Namanya berbisnis, akan selalu ada tantangan dan masalah yang perlu Anda hadapi. Ada saatnya bisnis Anda berhasil melewati tantangan yang menghadang dan mendapatkan keuntungan. Tapi ada kalanya bisnis mengalami kerugian dan kegagalan. 

Apakah saat ini Anda sedang mengalami kegagalan? Jika iya, maka tetap tenang adalah kunci pertama yang harus Anda miliki untuk bisa bangkit lagi. Setelahnya, coba terapkan langkah mengatasi kegagalan berbisnis yang akan diulas secara lengkap pada artikel ini.

Cara Efektif dan Cepat untuk Mengatasi Kegagalan dalam Berbisnis

cari tahu penyebab kegagalan

  1. Cari Tahu Penyebab Kegagalan dan Lakukan Evaluasi

Sama seperti saat Anda jatuh, pasti ada bagian tubuh Anda yang sakit. Saat mengalami kegagalan juga bisa jadi hal yang sama Anda rasakan. Namun jangan biarkan diri Anda larut dalam kepanikan dan kesedihan. Cukup tenangkan diri dulu, kemudian mulailah mencari tahu apa yang jadi penyebab kegagalan?

Apakah penerapan digital marketing dan social media marketing yang Anda lakukan sudah tepat sasaran? Bagaimana tingkat kepuasan pelanggan? Apa yang sudah Anda terapkan untuk layanan pelanggan, peningkatan sumber daya manusia di dalam perusahaan, dan sebagainya. 

Lakukan evaluasi secara keseluruhan melalui laporan kinerja usaha yang sudah dijalani selama ini. Amati dengan detail, bagian mana saja dari usaha Anda yang belum bekerja secara optimal. Jika sudah menemukan penyebabnya, segera lakukan perencanaan untuk melakukan perbaikan dan bangkit dari kegagalan.

  1. Bangun Energi Positif untuk Bangkit dan Hindari Mengambil Keputusan Gegabah

Saat jatuh ke tanah, kadang untuk berdiri ya sulit karena bisa jadi kaki Anda terluka. Maka ketika mengalami kegagalan, sudah tahu penyebab bisnis Anda gagal, sudah membuat rencana dan evaluasi untuk bangkit, tetap saja dibutuhkan upaya yang keras untuk bangkit. 

Ini manusiawi dan Anda tidak sendiri. Kalau Anda lihat di luar sana ada banyak pebisnis yang juga pernah mengalami kegagalan dan akhirnya sukses. Nah, coba bangun energi positif supaya Anda bisa bangkit dengan penuh semangat. Caranya, Anda bisa belajar dari pebisnis lain yang sudah duluan sukses, berdiskusi dengan sesama pebisnis, atau banyak membaca buku perjalanan sukses pebisnis dunia.

Di saat yang sama, terutama dalam kondisi Anda masih berusaha untuk bangkit dari keterpurukan, hindari mengambil keputusan gegabah, misalnya mengambil kredit dalam jumlah besar hanya demi bisa bangkit atau memulai usaha lain dan meninggalkan usaha lama. Keputusan yang diambil secara gegabah dan tanpa perencanaan bisa jadi malah membawa Anda terpuruk semakin dalam.

mencari dan belajar penyebab kegagalan

  1. Mencari dan Belajar dari Mentor Bisnis

Bertanya kepada orang lain mengenai suatu hal yang belum bisa Anda lakukan dengan baik, tak akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang bodoh. Dengan bertanya kepada pebisnis lain yang telah lebih dulu sukses, akan memberi Anda cara pandang baru dalam menjalankan bisnis. 

Lebih baik lagi kalau Anda bisa mencari dan menemukan mentor bisnis. Dari mereka, Anda bisa belajar banyak hal tentang bisnis, mulai dari pembuatan model bisnis yang spesifik, cara mengimplementasikan berbagai strategi marketing, atau cara terbaik mencapai target. Anda tentunya perlu aktif mengajukan pertanyaan dan menggali sebanyak mungkin pengalaman mentor dalam menjalankan bisnis, yang kemudian bisa Anda terapkan pada bisnis Anda sendiri.

  1. Susun Ulang Strategi untuk Bangkit dan Kembali Menjalankan Bisnis

Setelah Anda tahu faktor yang menyebabkan terjadi kegagalan, melakukan evaluasi, sudah memiliki ilmu dan perspektif baru dalam menjalankan bisnis, kini saatnya Anda menyusun ulang strategi bisnis yang paling sesuai dengan target market Anda.

Dalam penyusunan strategi baru supaya bisnis bisa dijalankan dengan lebih baik, coba terapkan pula beberapa hal berikut: 

bangun support system untuk mencari solusi

  1. Bangun Support System untuk Membangun Bisnis dengan Cara yang Lebih Baik

Hal penting berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membangun support system yang akan memberi dukungan, sehingga Anda bisa membangun bisnis yang lebih stabil dan tidak lagi mengalami kegagalan. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif, memiliki mindset bisnis, bergabung dalam komunitas bisnis sebagai wadah belajar dan sharing pengalaman, dan bangun pula networking profesional yang mendukung bisnis. 

Cara lain, Anda bisa pula meminta dukungan kepada pihak yang lebih berpengalaman dan terpercaya untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dengan lebih cepat dan lebih baik. Salah satunya, bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta terpercaya. Supaya Anda tak salah pilih dalam menjalin kerja sama atau menggunakan jasa digital marketing agency, coba baca juga tips berikut:

Sebagai pebisnis, akan selalu ada tantangan dan masalah yang perlu dihadapi. Jangan fokus pada masalahnya, namun fokuskan perhatian Anda pada solusi. Andaipun Anda terpaksa mengalami kegagalan, tetap tenang dan berpikiran jernih, kemudian bangkit untuk mencoba lagi. Terapkan 5 cara bangkit dari kegagalan bisnis pada artikel Redcomm Knowledge kali ini dan tetap semangat!