MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Fungsi dan Manfaat Bisnis Plan

26 Nov  · 
3 min read
 · 
eye 709  
Business

redcomm

Bisnis plan adalah dokumen yang berperan sebagai peta perjalanan bisnis, dari awal mulai hingga nanti mencapai sukses, termasuk risiko masalah yang mungkin terjadi, rencana solusi untuk mengatasi masalah, dan prediksi peluang. Agar lebih memahami apa itu bisnis plan serta fungsi dan manfaatnya dalam merencanakan dan menjalankan bisnis, baca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Bisnis Plan?

Business plan, atau yang dikenal sebagai rencana bisnis, adalah dokumen tertulis yang berisi detail informasi mengenai tujuan, strategi, operasional, dan proyeksi keuangan sebuah bisnis.

Membuat bisnis plan sebelum memulai bisnis akan membantu Anda menentukan langkah mana saja yang perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis. 

Misalnya, menentukan target pasar, anggaran dana yang tersedia, ke mana harus mencari tambahan dana jika ternyata modal usaha kurang, dan sebagainya.  

Di saat yang sama, Anda juga dapat membuat anggaran pendapatan dan biaya operasional bisnis, analisis risiko yang mungkin terjadi, kebijakan khusus yang perlu diimplementasi demi kemajuan usaha, dan lainnya.

Bisa dikatakan, bisnis plan adalah gambaran rencana lengkap beserta prediksi implementasi yang memudahkan pemilik bisnis dan para investor memahami bagaimana suatu bisnis akan beroperasi, tumbuh, dan menghasilkan keuntungan. 

Fungsi dan Manfaat Bisnis Plan Bagi Bisnis

1. Panduan dalam Menjalankan Bisnis

Kesulitan dalam mengelola bisnis sudah tentu bisa saja Anda alami. Apalagi kalau terjadi hal-hal yang tak terduga. Namun kalau sudah memiliki bisnis plan, maka Anda bisa lebih mudah untuk  mengatasi berbagai kesulitan yang datang.

Business plan atau perencanaan bisnis berperan dalam memperjelas fokus bisnis sehingga Anda bisa tetap konsisten mengikuti rencana yang sudah Anda susun sebelumnya. Semakin tajam rencana bisnis yang Anda buat, semakin mampu bisnis Anda mencapai target dan tujuan yang ingin dicapai. 

Sebagai contoh, dalam industri minuman yang memiliki banyak pesaing, penting untuk berfokus pada keunikan produk, higienis tidaknya produk, dan kemasan yang praktis, misalnya. 

2. Untuk Pengambilan Keputusan

Bisnis plan bisa pula berperan sebagai panduan dan alat evaluasi sebelum mengambil keputusan penting ketika bisnis mengalami berbagai tantangan, seperti adanya persaingan ketat di pasar yang kompetitif, saat perlu melakukan rekrutmen karyawan baru, atau ketika mau meluncurkan produk baru. 

Maka pastikan ketika membuat peta perencanaan bisnis, semua rencana sudah kamu susun secara sistematis dan terstruktur, mulai dari kapan bisnis mau dimulai, kapan harus melakukan perekrutan karyawan, rencana promosi bisnis, hingga perluasan pangsa pasar.

Jadi ketika ada perubahan situasi atau kondisi pada saat implementasi setiap rencana, Anda tinggal melihat kembali planning yang sudah pernah Anda buat, melakukan evaluasi mana saja yang sudah diterapkan beserta hasilnya, dan perbaikan seperti apa yang perlu dilakukan. 

3. Bisnis Plan Bermanfaat Sebagai Roadmap

Sama seperti saat Anda hendak melakukan perjalanan ke daerah tertentu untuk pertama kali, tentu Anda membuat perencanaan matang dulu, kan? Ada itinerary mengenai tempat mana saja yang perlu dikunjungi, jalan mana saja yang mau Anda lalui, transportasi apa yang mau Anda gunakan, dan lainnya.

Nah, fungsi dan manfaat bisnis plan juga sama seperti roadmap yang menjadi petunjuk arah mana saja yang perlu Anda lalui, kegiatan yang perlu dilakukan, atau apa saja yang perlu dibawa atau perlu diwaspadai.

Dengan business plan, Anda dapat mengelola bisnis secara terstruktur, mulai dari detail visi bisnis, strategi untuk mencapai visi tersebut, penargetan dan segmentasi pasar, serta berbagai aspek operasional lainnya

4. Memudahkan Analisis Pasar

Menjalankan bisnis harus siap dengan perubahan yang terjadi di pasar, tren yang berkembang dalam masyarakat, serta persaingan dengan para kompetitor yang memiliki produk serupa. 

Itulah sebabnya, Anda sebagai pebisnis perlu membuat bisnis plan di mana fungsi dan manfaatnya bisa membantu Anda melakukan analisis dengan komprehensif. 

Saat melakukan analisis pasar, perhatikan beberapa poin berikut:

  • Identifikasi target audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Kenali kebutuhan pasar secara spesifik dan cari tahu, apakah bisnis Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Pelajari kelemahan dan kekuatan kompetitor agar Anda bisa mengembangkan strategi yang lebih baik dari mereka.
  • Analisis dan evaluasi tren pasar yang memiliki kemungkinan besar mempengaruhi permintaan dan perilaku konsumen. 
  • Pastikan kebijakan dan aturan apa saja yang berlaku dalam industri atau sektor bisnis sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Semua analisis di atas seharusnya sudah Anda lakukan sebelum menyusun rencana bisnis. Sebab, hasil analisis tersebut menjadi elemen kunci yang membuat bisnis Anda bisa mencapai keberhasilan jangka panjang.

5. Memahami Kompetitor

Analisis yang sudah dilakukan ketika membuat rencana usaha tentu memberi gambaran yang lengkap mengenai bisnis sekaligus kompetitor dengan produk serupa. 

Memahami kompetitor dapat membantu bisnis Anda mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang strategi, kelemahan, dan kekuatan pesaing, termasuk sepak terjang mereka dalam mendapatkan pelanggan. 

Semua ini nantinya bisa Anda manfaatkan untuk membuat strategi promosi dan pemasaran yang lebih efektif sehingga bisnis Anda memiliki daya saing yang lebih baik di pasar.

6. Memprediksi Kemungkinan Pengembangan Bisnis

Melalui perencanaan yang terperinci dan proyeksi yang teliti, business plan memungkinkan Anda memprediksi perkembangan dan pertumbuhan bisnis di masa mendatang. 

Hal ini membantu dalam merancang langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk mencapai tujuan pengembangan bisnis berkelanjutan

7. Menarik Investor

Tidak dapat disangkal bahwa setiap bisnis, terutama bisnis kecil atau yang baru dirintis, sangat membutuhkan investor sebagai sumber dana tambahan. 

Seorang investor biasanya hanya tertarik untuk berinvestasi pada bisnis yang memiliki perencanaan matang. Salah satunya, mereka akan melihat perencanaan bisnis yang Anda buat.


Bisnis plan bukan sekadar dokumen formal, melainkan alat yang mendukung bisnis bisa beroperasi dengan baik dan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Fungsi dan manfaat bisnis plan yang utama adalah menjadi panduan yang membimbing Anda menjalankan dan mengembangkan bisnis secara efektif. Nah, sebelum membuat rencana bisnis, cari tahu dulu, yuk: 7 Jenis Bisnis Plan dan Cara Kerjanya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER