MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tips Memasarkan Produk di TikTok Shop

22 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 3.974  
Social Media

redcomm

TikTok Shop adalah solusi bagi pebisnis untuk memudahkan konsumen melakukan pembelian produk langsung di aplikasi TikTok. Jadi begitu konsumen tertarik dengan konten atau iklan Anda di TikTok, mereka bisa langsung membeli produk tanpa harus berpindah aplikasi. Yuk, kenali jenis iklan di TikTok Shop dan tips memasarkan produk di TikTok dalam artikel ini. 

Jenis-jenis Iklan untuk TikTok Shop

Sebelum Anda mencari tahu lebih banyak mengenai TikTok shop, ada baiknya Anda membaca beberapa artikel berikut yang berkaitan dengan TikTok, seperti: 

Jika sudah, sekarang waktunya Anda mencari tahu lebih banyak berbagai fitur yang ada di TikTok, termasuk mengenai jenis iklan di TikTok yang bisa membantu Anda mempromosikan dan memasarkan produk dan layanan bisnis di TikTok. Beberapa jenis iklan yang tersedia di TikTok shop, antara lain:

1. Collection Ads

Collection Ads adalah jenis iklan TikTok Shop yang memungkinkan brand menambahkan slide terkait produk. Setiap slide bisa menampilkan produk berbeda. Artinya, satu kali pasang iklan memungkinkan Anda menampilkan beberapa produk sekaligus.

Audiens yang menemukan iklan Anda dalam bentuk video in-feed, bisa menggeser slide demi slide

Lalu ketika mereka melakukan klik pada salah satu slide, mereka akan langsung dibawa menuju ke halaman galeri di mana tersedia lebih banyak produk beserta informasinya secara detail. Bahkan audiens bisa langsung melakukan pembelian. 

Nah, menggunakan jenis iklan ini memungkinkan Anda mengarahkan traffic menuju ke website brand. Selain itu, menggunakan collection ads memungkinkan Anda mempromosikan produk dengan sistem penawaran waktu terbatas, penjualan musiman, atau untuk promosi produk baru. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan penjualan

2. Dynamic Showcase Ads (DSA)

Dynamic Showcase Ads (DSA) adalah jenis iklan TikTok Shop yang memungkinkan brand mempromosikan ribuan atau bahkan jutaan produk. Bagaimana caranya? 

Anda dapat melakukan strategi digital marketing dengan mempersonalisasi konten video yang akan Anda tayangkan.

TikTok telah membuat banyak pilihan template DSA berbentuk video singkat yang dilengkapi musik serta teks untuk memudahkan brand menggunakannya. 

Selain itu, dynamic showcase ads juga dapat memudahkan Anda membuat iklan video yang lebih tertarget berdasarkan minat dan aktivitas belanja audiens. 

Contoh: kembali menjangkau audiens yang sudah memasukkan produk ke keranjang belanja, namun belum menyelesaikan pembelian.

3. Lead Generation

Di platform TikTok, Anda juga dapat mengumpulkan informasi pengguna melalui formulir online menggunakan iklan dengan model lead generation yang tersedia sebagai iklan video in-feed.

Jenis iklan TikTok Shop yang satu ini cocok bagi brand dengan siklus penjualan lebih lama, seperti produk di bidang jasa. 

Tips Memasarkan Produk di TikTok Shop

Setelah memahami jenis-jenis iklan TikTok Shop, Anda juga perlu tahu cara memasarkan produk melalui aplikasi tersebut, seperti:

1. Mengoptimalkan Katalog Produk untuk TikTok

Pastikan Anda mengoptimalkan tab Tiktok Shop sebagai etalase untuk menarik pelanggan. Lalu saat menambahkan gambar atau foto produk, pastikan ada ciri khas tertentu yang membuat konsumen bisa mengingat produk Anda. 

Jangan lupa untuk memberi nama produk dengan maksimal 34 karakter, beserta informasi dasar produk tersebut. Sementara informasi yang lebih detail mengenai produk bisa Anda tulis pada bagian deskripsi.

2. Mempromosikan Produk di TikTok Shop

Apabila ingin mempromosikan katalog produk di TikTok Shop, maka jangan menunggu audiens menemukan sendiri tab belanja di akun Anda. Cobalah membuat konten yang dapat mengarahkan audiens untuk berbelanja. Misalnya dengan menggunakan CTA yang menarik.

Cara lain, buat video yang berisi konten organik. Namun di dalam video tersebut ada Anda menyebutkan tentang produk Anda beserta kegunaannya.

3. Mengajak Influencer Bekerja Sama

Dalam menarik minat audiens untuk melihat dan membeli produk, Anda juga bisa membuat konten yang unik dan dibumbui humor. 

Namun jika tidak berpengalaman dalam membuat konten dengan tema tersebut. Anda bisa bekerja sama dengan influencer TikTok atau digital marketing agency Jakarta

Dengan strategi social media marketing campaign di TikTok yang tepat, brand Anda akan semakin dikenal luas oleh calon konsumen. 

Mengenal jenis-jenis iklan yang tersedia di TikTok Shop dan menerapkan tips memasarkan produk di TikTok Shop seperti yang sudah Anda baca di atas, semoga bisa membuat bisnis Anda berkembang pesat. 

Lalu agar memaksimalkan tingkat keberhasilan promosi yang Anda lakukan di TikTok, tak ada salahnya Anda menghindari berbagai kesalahan yang mungkin terjadi. Cek di sini 3 Kesalahan Promosi di TikTok yang Harus Anda Hindari.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER