Bagi setiap pebisnis, penjualan adalah target utama yang selalu ingin dicapai. Hanya dengan melakukan penjualan, arah kelangsungan bisnis dapat ditentukan. Jika penjualan tidak sesuai harapan dan terjadi dalam waktu yang lama, bisnis bisa saja disebut gagal. Begitu pun sebaliknya, ketika bisnis selalu mencapai target penjualan, ini akan berguna untuk meningkatkan profit usaha.

 

Permasalahannya, mencapai target penjualan bukanlah perkara mudah. Akan ada banyak tantangan dan hal yang perlu dikerjakan agar hasilnya maksimal. Nah, bagi Anda yang ingin mencapai target penjualan, ada beberapa pedoman dasar dan strategi berbisnis yang perlu Anda perhatikan dan ikuti.

 

Tips Meningkatkan Profit Usaha yang Terbukti Ampuh

 

 

  1. Tetapkan Target yang Realistis

Pedoman dasar pertama yang perlu Anda ikuti agar selalu mencapai target penjualan  adalah menetapkan target secara realistis. Dalam banyak kasus, sebagian besar pebisnis tidak dapat mencapai target penjualan karena terlalu memaksakan diri meningkatkan profit. Mereka salah menetapkan target dengan memilih jumlah yang kurang masuk akal. 

 

Target penjualan yang berlebihan harus dihindari karena sangat sulit dicapai. Meskipun Anda berdalih ini hanya untuk memacu semangat dan motivasi, target yang tidak realistis justru akan menambah beban kerja karyawan.

 

Karyawan yang bekerja di bawah tekanan menjadi mudah panik dan stres. Dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin perusahaan Anda akan ditinggalkan. Jadi, tetapkan saja target yang realistis dan sesuai dengan kondisi pasar.

 

  1. Tetapkan Batas Waktu yang Sesuai

Jika Anda telah menetapkan target yang realistis, pedoman selanjutnya yang perlu diikuti adalah menetapkan tenggat waktu. Tenggat waktu ini sangat perlu ditentukan agar Anda lebih semangat mencapai target penjualan dan tidak terbiasa menunda pekerjaan. 

 

Batas waktu atau deadline ini juga menjadi referensi bagi Anda untuk menyimpulkan apakah upaya mencapai target penjualan berhasil dilakukan atau tidak. 

 

Sama seperti sebelumnya, menentukan tenggat waktu tersebut tidak boleh sembarangan dan asal-asalan. Jika Anda menetapkan tenggat waktu yang terlalu ketat, bukan tidak mungkin target penjualan akan meleset.

 

 

  1. Lakukan Riset Konsumen

Selanjutnya, pedoman dasar yang perlu Anda ikuti untuk mencapai target penjualan adalah melakukan riset konsumen atau riset pasar. Konsumen memang menjadi bagian penting dari penjualan yang perlu selalu diperhatikan oleh para pebisnis. 

 

Apalagi saat ini, konsumen semakin kritis sehingga mengharuskan Anda menciptakan kepuasan atas pembelian yang dilakukan. Banyaknya pilihan tempat bagi konsumen untuk membeli apa yang diinginkan membuat Anda juga harus berusaha lebih pandai merebut hati pelanggan. Itulah alasan mengapa riset terhadap konsumen sangat penting dilakukan.

 

Untuk melakukan riset pasar, Anda bisa menyebar survei, kuesioner, mengadakan FGD, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian konsumen ini untuk mengeksplorasi apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Berbekal harapan dan keinginan mereka, Anda dapat menyesuaikan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga target penjualan tercapai dengan mudah.

 

  1. Hadirkan Inovasi

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, konsumen semakin mudah menemukan berbagai macam produk yang ada di pasaran. Akibatnya, mereka menjadi cepat bosan terhadap suatu produk. 

 

Pebisnis memang dituntut mampu beradaptasi dan tidak boleh tinggal diam. Jika Anda hanya berpatokan pada satu macam produk, bersiaplah untuk tertinggal dari kompetitor. Ketika Anda satu langkah di belakang pesaing, akan sulit mencapai target penjualan. 

 

Agar mampu bersaing atau bahkan mengungguli pesaing, Anda perlu menghadirkan inovasi. Inovasi sering kali menjadi solusi untuk mengatasi penjualan yang mengalami kemacetan karena dengan melakukan inovasi, ada sesuatu yang baru dan segar yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk Anda.

 

Untuk dapat menghadirkan inovasi, coba pikirkan ide-ide yang berkaitan dengan memanfaatkan momen harbolnas, melakukan penjualan di LinkedIn, menggunakan aplikasi digital marketing, dan sebagainya.

 

 

  1. Membangun Hubungan Baik dengan Mitra

Terakhir, pedoman dasar yang perlu Anda ikuti untuk mencapai target penjualan adalah selalu membangun hubungan yang baik dengan mitra. Jika Anda memiliki hubungan baik, ini merupakan aset yang tidak boleh disia-siakan. 

 

Anda juga bisa membangun hubungan dengan berbagai digital agency, mulai dari digital marketing agency Jakarta, digital marketing agency Indonesia, creative digital agency, KOL management, atau hubungi saja langsung Redcomm Indonesia

 

Redcomm Indonesia adalah digital agency Indonesia yang berposisi kantor di Jakarta. Makanya, Redcomm dikenal pula sebagai digital agency Jakarta. Baru-baru ini, Redcomm berhasil meraih penghargaan Gold untuk kategori Indonesia Digital Agency Of The Year 2020. Ini merupakan penghargaan Gold ke-3 yang diterima Redcomm dalam tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2018. 

 

Selain itu, Redcomm Indonesia juga meraih Silver untuk kategori Independent Agency of the Year. Sejak berdiri pada tahun 2001, Redcomm tumbuh menjadi salah satu agensi lokal independen terbesar di Indonesia yang berhasil meraih berbagai penghargaan lokal dan internasional.

 

Pastikan selalu menjaga hubungan dengan seluruh mitra kerja, digital agency, klien, bahkan konsumen, karena faktanya Anda tidak dapat bekerja sendiri. Urgensi business partner ini begitu penting. Ketika hubungan dengan mitra baik, bisnis Anda akan terus eksis dan lebih mudah mencapai target penjualan.

 

Demikian sedikit pembahasan mengenai cara meningkatkan target penjualan untuk mencapai profit yang diinginkan. Semoga bermanfaat, ya!