Target utama dari setiap pebisnis adalah peningkatan penjualan yang berdampak terjadinya peningkatan pendapatan secara maksimal. Penjualan merupakan bagian penting dalam bisnis karena menentukan masa depan bisnis itu sendiri. Kalau bagian penjualan ini tidak berfungsi dengan baik dan gagal meraih target keuntungan yang diharapkan, apalagi dalam waktu yang lama, bisnis bisa saja mengalami kegagalan atau kolaps. Begitupun sebaliknya, ketika target penjualan tercapai, maka akan berguna untuk meningkatkan profit usaha.

  

Faktanya, mencapai target penjualan bukanlah perkara mudah. Ada banyak tantangan dan beberapa hal atau strategi yang perlu dikerjakan supaya hasilnya maksimal. Nah, bagi Anda yang ingin mencapai target penjualan, ada beberapa strategi yang perlu Anda perhatikan dan ikuti di era digital business.

 

Tips Meningkatkan Profit Usaha yang Terbukti Ampuh

  1. Tetapkan Target yang Realistis

Agar selalu bisa mencapai target penjualan, Anda harus menetapkan target secara realistis. Sebab dalam banyak kasus, sebagian besar pebisnis tidak dapat mencapai target penjualan karena terlalu memaksakan diri meningkatkan profit tanpa diimbangi dengan penerapan strategi yang tepat. 

 

 

Target penjualan yang berlebihan dan tak masuk akal sebaiknya dihindari karena tentu saja akan menjadi beban tersendiri, apalagi jika tidak didukung dengan kemampuan SDM dalam menerapkan strategi penjualan. Selain tidak realistis, Anda akan menambah beban kerja karyawan yang mungkin membuat mereka melakukan hal-hal negatif demi mendapatkan sales

 

Padahal karyawan yang bekerja di bawah tekanan tinggi akhirnya malah menjadi tidak produktif akibat stres, dan bisa membuat nama baik brand jelek kalau ada kebohongan atau paksaan ketika melakukan penjualan. Jika hal ini dibiarkan terjadi dalam waktu lama, tak heran bisnis Anda akan mengalami kemunduran, atau malah jadi gagal bersaing dengan kompetitor. 

 

  1. Tetapkan Batas Waktu yang Sesuai

Jika Anda telah menetapkan target yang realistis, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan tenggat waktu atau deadline atas target Anda. Tenggat waktu ini sangat diperlukan agar Anda bisa merancang langkah demi langkah dan merealisasikannya satu persatu berdasarkan timeline kerja yang telah disusun. Bekerja dengan perencanaan dan strategi penjualan yang baik akan meningkatkan semangat pekerja bagian penjualan dan akhirnya target penjualan pun bisa tercapai. 

 

Penentuan tenggat waktu atau deadline ini juga bisa dijadikan sebagai referensi bagi Anda dalam menyimpulkan, apakah upaya target penjualan yang Anda lakukan bisa berjalan dan berhasil dalam waktu tertentu? Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam satu pencapaian target, dan sebagainya. Data ini nanti bisa Anda manfaatkan untuk evaluasi di masa depan dalam upaya perbaikan sistem dan strategi penjualan.

 

 

  1. Riset Konsumen Tidak Hanya Sekadar Riset

Keberadaan konsumen menjadi bagian penting dari proses penjualan sehingga perlu Anda perhatian sebaik mungkin. Riset yang dimaksud di sini bukan sekadar mencari tahu berapa banyak produk yang mereka beli, tetapi melakukan penelitian terhadap tren yang terjadi dalam masyarakat, kebiasaan-kebiasaan dan perilaku konsumen dalam membuat keputusan untuk melakukan suatu pembelian, riset mengenai produk kompetitor yang lebih banyak mereka pilih dan gunakan, serta riset lainnya yang masih berkaitan dengan hal-hal yang mendukung seseorang melakukan transaksi. 

 

Tujuan dari riset atau penelitian yang Anda lakukan terhadap konsumen adalah mencari tahu sebanyak mungkin kebutuhan konsumen dan apa yang bisa Anda lakukan untuk memenuhinya. Kenyataan yang tak bisa Anda pungkiri adalah bisnis bukan sekadar mendapatkan keuntungan, melainkan bagaimana cara Anda memenuhi kebutuhan orang lain dan menjadi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Kalau Anda mengedepankan pemenuhan kebutuhan orang lain, bisnis Anda bisa diharapkan akan mengalami perkembangan yang jauh lebih pesat. 

 

  1. Hadirkan Inovasi

Pesatnya perkembangan teknologi menjadi dua sisi mata pisau, termasuk dalam bisnis. Di satu sisi, konsumen semakin mudah menemukan berbagai macam produk yang ada di pasaran. Di sisi lain, mereka jadi cepat bosan terhadap suatu produk karena dengan cepat bermunculan produk-produk lain yang lebih baik, lebih bagus, dan kelebihan-kelebihan lainnya yang bisa mengalihkan perhatian konsumen dari produk Anda. Berbekal fakta ini, Anda sebagai pebisnis harus bisa beradaptasi dan tidak boleh tinggal diam. Inovasi dalam banyak aspek bisnis, mulai pengembangan kualitas dan varian produk, layanan, dan sebagainya, sangat penting dilakukan. Sebab, jika Anda hanya berpatokan pada kondisi sekarang saja tanpa berani melakukan inovasi yang berkesinambungan, bersiaplah untuk tertinggal dari kompetitor.

 

Inovasi seringkali menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah menurunnya angka penjualan atau lesunya pasar. Menghadirkan produk baru sebagai salah satu trik untuk menarik perhatian pelanggan agar tertuju kembali kepada Anda juga dapat mengembalikan posisi Anda di pasar. Namun ingat, inovasi tetap harus didukung dengan penerapan strategi promosi dan pemasaran yang tepat. 

 

 

  1. Bangun Hubungan Baik dengan Mitra

Menjaga terjalinnya hubungan yang baik dengan mitra atau rekan bisnis penting dilakukan karena keberadaan mereka bisa menjadi dukungan yang positif bagi bisnis Anda. Mitra bisnis di sini bisa distributor, tim sales, agen, investor, dan sebagainya. Selain itu, para pelanggan loyal yang saat ini Anda miliki juga bisa dikatakan sebagai mitra bisnis Anda. Jagalah mereka dengan baik. Lakukan interaksi dan komunikasi dua arah untuk mendengar masukan dan saran yang bisa jadi akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. 

 

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai tips meningkatkan profit usaha yang terbukti ampuh. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam menjalankan strategi digital marketing.