Sebagai platform media sosial yang digandrungi banyak kalangan dan dari berbagai usia, TikTok tak hentinya berinovasi untuk memanjakan para penggunanya. Bukan hanya dari segi hiburan atau entertainment-nya saja, TikTok juga memperhatikan pebisnis online dan brand yang selama ini memanfaatkan platform TikTok untuk penerapan strategi digital marketing. Itulah sebabnya, TikTok meluncurkan fitur baru sejak September 2021 bernama TikTok Shop

TikTok Shop adalah solusi bagi pebisnis untuk mempermudah konsumen melakukan pembelian produk. Mulai dari bisnis rumahan, UMKM, UKM, hingga brand besar bisa menggunakan fitur ini. TikTok Shop menjadi solusi bagi konsumen untuk melakukan transaksi pembelian hanya melalui satu aplikasi media sosial, tanpa perlu membuka marketplace atau e-commerce lain.

Jenis-jenis Iklan untuk TikTok Shop

jenis Iklan untuk TikTok Shop

Pada Redcomm Knowledge, sudah banyak pembahasan mengenai cara promosi bisnis di TikTok yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu, sebelum mulai memanfaatkan fitur TikTok Shop dan mengenal berbagai jenis iklan di TikTok Shop. Beberapa artikel mengenai TikTok, di antaranya:

 

Jika Anda sudah mengenal dan memanfaatkan TikTok untuk bisnis, juga sudah mencoba berbagai fitur yang ada dalam platform media sosial ini untuk mempromosikan bisnis, maka selanjutnya Anda bisa mengenal berbagai jenis iklan untuk TikTok Shop.

  1. Collection Ads

Collection Ads adalah jenis iklan TikTok Shop yang memungkinkan brand menambahkan slide terkait produk. Dengan memanfaatkan collection ads, audiens dapat menggeser tampilan dalam bentuk video in-feed-nya. 

Setiap slide bisa menampilkan berbagai produk berbeda untuk Anda jual. Saat Anda melakukan klik pada slide, Anda akan menuju ke halaman galeri, di mana Anda dapat menelusuri produk lebih detail hingga melakukan pembelian.

Anda bahkan dapat menggunakan jenis iklan ini untuk mengarahkan traffic pengguna menuju ke website brand. Tak hanya itu, menggunakan collection ads untuk mempromosikan produk dengan sistem penawaran waktu terbatas dan penjualan musiman bisa berpotensi meningkatkan penjualan. Atau, Anda juga bisa memanfaatkannya ketika meluncurkan produk terbaru.

mempromosikan ribuan atau bahkan jutaan produk

  1. Dynamic Showcase Ads (DSA)

Dynamic Showcase Ads (DSA) merupakan jenis iklan TikTok Shop yang memungkinkan brand untuk mempromosikan ribuan atau bahkan jutaan produk. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan strategi digital marketing dengan mempersonalisasi konten video yang akan Anda tayangkan.

TikTok telah membuat banyak pilihan template DSA berbentuk video singkat yang dilengkapi musik serta teks untuk memudahkan brand menggunakannya. Selain itu, dynamic showcase ads tentu akan menghasilkan iklan video yang audiensnya tertarget berdasarkan minat dan aktivitas belanja mereka. Umpamanya, item yang ditambah ke keranjang atau produk-produk yang sudah mereka lihat sebelumnya.

  1. Lead Generation

Di platform TikTok, Anda juga dapat mengumpulkan informasi pengguna melalui formulir online menggunakan iklan dengan model Lead generation. Lead generation tersedia pada iklan video dalam feed. Jenis iklan TikTok Shop yang satu ini cocok bagi brand dengan siklus penjualan lebih lama, seperti produk di bidang jasa.

Untuk lebih memahami lead generation, sudah tersedia berbagai artikel yang bisa Anda baca, seperti:

 

Tips Memasarkan Produk Melalui TikTok Shop

Setelah memahami jenis-jenis iklan TikTok Shop, Anda juga perlu tahu cara memasarkan produk melalui TikTok Shop, seperti:

  1. Mengoptimalkan Katalog Produk untuk TikTok

Pastikan Anda mengoptimalkan tab Tiktok Shop pada akun Anda sebagai etalase untuk menarik pelanggan. Kemudian, saat menambahkan gambar atau foto dari produk, Anda perlu memiliki ciri khas yang membuat konsumen mudah mengenali produk yang Anda tawarkan.

Tak hanya itu, nama produk juga harus sesuai dengan maksimal batas karakter, yaitu 34 karakter dan menyertakan informasi dasar terkait produk. Informasi yang lebih lengkap bisa Anda tulis pada bagian deskripsi.

mempromosikan tiktok shop

  1. Mempromosikan Produk dan Memberi Tahu Audiens tentang TikTok Shop Anda

Apabila ingin berhasil mempromosikan katalog produk Anda melalui TikTok Shop, maka jangan menunggu audiens menemukan sendiri tab belanja di akun Anda. Cobalah buat beberapa konten TikTok khusus yang bisa mengarahkan audiens untuk berbelanja, bahkan Anda bisa sesekali menyebutkan produk yang Anda jual pada unggahan konten TikTok organik.

  1. Mengajak Influencer Bekerja Sama

Dalam menarik minat audiens untuk melihat dan membeli produk Anda, Anda juga bisa membuat konten yang unik dan dibumbui humor. Akan tetapi, jika Anda tidak berpengalaman dalam membuat konten tema tersebut. Anda bisa bekerja sama dengan influencer TikTok atau digital marketing agency Jakarta. Jadi, selain TikTok Shop Anda ramai dikunjungi, brand Anda juga bisa lebih mudah untuk dikenali konsumen.

Mengenal jenis-jenis iklan pada TikTok Shop dan memanfaatkannya secara optimal bisa menjadi cara memasarkan produk melalui TikTok Shop secara efektif dan berpotensi mendatangkan keuntungan. Selain berpromosi melalui TikTok, Anda juga memerlukan berbagai strategi marketing di media sosial dan website untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan penjualan.