Tujuannya, agar penerapan lead generation yang Anda lakukan bisa meningkatkan jumlah pelanggan, membangun brand awareness yang lebih kuat, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.
Nah, berikut beberapa keuntungan lead generation bagi pengembangan bisnis yang berkelanjutan, yaitu:
1. Targeted Audience
Salah satu keuntungan utama dari lead generation adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens yang sesuai dengan produk atau layanan bisnis yang tersedia.
Anda dapat menyesuaikan strategi untuk menjangkau orang-orang yang memiliki minat atau kebutuhan yang relevan dengan apa yang Anda tawarkan.
Contoh:
Bisnis Anda menjual perabot rumah tangga. Maka menerapkan lead generation memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak informasi kontak dari calon konsumen yang baru saja membeli rumah atau baru pindahan. Mereka ini sudah tentu membutuhkan berbagai perabotan rumah tangga untuk mengisi rumah mereka.
2. Data untuk Dianalisis
Lead generation memiliki potensi cakupan calon pelanggan yang lebih luas, bahkan dapat menjangkau wilayah yang berbeda dengan lokasi bisnis Anda berada. Artinya, Anda akan semakin mudah mendapatkan lebih banyak data yang bisa dievaluasi dan dianalisis.
Dari data tersebut, Anda tinggal melakukan sortir, mana pelanggan yang memang berpotensi tinggi untuk melakukan pembelian, dan mana yang masih baru kenal dengan brand Anda.
3. Dampak Positif pada Konversi
Lead generation dapat memiliki dampak positif pada peningkatan konversi. Jadi, calon konsumen yang telah menunjukkan minat pada suatu produk atau layanan bisnis yang Anda sediakan, akan dengan sukarela memberikan informasi kontak mereka.
Nah, pelanggan seperti ini memiliki kecenderungan memang membutuhkan produk tersebut sehingga potensi mereka melakukan pembelian jauh lebih besar. Dengan cara ini, strategi pemasaran yang Anda lakukan juga jadi lebih efektif karena langsung menyasar pelanggan potensi.
Contoh: agen real estate menggunakan kampanye email marketing untuk menjangkau calon konsumen potensial berdasarkan data kontak yang terkumpul dari aktivitas lead generation.
Di dalam email, ada informasi mengenai properti yang sesuai dengan preferensi calon konsumen, lengkap dengan spesifikasi, fasilitas, hingga harga unitnya.
Hasilnya, peluang konversi lebih terbuka lebar dan potensi kunjungan konsumen untuk melihat langsung unit yang tersedia juga semakin besar.
4. Memudahkan Pelanggan Berinteraksi dengan Bisnis
Nilai lebih dari adanya leads (prospek) online, calon pelanggan jadi lebih mudah berinteraksi secara rutin dengan produk maupun layanan bisnis yang Anda tawarkan. Mereka bisa melihat, mempelajari, maupun mencari tahu lebih banyak, kapan pun mereka membutuhkannya, tanpa adanya batasan waktu, tempat, dan jarak.
Apalagi jika secara konsisten Anda mengirimi mereka email, menyediakan berbagai konten berkualitas, membagikan konten di media sosial, menyediakan form subscribe sehingga mereka terus terhubung dengan bisnis Anda, dan sebagainya.