dan relevan.
Nantinya data ini bisa membantu Anda mempersiapkan campaign di Twitter, pembaruan konten, atau untuk melakukan perubahan pada situs web sehingga dapat meningkatkan traffic di Twitter.
Dengan mengoptimalkan data analytics Twitter, Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan audiens. Konten yang relevan akan sukses menarik interaksi dan berhasil menerapkan prinsip Twitter marketing bagi akun Anda.
Dalam menjalankan strategi Twitter marketing yang sukses, Anda bisa berkolaborasi dengan dengan creative digital agency atau digital marketing agency Jakarta.
Biasanya, tim yang ada di digital marketing agency Indonesia memiliki keahlian dalam melaksanakan strategi social media campaign. Mereka juga berpengalaman dalam penerapan digital marketing strategi. Salah satunya, Anda bisa menghubungi Kontak Redcomm.
Demikian penjelasan mengenai cara memaksimalkan Twitter marketing dengan menggunakan data analytics. Oh ya, Twitter pernah lho buka-bukaan tentang algoritma penting di platformnya. Coba baca artikelnya ya, siapa tahu berguna untuk Anda. Klik linknya di sini: Algoritma Twitter.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC