knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Jangan Merasa Rug...

Jangan Merasa Rugi Bagi Sampel Produk Gratis! Ini 5 Manfaatnya

14 Apr  · 
3 min read
 · 
eye 8.931  
Bisnis

Manfaat Bagi Sampel Produk Gratis

Memanfaatkan media sosial untuk melakukan digital marketing strategist atas produk maupun layanan bisnis sudah banyak dilakukan oleh perusahaan maupun pebisnis yang go digital.

Hal ini karena meningkatnya penggunaan media sosial serta aktivitas belanja online yang dilakukan oleh generasi milenial dan generasi Z.

Selain melakukan promosi di berbagai platform media sosial, cara lain membangun branding companies, atau peningkatan brand awareness bisnis, yang bisa Anda lakukan adalah menyediakan sampel produk gratis bagi calon konsumen.

Di satu sisi, bagi-bagi sampel produk secara gratis seperti ini akan membebani biaya promosi. Tetapi di sisi lain, ada banyak manfaat yang bisa Anda manfaatkan dari pembagian produk gratis, terutama kepada calon konsumen potensial.

Apa saja manfaatnya? Berikut keuntungan menerapkan strategi digital marketing dengan membagikan sampel produk gratis yang bisa Anda dapatkan.

5 Manfaat Membagikan Contoh Produk secara Gratis

1. Audiens Jadi Familier Terhadap Produk

Contoh produk yang dibagikan secara gratis dapat membuat orang lebih familier terhadap produk Anda.

Familier yang dimaksud di sini bukan sekadar mengetahui, melainkan memberi kesempatan kepada calon konsumen untuk mencoba dan merasakan manfaat dari produk secara langsung.

Contoh produk yang bisa Anda bagikan gratis tidak perlu dalam jumlah banyak. Secukupnya saja, misalnya 10 sampel produk gratis untuk masing-masing wilayah pemasaran.

Tips bagi-bagi sampel produk gratis yang impactful, misalnya:

  • Bagikan sampel produk gratis dalam bentuk campaign yang menarik, sehingga banyak audiens atau followers Anda penasaran.
  • Selenggarakan giveaway dan cantuman syarat tertentu yang harus peserta penuhi. Misalnya: share banner iklan giveaway, alasan mereka menginginkan produk yang mau dibagikan, dan sebagainya. Nah, hadiah giveaway-nya bisa contoh produk gratis yang sudah Anda sediakan.
  • Bagikan produk gratis sebagai hadiah kepada pelanggan setia yang sedang berulang tahun, dan kabarkan mengenai tanggal launching produk tersebut secara resmi ke pasar, dan di mana bisa mendapatkan produk.

Ingat, membagikan produk gratis begini bukan tanpa tujuan lho ya. Pastikan setiap aktivitas yang diselenggarakan bertujuan menjangkau target audiens spesifik, membuat mereka mencoba kemudian menyukai produk tersebut, dan akhirnya melakukan pembelian produknya sendiri.

Agar penerapan strategi digital marketing yang Anda lakukan melalui pemberian produk gratis bisa tepat sasaran, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia.

Biasanya, top digital agency seperti ini memiliki memiliki tim khusus yang berpengalaman dalam membuat marketing plan untuk mewujudkan target KPI yang ingin Anda capai.

2. Sampel Produk Meningkatkan Brand Awareness

Melalui pengiriman sampel produk gratis, tentunya calon konsumen bisa mendapatkan kesan pertama tentang produk Anda secara langsung tanpa mengeluarkan biaya.

Mereka jadi bisa mencoba langsung produknya, merasakan sendiri manfaatnya, dan kalau cocok, brand Anda pun jadi melekat dalam ingatan mereka.

Oleh sebab itu, pastikan jangan pelit menyisipkan sampel produk gratis kepada pelanggan. Misalnya melalui event tertentu yang di dalamnya ada aktivitas bagi-bagi sampel produk.

Tips sukses bagi sampel produk di acara atau event, antara lain:

  • Tidak harus membuat event sendiri, tetapi Anda bisa jadi sponsor suatu event di mana Anda sebagai sponsor bisa mendapatkan booth khusus untuk tempat memajang, memperkenalkan, dan membagikan produk gratis.
  • Anda juga bisa memanfaatkan event yang berbeda industrinya, namun memiliki target market sesuai dengan produk.

