Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2024 adalah kesempatan emas bagi pelaku usaha dan pemilik bisnis online untuk meningkatkan penjualan.
Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2024 adalah kesempatan emas bagi pelaku usaha dan pemilik bisnis online untuk meningkatkan penjualan.
Momen perayaan belanja terbesar di Indonesia yang berlangsung setiap tanggal 11.11 dan 12.12 ini biasanya mampu menarik jutaan konsumen yang mencari promo, diskon, dan penawaran menarik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.
Sayangnya tahun ini persaingan bisnis menjadi lumayan berat, mengingat ada banyak sekali penjual online yang menginginkan keuntungan yang sama seperti yang Anda inginkan.
Agar berhasil dan bisa memanfaatkan momen Harbolnas 2024 tahun ini, Anda membutuhkan strategi marketing yang powerful.
Pada artikel kali ini, tim digital marketing agency Indonesia, Redcomm, akan berbagi 7 strategi seperti FOMO hingga memanfaatkan data konsumen. Baca selengkapnya, yuk.
Fear of Missing Out atau FOMO adalah strategi marketing yang memanfaatkan psikologis konsumen dan membuat mereka takut tertinggal trend yang sedang berlangsung.
FOMO menjadi salah satu strategi yang sudah terbukti ampuh mendorong konsumen melakukan pembelian sesegera mungkin.
Di saat yang sama, terapkan juga program flash sale atau promosi berbatas waktu untuk produk tertentu. Caranya:
Contoh keberhasilan strategi ini bisa Anda lihat pada penjualan Labubu dan produk Harry Potter di Miniso beberapa waktu lalu. Anda juga menerapkan cara yang sama untuk meningkatkan penjualan smartphone dan elektronik di Harbolnas 2024.
Ingin strategi marketing yang Anda terapkan berhasil? Jika iya, maka Anda harus punya data. Anda bisa memanfaatkan platform analitik seperti Markethac.
Di platform ini Anda bisa mendapatkan analisis data e-commerce yang lengkap hingga memahami berbagai tren pasar dan produk yang sedang banyak dicari konsumen.
Gunakan semua data konsumen yang bisa Anda dapatkan untuk mengenali preferensi belanja konsumen dan memahami produk apa yang paling mereka butuhkan.
Bagus lagi kalau Anda bisa terlebih dahulu melakukan segmentasi audiens, mengenali perilaku dan kebiasaan mereka berbelanja, kemudian rancanglah program promosi yang paling tepat untuk masing-masing segmen.
Konsumen cenderung memasukkan barang ke keranjang belanja ketika mereka sudah tahu bakal ada promo, flash sale, atau diskon besar yang akan berlangsung. Atau mungkin Anda sendiri juga sering melakukannya?
Itulah sebabnya, Anda perlu membagikan teaser yang menginformasikan bakal ada diskon besar-besaran di momen Harbolnas, seminggu atau dua minggu sebelumnya, misalnya.
Membagikan teaser begini menjadi cara efektif menarik perhatian konsumen dan meningkatkan rasa antisipasi mereka agar tak kehilangan kesempatan mendapatkan barang impian.
Informasi di dalam teaser bisa berbentuk penawaran yang akan datang, produk-produk flash sale selama Harbolnas 2024, barang yang mungkin habis dalam waktu cepat, atau produk-produk terbaru yang hanya tersedia pada saat Harbolnas.
Agar penjualan bisnis mengalami peningkatan, Anda membutuhkan banyak konsumen. Nah, untuk mendapatkan konsumen, tentunya Anda harus menarik perhatian mereka terlebih dahulu dan membuat mereka tahu mengenai produk dan layanan bisnis yang Anda sediakan.
Mau tidak mau, Anda harus menggunakan media sosial, situs web, aplikasi, atau aset digital lainnya untuk mendistribusikan konten promosi yang interaktif.
Misalnya, menyediakan berbagai konten yang informatif di media sosial, menyelenggarakan kuis, giveaway, atau survei berhadiah voucher untuk meningkatkan engagement sebelum momen Harbolnas dimulai.
Selain itu, Anda bisa memaksimalkan penggunaan fitur live shopping atau live streaming di platform, seperti Instagram atau TikTok, untuk mempromosikan produk unggulan secara langsung.
Prinsipnya, optimalkan kinerja seluruh akun media sosial bisnis dan aset digital lainnya yang Anda miliki untuk menjangkau konsumen seluas mungkin.
Untuk tahu performa dan kinerja seluruh aset digital yang Anda miliki saat ini, Anda bisa memanfaatkan Digital Ecosystem Checkup (DEC) yang Redcomm Indonesia sediakan. Hasil dari checkup yang tim digital marketing agency Jakarta ini lakukan nantinya bisa Anda gunakan untuk membantu Anda mencapai angka penjualan terbaik.
Selain untuk meningkatkan penjualan, Harbolnas 2024 juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan konsumen baru.
Caranya, Anda perlu membangun awareness bisnis jadi lebih luas dan membuat orang yang sebelumnya tidak kenal brand Anda jadi kenal brand dan produk yang Anda pasarkan.
Supaya prosesnya lebih efektif, Anda bisa menggandeng Key Opinion Leader (KOL), blogger, atau influencer. Mereka biasanya memiliki jaringan penggemar setia.
Nah bekerja sama dengan mereka bisa memperkuat strategi digital marketing yang Anda terapkan untuk menghadapi Harbolnas 2024.
Sistem personalisasi berbasis data, seperti rekomendasi produk atau penawaran khusus berdasarkan perilaku konsumen bisa meningkatkan konversi.
Dengan bantuan marketing automation, Anda bisa mengirimkan email, push notification, atau pesan langsung yang menawarkan produk berdasarkan riwayat pembelian konsumen.
Cara terakhir yang bisa membantu Anda meningkatkan dan memaksimalkan angka penjualan di momen Harbolnas adalah bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta, seperti Redcomm Indonesia.
Pengalaman lebih dari 20+ tahun yang sudah tim Redcomm miliki akan sangat berguna dalam membantu Anda merancang, menyusun, dan mengimplementasikan 360° Integrated Digital Marketing.
Tentunya penerapannya akan didukung dengan data & insight analysis, optimalisasi digital aset, social-driven content creation, hingga social media activation & management. Semuanya dengan satu tujuan, meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda.
Tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut? Langsung tulis kebutuhan marketing Anda di formulir Kontak Redcomm. Nanti tim kami akan segera menghubungi Anda.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC