Menjelang akhir tahun, perilaku konsumen mengalami perubahan.

Menjelang akhir tahun, perilaku konsumen mengalami perubahan.
Perubahan ini dapat dilihat dari ritme belanja konsumen; mereka tidak sekadar mencari produk tetapi mencari motivasi emosional tertentu.
Motivasi emosional ini cukup beragam, misalnya ingin menyenangkan diri sendiri setelah setahun bekerja, ingin berbagi hadiah, atau sekadar memanfaatkan promo besar yang sudah menjadi ‘budaya digital’ setiap momen akhir tahun.
Bagi brand, memahami perubahan pola belanja konsumen ini adalah kunci untuk meningkatkan konversi di semua platform penjualan.
Sebab perjalanan konsumen di akhir tahun tidak lagi linear; mereka bergerak cepat, lintas platform, dan mengambil keputusan berdasarkan kombinasi emosi, urgensi, dan pengalaman belanja paling mudah.
Lalu, apa saja pola belanja konsumen yang berubah di akhir tahun?
Simak insight berikut agar brand bisa memanfaatkan perubahan perilaku konsumen akhir tahun untuk meningkatkan konversi.
Akhir tahun adalah periode ketika konsumen rela melakukan pembelian spontan.
Namun spontanitas ini tetap dipicu oleh informasi yang mereka kumpulkan sebelumnya.
Perubahan yang dapat dilihat seperti:
Dalam menyikapi perubahan tersebut, brand dapat:
Pada dasarnya, konsumen tidak benar-benar impulsif melainkan hanya menunggu momen yang tepat untuk apa yang sudah mereka incar sedari lama.
Di akhir tahun, ada fenomena perilaku konsumen yang selalu terjadi yaitu konsumen cenderung terpapar konten di media sosial tapi melakukan checkout di marketplace.
Journey belanja akhir tahun kini sangat terfragmentasi.
Konsumen bisa menemukan produk melalui TikTok, mencari review di YouTube, membuka web brand, lalu akhirnya checkout di marketplace.
Hal yang berubah:
Karena melibatkan integrasi multichannel, langkah yang bisa dilakukan brand:
Brand yang memetakan customer journey lintas platform akan lebih mudah mengonversi traffic yang tersebar dan berserakan.
Promo memang memikat, tapi pola belanja konsumen akhir tahun tidak hanya dipengaruhi oleh harga yang paling murah.
Mereka cenderung lebih tertarik pada paket atau penawaran yang memberi value lebih.
Perubahan perilaku konsumen dalam hal ini antara lain:
Untuk memanfaatkan kesempatan ini, brand dapat:
Value yang transparan lebih kuat mendatangkan konversi daripada diskon besar tanpa konteks.
Akhir tahun memperkuat pola jam belanja yang sebenarnya sudah ada.
Perbedaannya, jam belanja konsumen di akhir tahun ini intensitasnya jauh lebih tinggi.
Biasanya, angka konversi akan meningkat di waktu malam hari dan payday week karena ini momen puncak konsumen melakukan transaksi.
Perubahan yang dapat menjadi insight brand:
Jika ingin meningkatkan konversi, cara brand eksekusi:
Akhir tahun menuntut brand untuk lebih sigap dalam menghadapi kecepatan ritme konsumen, bukan sekadar perang promo.
Walaupun digital marketing kini sangat data-driven, akhir tahun selalu memberikan ruang bagi pesan emosional.
Alasan-alasan seperti self-reward, harapan baru, atau keinginan kembali merayakan sesuatu akan menjadi motivasi utama konsumen akhir tahun.
Perubahan di atas juga membuat perubahan dalam strategi konten, seperti:
Insight yang dapat dijadikan strategi konten oleh brand berupa:
Ketika emosi konsumen bertemu momen yang tepat, konversi penjualan biasanya mengikuti.
Di tengah rutinitas yang padat menjelang akhir tahun, konsumen lebih memilih konten yang ringkas, ringan, dan langsung ke inti.
Short video memberikan pemenuhan itu semua.
Mereka bisa melihat hasil produk, mendengar opini real, dan merasakan vibe dari pihak yang merekomendasikannya.
Di momen-momen ini, konsumen tidak hanya mencari barang melainkan inspirasi yang memotivasi.
Konten yang terasa personal, seperti rekomendasi jujur dari teman, akan jauh lebih efektif daripada iklan yang terlalu formal.
Pola belanja konsumen di akhir tahun tidak sama dengan bulan-bulan sebelumnya, sehingga brand mesti lebih adaptif.
Konsumen akhir tahun menunjukkan perubahan perilaku; lebih cepat, lebih kritis, lebih mobile, dan lebih selektif terhadap value.
Mereka bergerak di lintas platform, terpapar konten di banyak tempat, dan memilih brand yang paling mudah transaksinya serta paling bernilai untuk mereka.
Akhir tahun selalu menjadi puncak persaingan, tetapi bagi brand yang membaca pola dengan tepat, momen ini justru musim terbaik untuk meningkatkan konversi.
Agar membuat Anda lebih mengenal konsumen, pahami juga Behavior dan Customer Journey untuk Optimasi Peningkatan Traffic Web
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC

