knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Dari Dunia Fashio...

Dari Dunia Fashion ke Dunia Bisnis: 5 Pelajaran Marketing dari Legenda Vogue!

10 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 14  
Bisnis

Pelajaran Marketing Anna Wintour Vogue

Anna Wintour adalah seorang master marketing dengan keunikan tersendiri. Sekarang, setelah Wintour memutuskan untuk berhenti sebagai chief editor Vogue, apa yang membuat dia begitu efektif dan spesial selama ini? Vogue tetap relevan selama puluhan tahun di tengah perubahan besar yang terus terjadi. Ini bukan cuma soal keberuntungan, tapi tentang kepemimpinan.

Gaya kepemimpinan Anna Wintour

bisa jadi contoh yang sangat berharga, bahkan untuk brand apa pun, baik di dunia fashion maupun di bidang lain. Terutama di masa sekarang, di mana budaya berubah dengan cepat dan kepercayaan konsumen sulit didapatkan.

1.  Jangan Sekadar Mengikuti Tren, Tapi Aktif Mengikuti dan Berpartisipasi

Sepanjang kariernya, Wintour selalu punya indera untuk melihat tren berikutnya. Dia bahkan membantu mendefinisikan apa arti "fashion-forward" yang sebenarnya. Dia Tidak menunggu budaya datang secara otomatis, tapi dia tetap dekat, penasaran, dan terus mengikuti perkembangan zaman.

Sebagai marketer, kita sering kehilangan jejak terhadap perubahan budaya yang terjadi setiap hari. Fokus ke target bisnis dan rencana jangka pendek memang penting, tapi jangan lupa untuk mengamati percakapan, perhatian orang, dan arah perhatian yang sedang berkembang.


Tidak perlu keluar dari jalur dan kejar tren apa pun yang lagi hits. Tapi, jika Anda Tidak mendengarkan apa yang orang bicarakan di luar brand-mu sendiri, Anda mungkin sudah ketinggalan kereta.

2.  Konsistensi Menambah Credibility, Identitas Membuat Mudah Diingat

Semua orang tahu apa yang Anna Wintour perjuangkan. Rasa dan nilai-nilainya tercermin di setiap majalah Vogue yang dia pimpin. Ini yang membuat orang percaya, meskipun mereka mungkin tidak selalu setuju. Konsistensi di sini bukan berarti harus selalu sama dan monoton. Di dunia marketing, ada kecenderungan untuk terus-menerus mengejar inovasi dan tampil segar. Tapi yang membuat brand kuat dan diingat orang adalah kemampuan menunjukkan siapa kita dan apa yang kita perjuangkan secara jelas dan terus-menerus.

Dan tentu saja, Wintour dengan gaya ikoniknya dan ciri khasnya itu jadi “stamp of approval” yang tak tergantikan di dunia fashion.

3. Beri Ruang untuk Yang Baru dan Berani Bertaruh Padanya

Salah satu keunggulan Wintour adalah kenali talenta sejak dini. Dia memperjuangkan para desainer muda dan memberi mereka panggung sebelum publik benar-benar mengenalnya. Dia tahu bahwa inovasi dan kreativitas itu harus didukung, bahkan ketika itu masih ‘belum populer’.

Mempertahankan relevansi artinya juga memberi ruang untuk apa yang baru, meskipun belum terbukti. jika Anda sebagai brand, coba investasikan dalam kreator baru, perspektif berbeda, atau ide segar yang berani. jika Anda pemimpin, mungkin saatnya mentoring untuk orang yang berbeda dan punya cara pandang unik. Jadi, jangan takut buat tetap terbuka dengan hal-hal yang emerging dan belum pasti keberhasilannya.

4. Kerja dengan Serius dan Tetap Konsisten

Platform besar seperti  Vogue pasti punya ekspektasi tinggi. Wintour jarang beropini soal isu sosial-politik secara terbuka, karena dia lebih memilih menunjukkan pesan lewat karya dan keputusan yang dia buat. Tapi bila dia sudah memilih untuk berbuat sesuatu, itu memang sesuai dengan nilai dan identitasnya.

Dia juga tahu pentingnya kerja keras dan ketekunan. Wintour tetap fokus, grounded, dan tetap percaya diri dengan insting kreatifnya. Kepemimpinan semacam ini membutuhkan kejelasan dan komitmen yang kuat.

Intinya, saat pesan kita sampai ke banyak orang, bukan cuma soal metrik impact aja. Tapi apa yang kita normalisasi, siapa yang kita angkat, dan apa yang kita buat jadi norma baru. Apakah kita menciptakan ruang aman dan inspiratif, atau justru menambah keributan?

5. Gunakan Platform untuk Memberikan Makna di Masa Sulit

Dunia lagi tidak gampang sekarang. Ketegangan politik, ekonomi yang tidak stabil, dan sosial yang sering terpecah-pecah membuat orang merasa overwhelmed. Jadi, apa sih yang harus dilakukan brand atau pemimpin saat situasi seperti ini?

Wintour memberi inspirasi lewat karya yang berkualitas dan penuh inovasi. Meskipun Tidak harus besar secara dramatis, kita bisa tunjukkan nilai dan rasa hormat lewat apa yang kita buat. Memberi sesuatu yang bermakna di saat orang membutuhkannya itu penting banget.

Anna Wintour tidak selalu sempurna, dan dia Tidak selalu populer. Tapi selama dia memimpin, dia tetap jelas tujuannya. Dia tetap penasaran, invest di orang dan komunitas, dan percaya bahwa kreativitas bisa memberi dampak nyata.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER