Menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM) tidak semata-mata hanya untuk mendapatkan pelanggan saja.
Menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM) tidak semata-mata hanya untuk mendapatkan pelanggan saja.
Tetapi bagaimana Anda mendorong calon pelanggan mau menjadi pelanggan setia bisnis Anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah membangun CRM yang efektif di bawah ini.
Langkah pertama dalam membangun CRM yang kuat adalah memiliki visi dan misi perusahaan yang jelas.
Visi yang berfokus pada keunggulan dalam pelayanan pelanggan dapat mendorong perusahaan untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan.
Sementara misi yang berkomitmen untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan dapat menjadi dasar pengembangan strategi CRM yang efisien.
Agar dapat memahami pelanggan dengan lebih baik, Anda perlu merekam semua jejak perilaku pelanggan. Nantinya seluruh data pelanggan yang sudah Anda kumpulkan, bisa Anda analisis untuk mengidentifikasi pola perilaku konsumen.
Nantinya, rekam jejak customer behavior ini akan menjadi dasar dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat sasaran, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan merancang program loyalitas yang tepat.
Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan CRM. Oleh karena itu, Anda perlu aktif berkomunikasi dengan pelanggan melalui berbagai saluran.
Komunikasi di sini bukan berarti Anda terus menerus berjualan ya, tetapi upayakan ada nilai tambah yang Anda berikan dalam setiap interaksi dengan pelanggan. Misalnya benefit yang akan pelanggan dapatkan jika menjadi member.
Baru kemudian Anda bisa melengkapi informasi lainnya yang berkaitan dengan produk dan layanan bisnis terkini, solusi yang dapat membantu pelanggan menyelesaikan masalah mereka, hingga membangun kepercayaan.
Untuk bisa memberikan layanan pelanggan terbaik, mau tidak mau Anda sebagai pemilik usaha harus memastikan tim Customer Service (CS), misalnya, sudah terlatih dengan baik.
Maksud dari memberikan layanan terbaik bukan hanya menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan, tetapi juga membangun kepercayaan, loyalitas, dan hubungan jangka panjang.
Karena CRM adalah sistem yang bisa membantu Anda mempertahankan pelanggan, sekaligus bermanfaat juga untuk meningkatkan penjualan, maka susunlah strategi yang bisa mendorong pelanggan melakukan pembelian ulang.
Misalnya dengan mengirimkan voucher belanja atau diskon khusus dalam email marketing campaign.
Perhatian di hari spesial pelanggan, misalnya saat pelanggan merayakan hari ulang tahun, Anda bisa memberi gift dalam bentuk kupon free produk eksklusif dengan nominal pembelian tertentu.
Selain itu, Anda bisa juga menerapkan CPA marketing untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.
Feedback pelanggan merupakan sumber informasi sekaligus bisa menjadi insight penting mengenai kepuasaan mereka terhadap bisnis Anda.
Dari umpan balik yang pelanggan berikan, Anda bisa mengetahui beberapa hal berikut:
Daftar pertanyaan di atas hanyalah contoh. Anda bisa menyesuaikannya dengan informasi apa saja yang ingin Anda ketahui dari feedback yang pelanggan berikan.
Pada prinsipnya, mendengarkan feedback pelanggan tak hanya menciptakan kesan kalau Anda menghargai pelanggan, tetapi ini menjadi cara terbaik untuk memperkuat hubungan dan membuka peluang memperluas basis pelanggan.
Pastikan sistem CRM yang Anda gunakan terintegrasi secara sempurna dengan strategi keseluruhan perusahaan sehingga Anda bisa mencapai tujuan yang ditetapkan dengan lebih cepat.
Selain itu, integrasi yang baik antara sistem CRM dan strategi perusahaan juga mendukung pengambilan keputusan yang lebih tepat dan respons yang lebih cepat terhadap perubahan pasar atau tren pelanggan.
Analisis data yang cermat memungkinkan perusahaan merespons secara lebih tepat terhadap tren pasar, meningkatkan personalisasi layanan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran.
Di saat yang sama, pemahaman yang lebih mendalam terhadap data pelanggan juga memungkinkan perusahaan lebih cepat tanggap untuk melakukan perbaikan atau pengembangan lebih lanjut.
Dokumentasikan setiap interaksi dengan pelanggan. Ini termasuk catatan pertemuan, percakapan telepon, dan komunikasi tertulis lainnya.
Kenapa hal ini penting? Supaya Anda bisa lebih mudah memahami customer journey, mulai dari mereka berposisi sebagai lead potensial, hingga akhirnya menjadi pelanggan setia yang terus melakukan pembelian berulang.
Saat semua data pelanggan terdokumentasi dengan baik, maka ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:
Dengan menerapkan 9 cara membangun Customer Relationship Management di atas, Anda bisa lebih memahami kebutuhan dan perilaku konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka dengan baik. Hasilnya akan menjadi semakin baik kalau Anda juga menerapkan Customer Relationship Management (CRM) Anti Gagal.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC