Bagi Anda yang baru membangun bisnis UMKM, leads menjadi salah satu hal terpenting yang harus Anda peroleh untuk mengembangkan bisnis. Leads merupakan calon konsumen potensial yang mampu meningkatkan penjualan dan citra bisnis yang ingin Anda bangun. Perlu diketahui, di era industri digital ini Anda bisa dengan mudah memanfaatkan satu konsumen untuk mendapatkan lebih banyak konsumen lainnya secara cepat. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara terbaik untuk peningkatan lead atau disebut dengan lead generation.

 

Apa Sebenarnya Lead Generation?

Lead generation adalah suatu strategi atau cara yang dapat ditempuh demi menarik calon konsumen yang sudah Anda bidik untuk menjadi leads yang berpotensi melakukan pembelian. Dengan menerapkan lead generation yang tepat, Anda tidak hanya bisa mendatangkan satu calon konsumen saja, namun bisa mendatangkan sekaligus banyak serta bisa pula sekalian membuka saluran penjualan yang jauh lebih luas. Untuk itu, Anda tidak boleh sembarangan bila ingin menerapkan lead generation untuk membangun bisnis UMKM. Lebih jelasnya, berikut beberapa tips jitu penerapan lead generation bagi Anda yang baru membangun bisnis UMKM.

 

 

Melakukan Branding Secara Optimal

Perlu diketahui, di luar sana ada banyak sekali orang yang kemungkinan memiliki pemikiran yang sama dengan Anda, yaitu ingin membangun bisnis sendiri. Semakin banyak orang memulai bisnis UMKM, maka semakin tinggi tingkat persaingan pasar yang terjadi. Satu-satunya cara agar bisnis Anda terlihat lebih menonjol dari bisnis lainnya, Anda harus memiliki branding yang kuat. 

 

Branding berkaitan dengan pemberian simbol, tanda, istilah, nama, rancangan, serta lainnya pada kemasan yang benar-benar menunjukkan bahwa itu adalah milik Anda. Jika branding Anda kuat, maka konsumen bisa langsung mengenali brand Anda hanya dari melihat kemasan yang membungkus produk meski berada di tengah-tengah produk kompetitor yang juga banyak tersebar di pasar. 

 

Oleh karena itu, penting bagi Anda memperkuat dan mengoptimalkan branding bisnis. Keberadaan branding juga bertujuan memudahkan identifikasi produk, jasa, atau apa pun yang Anda tawarkan sebagai salah satu bagian dari pelayanan bisnis yang ingin memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal. Cara memperkuat branding bisa dengan pembuatan logo, tagline yang menarik, memantapkan karakter co-branding, aktif di media sosial.

 

 

Mengaktifkan Media Sosial

Apabila Anda ingin melakukan pendekatan dengan lead atau calon konsumen potensial, Anda bisa menggunakan media sosial, mengingat saat ini hampir semua orang secara aktif menggunakan media sosial untuk berbagai hal. Beberapa media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan masih banyak lainnya. 

 

Melalui platform media sosial, Anda bisa secara aktif, namun tetap natural, melakukan pendekatan dan menarik perhatian leads dengan lebih mudah. Bahkan Anda bisa melakukan analisis terkait minat, kesukaan, dan keseharian calon konsumen dari media sosial. Buatlah konten yang menarik dan kreatif untuk mengundang calon konsumen berinteraksi di postingan Anda agar mereka semakin mengenal brand yang Anda usung, sekaligus produk dan layanan yang Anda sediakan.

 

Untuk cost yang harus dikeluarkan, Anda juga tidak perlu khawatir, sebab anggaran biaya iklan yang dikeluarkan untuk melakukan promosi di media sosial terbilang sangat murah, bahkan ada cukup banyak fitur digital marketing yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Penggunaan platform media sosial ini menjadi cara terbaik untuk penerapan lead generation pada bisnis UMKM. Terlebih Anda bisa mengisi akun media sosial untuk bisnis Anda dengan info seputar produk, kegiatan, interaksi, ataupun konten lain yang berpotensi menarik leads.

 

Mengikuti Forum Diskusi dan Mengadakan Webinar

Belajar memang menjadi proses yang harus dilakukan terus menerus untuk meningkatkan pengetahuan, termasuk bagi Anda yang ingin membangun bisnis UMKM. Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengikuti kelas karena kesibukan merintis bisnis UMKM, maka forum diskusi menjadi pilihan terbaik untuk Anda bertukar pikiran. 

 

 

Saat ini, ada banyak forum diskusi online yang bisa Anda jadikan wadah untuk melihat dan memperoleh ide baru untuk perkembangan bisnis yang dijalani. Anda bisa bergabung dengan berbagai grup yang ada di Facebook, Kaskus, atau forum-forum diskusi online lainnya. Anda bisa pula bergabung di komunitas yang anggotanya memiliki minat yang sama dengan Anda, yaitu belajar membangun bisnis. 

 

Setelah Anda memperoleh ilmu yang cukup, aplikasikan semuanya pada bisnis yang sedang dibangun. Trial and error bisa saja terjadi, namun teruslah berusaha menerapkan berbagai ilmu bisnis yang sudah Anda pelajari. Percayalah, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, termasuk dalam hal mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki bisnis yang besar. 

 

Itulah beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan sebagai upaya dari lead generation pada bisnis UMKM yang baru di bangun. Untuk pengaplikasian lead generation memang membutuhkan upaya dan keberanian mencoba satu persatu strategi mendapatkan leads. Apabila Anda konsisten melakukan inovasi dan berusaha tetap fokus, proses menarik minat leads akan lebih mudah dilakukan.