Tapi pastikan ada syarat yang Anda ajukan bagi penerima produk gratis ya supaya aktivitas ini tidak sia-sia. Misalnya, Anda bisa meminta audiens penerima produk gratis untuk memberi testimoni atau review demi mendapatkan user experience.

Nanti hasil dari testimoni ini bisa Anda gunakan sebagai alat promosi produk maupun catatan perbaikan kedepannya.

3. Feedback untuk Produk Kurang Laris

Jika Anda adalah seorang pengusaha dengan banyak varian produk dari bisnis yang  dijalankan, Anda harus punya statistik tentang produk apa yang paling disukai atau menjadi best seller dibandingkan yang lainnya.

Misalkan, Anda punya usaha menjual makaroni. Produk makaroni ini memiliki beberapa varian rasa, seperti rasa asin atau original, sapi panggang, pedas, ekstra pedas, keju, dan sebagainya.

Dari semua varian rasa tersebut, pasti ada yang paling laris. Buatlah statistik tentang varian rasa yang paling laris terjual dan paling sedikit terjual. 

Untuk varian rasa yang kurang laris, coba perbaiki dari segi rasa dan tampilan, kemudian bagian secara gratis untuk mendapatkan feedback dari konsumen.

Ini cara bagus untuk mengetahui alasan produk itu kurang laris, sehingga Anda bisa melakukan perbaikan.

4. Produk Gratis untuk Mendapatkan Endorsement

Seperti yang Anda ketahui, memilih influencer yang tepat dan punya performa serta daya tarik tersendiri di antara followers mereka bisa menjadi senjata utama dalam aktivitas promosi dan pemasaran.

Keistimewaan mereka terletak pada kemampuan untuk mempengaruhi pola pikir dan action dari pengikutnya. 

Maka wajar kalau banyak pebisnis menggunakan jasa influencer, baik micro influencer atau macro influencer, agar merekomendasikan produk kepada followers mereka.

Agar program endorsement ini berjalan sukses dan sesuai harapan, Anda perlu memastikan terlebih dahulu kesesuaian niche influencer yang akan dipilih dengan produk Anda.

Misalkan, produk Anda adalah produk fashion atau make up, maka bekerja sama dengan beauty influencer menjadi cara yang bagus.

Anda bisa pula melakukan kerja sama dalam bentuk pengiriman produk gratis ini kepada blogger, selebgram, atau YouTuber.

Demi bisa mengoptimalkan kerja sama dengan influencer yang tepat dan melaksanakan strategi digital marketing yang juga sesuai kebutuhan, lakukan diskusi terlebih dahulu dengan tim digital marketing agency Jakarta.

Pengalaman mereka dalam menyelenggarakan digital campaign dan bekerja sama dengan influencer dari berbagai tingkatan jelas akan sangat berguna bagi Anda. 

Selain itu, Anda jadi bisa mengoptimalkan budget campaign dan tidak hanya sekadar bakar uang saja. Yuk, langsung saja hubungi Kontak Redcomm.

5. Membantu Meningkatkan Penjualan

Calon pembeli yang telah mencoba produk, pastinya akan jauh lebih yakin untuk menggunakan produk Anda dalam memenuhi kebutuhan mereka selanjutnya.

Jadi, Anda harus menyiapkan sampel produk gratis dalam kondisi yang baik, tidak cacat, dan pastinya tidak dalam kondisi kedaluwarsa.


Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan kalau rutin menyelenggarakan digital campaign dan membagikan sampel produk gratis ke konsumen.

Jika sampel produk yang Anda bagikan memang disukai, tentu dampak positifnya adalah penjualan dapat mengalami peningkatan yang signifikan.

Terlebih, konsumen yang merasa puas dengan produk Anda, mereka berpotensi melakukan repeat order, atau malah mengajak orang lain untuk turut membeli produk tersebut. So, segera siapkan sampel produk gratis, bagikan dengan strategi yang tepat, dan kemudian nikmati hasilnya ya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC