Komunitas atau community merupakan sekelompok orang yang didalamnya mempunyai ketertarikan minat dan tujuan yang sama. Ada berbagai jenis komunitas yang bisa Anda temukan, mulai dari komunitas hobi yang sama, komunitas profesi, hingga komunitas bisnis. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sebuah komunitas bisa ditemukan dengan mudah di media sosial dan platform lain, serta bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. 

 

Jika di lingkungan Anda tidak terdapat komunitas sesuai dengan ketertarikan atau minat, Anda bisa bergabung di komunitas yang tersedia secara online. Ada banyak alasan mengapa Anda sebagai pengusaha harus ikut membangun komunitas.

 

 

5 Alasan Pentingnya Membangun Komunitas untuk Bisnis

Ada banyak manfaat membangun komunitas dan ini perlu dilakukan sejak Anda memulai bisnis. Semakin banyak orang yang bergabung dalam komunitas yang Anda bangun, semakin memungkinkan Anda menemukan lebih banyak peluang untuk pengembangan bisnis ke arah yang lebih baik. 

 

Kelak setelah komunitas terbentuk, Anda bisa mulai menerapkan 4 trik memanfaatkan komunitas untuk meningkatkan penjualan. Nah, tapi pertama-tama, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja manfaat keberadaan komunitas untuk mengembangkan bisnis Anda?

 

  1. Meningkatkan Awareness Brand Bisnis

Jika saat ini Anda belum bergabung dengan komunitas bisnis, Anda bisa bergabung dulu. Mengikuti komunitas yang berfokus pada seputar dunia bisnis, dapat membantu Anda mempelajari cara kerja komunitas itu sendiri dan bagaimana suatu merek mengalami peningkatan brand awareness di dalam komunitas tersebut. Dengan kata lain, word of mouth akan sangat berperan dalam hal mengenalkan suatu brand antara satu orang dengan orang lainnya di dalam komunitas. 

 

Anda juga bisa membangun komunitas brand Anda sendiri. Anda bisa belajar dari 4 brand yang sukses bangun komunitas mereka. Di dalam komunitas Anda ini nantinya bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan berbagai produk maupun layanan dari bisnis Anda. Dalam hal ini, komunitas berperan sebagai channel marketing yang dapat menjadi penyumbang nilai engagement tinggi. Terlebih jika bisnis Anda memang diminati banyak orang, maka Anda berpeluang besar menjadi lebih mudah mendapatkan pelanggan yang banyak.

 

 

  1. Menambah Wawasan tentang Bisnis

Sebagai pengusaha pemula, Anda harus banyak belajar mengenai bisnis. Beberapa hal penting yang perlu menjadi fokus Anda adalah cara membangun bisnis, lead generation, CTA, analysis data, data driven marketing, digital marketing strategist, dan sebagainya. Mengikuti komunitas bisnis lain maupun membangun komunitas bisnis digital sendiri sama menguntungkannya bagi Anda, karena Anda akan dapat bertemu dengan pebisnis lain. Kemudian bisa sama-sama belajar, berbagi ilmu dan pengalaman, atau bahkan bisa berkolaborasi untuk membangun bisnis yang lebih besar. 

 

  1. Bertemu dengan Partner Bisnis

Tidak semua orang di komunitas bisnis adalah orang hebat dengan bisnis yang terkenal. Banyak juga yang mungkin masih dalam proses memulai bisnis. Hal ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk mencari partner bisnis yang tepat. Jika Anda menemukan kecocokan dengan salah satu atau beberapa orang di komunitas yang Anda ikuti, cobalah tawarkan kerja sama yang saling membangun.

 

Dalam hal ini Anda tidak bisa sembarangan mencari orang. Pilihlah orang-orang yang Anda percayai dan bisa bertanggung jawab menjalankan bisnis bersama agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

 

  1. Bertemu Pemodal

Jika Anda ingin memulai suatu bisnis yang lebih besar, namun terhalang biaya atau modal, tak menutup kemungkinan Anda akan bertemu dengan pemodal atau investor di komunitas bisnis yang Anda ikuti. Untuk hal ini, Anda perlu tahu cara membuat investor menemukan bisnis Anda dan bagaimana memilih investor untuk mengembangkan bisnis.

 

Terlebih jika Anda melakukan pertukaran informasi terus-menerus dan berhasil meyakinkan pemodal untuk membantu memberikan dana untuk membangun bisnis Anda. Diskusikan hal ini secara seksama, dan pastikan tidak ada yang dirugikan.

 

 

  1. Bekerja sama dengan Digital Marketing Agency Jakarta

Untuk pengembangan bisnis sekaligus menemukan komunitas yang bisa menjadi wadah Anda menerapkan strategi digital marketing, Anda juga bisa bekerja sama dengan salah satu digital marketing agency yang ada di Indonesia, atau digital marketing agency Jakarta, seperti Tim Redcomm. Kami memiliki jaringan yang luas ke berbagai komunitas yang bisa membantu Anda melakukan promosi dan digital marketing dengan lebih tepat sasaran.  

 

Demi bisnis yang mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik, Anda memang tidak ada salahnya bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang berpengalaman dalam KOL management, blogger handling, online marketing campaign, creative media agency, media buying, social media and digital marketing, inbound marketing, local advertising, search engine marketing, social media campaign, bahkan jasa SEO profesional.

 

Itulah 5 alasan pentingnya membangun komunitas bisnis yang bisa Anda ketahui. Bagi Anda yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses, mulailah mencari atau membangun komunitas bisnis Anda sendiri untuk mewujudkan cita-cita tersebut dengan mudah.