knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

CPA Marketing dalam Model Periklanan untuk Mendapatkan Lebih Banyak Keuntungan

13 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 10.910  
Digital Marketing

CPA Marketing Dalam Model Periklanan Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Keuntungan

Sebagai pemilik website, apakah Anda pernah menjadi publisher dan mengaplikasikan CPA marketing pada website?

Banyak pemilik bisnis yang menerapkan CPA marketing, karena sistem ini memberikan keuntungan berlipat ganda dibandingkan strategi pemasaran lainnya.

Lalu, bagaimana dengan penerapan CPA marketing dalam model periklanan di media sosial?

Apa Itu CPA Marketing?

CPA marketing merupakan singkatan dari cost per action. Nah pengertian CPA marketing adalah strategi pemasaran online menggunakan sistem pay per leads yang menghasilkan komisi bagi Anda.

Dengan sistem ini, Anda sebagai publisher bisa mendapatkan keuntungan lebih dari respons pengguna.

Beberapa action yang pengguna lakukan, misalnya mengunduh suatu file atau dokumen yang Anda sediakan, menginstal aplikasi, pengisian form, meninggalkan data diri dan email, atau melakukan pembelian di landing page.

Keuntungannya juga berbeda, antara satu hingga 10% dari total keseluruhan harga produk. Supaya bisa lebih memahami, berikut beberapa istilah penting dalam CPA marketing yang perlu Anda tahu:

  • Publisher adalah orang yang mempromosikan produk atau brand di website.
  • Advertiser adalah perusahaan partnership CPA yang meminta dipromosikan bisnisnya.
  • Offer adalah penawaran yang diberikan oleh advertiser, seperti produk atau layanan yang harus dipromosikan oleh publisher.
  • Lead adalah hasil tindakan yang diinginkan, seperti mengisi formulir, mendaftar, atau melakukan pembelian. Dalam CPA, publisher dibayar berdasarkan jumlah lead.
  • Conversion adalah saat pengguna melakukan tindakan yang diinginkan oleh advertiser setelah mengklik iklan atau tautan, seperti pendaftaran atau pembelian.

Alasan Pemasangan Iklan Menggunakan CPA Marketing

CPA marketing adalah model periklanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis kepada pengguna internet secara luas.

Strategi marketing ini bahkan dikatakan lebih menguntungkan daripada pemasangan iklan di Facebook ads, atau lainnya. Alasan pemasangan iklan menggunakan CPA marketing lebih menguntungkan, antara lain:

1. Mudah Dijalankan

Alasan pertama dari penggunaan CPA marketing adalah mudah dijalankan. Anda hanya memerlukan satu situs web yang aktif, lalu mendaftarkan website tersebut ke CPA network.

Kemudian selesaikan beberapa tahapan melalui bimbingan Affiliate Manager atau AM. Melalui bimbingan tersebut, Anda bisa belajar cara memasang iklan dan mempromosikan produk di website Anda.

Selanjutnya sebagai pemilik web, Anda hanya perlu memantau traffic dan memproduksi konten relevan guna mendapatkan click yang mendatangkan lebih banyak keuntungan.

2. Modal Minim

Alasan berikutnya, sistem beriklan menggunakan metode CPA marketing tidak membutuhkan banyak modal.

Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan uang saat mendaftarkan website ke CPA network untuk bergabung menjadi publisher.

Satu-satunya persyaratan wajib sebelum Anda memasang iklan CPA adalah memiliki website pribadi.

3. Peluang Untung Semakin Besar

Dalam sekali unggah, Anda sudah memiliki peluang untuk mendapatkan komisi berlipat. Keuntungan yang akan Anda dapatkan sesuai dengan banyaknya action dari pengunjung situs web.

Jika ingin hasil berlipat ganda, Anda bisa meningkatkan traffic dengan cara share konten di media sosial.

Logika sederhananya begini: jika website memiliki 500 pengunjung dalam sehari dan satu action mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1000,-, maka tinggal kalikan saja kedua angka tersebut. Itulah keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Oleh karena itu, selain mengandalkan konten website dan pengunjung organik, Anda perlu memanfaatkan media sosial secara maksimal.

4. Jam Kerja Lebih Fleksibel

Jika memilih CPA marketing sebagai strategi pemasaran online, maka jam kerja Anda saat melakukan proses pemasaran jadi lebih fleksibel.

CPA Marketing menjadi pilihan bagi kebanyakan orang untuk memasang iklan. Selain menawarkan kemudahan dalam beriklan, strategi ini juga terbukti efektif.

Itu sebabnya, cukup banyak pelaku bisnis memilih memasang iklan, dan tentunya tetap memaksimalkan media sosial dan beriklan juga di Facebook ads.

5. Menargetkan Audiens yang Tepat

Keuntungan lain dari CPA marketing adalah mampu menargetkan audiens yang spesifik dan relevan sesuai produk atau layanan yang ditawarkan.

Dengan menggunakan teknik penargetan yang cermat, seperti penempatan iklan berdasarkan minat, demografi, atau perilaku pengguna, advertiser dapat memastikan iklan mereka hanya dilihat oleh orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan.

Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang konversi, tetapi juga mengurangi terbuangnya biaya iklan hanya karena iklan tampil pada target audiens yang kurang relevan.


Dalam dunia digital marketing, CPA marketing menawarkan pendekatan yang efisien dan menguntungkan bagi publisher dan advertiser.

Fleksibilitas, kemudahan, serta kemampuan menargetkan audiens dengan tepat menjadikan CPA marketing sebagai salah satu strategi terbaik dalam model periklanan digital masa kini.

Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan iklan pencarian di media sosial. Ini penjelasan lengkapnya: Iklan Pencarian Media Sosial Memberi Peluang Bagi Pemasar dalam Mendongkrak Kinerja Pemasaran.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER