Kendala yang paling banyak dialami oleh para marketer dan pengambil keputusan bisnis biasanya berkaitan dengan analisis data digital marketing, mulai dari proses pengumpulan data, melakukan analisis, dan menggunakan data-data pemasaran dengan akurat. Prinsip berikutnya, Anda juga mengetahui jenis data analisis yang diperlukan dan sesuai dengan bisnis Anda. Apabila mampu menguasai teknik analisis data digital marketing, Anda akan mendapatkan insight yang akurat untuk bisnis yang sedang dijalankan.

 

Melalui insight tersebut, Anda bisa mengetahui ke mana modal digunakan, apa saja hal yang ditanggapi oleh para pelanggan, bagaimana cara agar pemasaran dan promosi yang Anda lakukan berhasil diubah menjadi penjualan, dan lain sebagainya. Dengan memiliki strategi analisis data digital marketing yang tepat, Anda akan memiliki keunggulan kompetitif dalam berbisnis.

 

Satu hal yang perlu diketahui, digital marketing selalu berubah dengan cepat sehingga Anda juga harus sering memperbarui pengetahuan tentang strategi analisis data marketing agar selalu up to date.

 

6 Strategi Analisis Data dalam Digital Marketing

Berikut adalah 6 strategi analisis data dalam digital marketing yang mampu mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

 

 

  1. Definisikan Masalahnya

Coba ambil contoh, Anda adalah seorang manajer pemasaran yang ingin memeriksa, mengapa web perusahaan memiliki kinerja yang buruk. Anda harus melakukan analisis data digital marketing agar menghasilkan prospek yang lebih baik dari web tersebut. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa masalah yang ingin diselesaikan.

 

Dengan mengetahui apa masalahnya, Anda bisa menentukan data apa yang harus dilacak, untuk selanjutnya melakukan analisis data digital marketing. Jika Anda melacak dan menganalisis data yang tidak tepat, hasilnya juga akan mengarah pada asumsi yang salah. Apabila Anda membuat keputusan dengan data yang tidak mencukupi, bisa dipastikan, usaha Anda akan berjalan di tempat.

 

  1. Tetapkan Sasaran Bisnis Berdasarkan Data

Ketika Anda telah menentukan tujuan dan mengetahui masalah yang ingin diselesaikan, maka Anda dapat segera bergerak ke langkah selanjutnya. Dengan memiliki tujuan yang terukur, Anda dapat memastikan langkah yang diambil sudah tepat. 

 

Analisis data digital marketing harus selalu berdasarkan tujuan tersebut agar seluruh data yang tercantum memiliki makna. Oleh karena itu, tetapkan terlebih dahulu goals atau sasaran bisnis yang hendak Anda capai dengan berdasarkan dari data hasil analisis digital marketing yang sebelumnya sudah dilakukan.

 

 

  1. Kumpulkan Data-Data yang Akurat

Agar mendapat kesimpulan yang tepat, pastikan Anda memiliki tools yang bisa diandalkan untuk analisis data digital marketing. Selain itu, data yang dihasilkan juga harus mudah diinterpretasikan. Sebagai tambahan informasi, Anda bisa juga membaca dulu tentang 5 proses analisis data untuk pengambilan keputusan bisnis.

 

Selanjutnya, Anda perlu menemukan cara untuk mengetahui perilaku pengguna agar data yang dihasilkan akurat. Misalnya, URL, kode, maupun plugin yang tepat, yang bisa menunjukkan bagaimana cara audiens tiba di halaman Anda, apa saja yang mereka klik, apakah mereka melihat iklan atau tidak, dan sebagainya. 

 

Perangkat pelacak yang dapat digunakan, misalnya Facebook Pixel dan JavaScript Google analytics. Ingat, pastikan Anda sudah mengatur fiturnya dengan tepat sehingga perangkat tahu apa yang harus dilacak.

 

  1. Lakukan Perubahan

Untuk mencapai tujuan di atas, Anda harus memutuskan apa saja yang harus diubah dan bagaimana cara mengubahnya. Tahapan yang satu ini memang memerlukan hipotesis berdasarkan analisis data digital marketing yang sebelumnya sudah dilakukan. 

 

Cobalah menggunakan pengujian A/B atau A/B testing. Selain itu, lakukan pula pengujian terhadap pengguna, kemudian pelajari hasilnya, lalu lakukan pengukuran terhadap perubahan yang ada. Dianjurkan untuk menggunakan perubahan yang telah dibuat sebelumnya sehingga Anda bisa mendapatkan titik referensi serta mendapatkan pengalaman yang berharga.

 

  1. Eksperimen dan Pengalaman

Anda perlu memaksimalkan kinerja landing page website. Perhatikan pula 7 hal yang harus ada dalam landing page bisnis untuk memaksimalkan konversi. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun, jangan terlalu puas pula dengan hasil yang sudah ada, karena strategi digital marketing dan analisis data tidak bersifat tetap. 

 

Dunia digital marketing terus berubah dari waktu ke waktu seiring perubahan teknologi yang ada. Strategi sukses pun sifatnya dinamis. Jadi, pastikan Anda selalu melakukan pendekatan kreatif agar dapat terus meningkatkan performa bisnis dan menemukan cara untuk memantaunya. 

 

Terkadang, Anda harus mau melakukan eksperimen dengan tren baru setiap tahunnya,  sehingga analisis data digital marketing yang dilakukan juga mengalami perubahan.

 

 

  1. Nilai dan Pivot

Ketika sedang melakukan eksperimen dengan tren baru, sangat penting bagi Anda melihat data secara cermat dan mendengarkan tim marketing

 

Di luar sana banyak tren pemasaran baru tanpa melalui proses uji coba yang cukup. Anda mungkin belum berpengalaman dengan tren ini, tetapi ini merupakan peluang bagus untuk menjadi yang terbaik di antara sesama pesaing yang belum paham menjalankan strategi baru tersebut. Risiko yang dihadapi memang lebih besar, tetapi hasilnya bisa dipastikan lebih tinggi.

 

Demikian 6 strategi analisis data dalam digital marketing untuk bisnis Anda. Jika membutuhkan teman diskusi lebih lanjut untuk menciptakan pertumbuhan bisnis, jangan segan dan malu untuk menghubungi Tim Redcomm yang siap membantu Anda. Untuk diketahui, Redcomm adalah top digital marketing agency Indonesia dan merupakan digital marketing agency Jakarta, yang sudah berpengalaman dalam membantu lebih dari 500 brand mencapai goals bisnis.