knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Iklan Pencarian M...

Iklan Pencarian Media Sosial Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran

29 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 1.891  
Social Media

iklan pencarian memenangkan posisi di search engine

Pemasaran digital atau digital marketing terus berkembang seiring dengan adanya integrasi antara mesin pencari dan media sosial.

Di tengah perkembangan ini, para pemasar mengamati peluang baru yang muncul, apalagi dengan meningkatnya popularitas iklan pencarian di platform Instagram dan TikTok.

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Pencarian?

Iklan pencarian atau search ads adalah salah satu metode promosi online, yang mana iklan akan tampil kepada pengguna yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Pencarian ini bisa pengguna lakukan di mesin pencari maupun langsung di platform media sosial.

Lalu, apa saja manfaat menggunakan iklan pencarian di TikTok dan Instagram hingga contoh iklan pencarian yang populer? Lanjutkan membaca penjelasan di artikel ini sampai selesai.

Manfaat Menggunakan Iklan Pencarian di TikTok dan Instagram

Perpaduan antara kinerja pemasaran dan iklan pencarian di platform media sosial bisa menjadi penunjang yang menjanjikan bagi para marketer dalam menggapai kesuksesan pemasaran, seperti mencapai target perhitungan return of investment (ROI).

Sebagai pebisnis, Anda harus terus mencari cara baru untuk mencapai target audiens yang sesuai.

Dalam upaya ini, TikTok dan Instagram telah menyediakan fitur pencarian yang menawarkan peluang besar bagi para pengiklan.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan fitur pencarian, antara lain:

1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Memanfaatkan iklan pencarian membantu Anda meningkatkan visibilitas bisnis di dunia maya, sekaligus dapat membangun brand awareness

Ketika kedua hal tersebut berhasil Anda dapatkan, maka Anda secara tidak langsung akan membantu konsumen mempercepat proses pengambilan keputusan pembelian. 

Prinsip sederhananya, semakin sering iklan pencarian brand Anda muncul di platform media sosial, maka secara otomatis konsumen akan lebih mudah mengingat dan mengenali brand Anda.

Masalah yang muncul berikutnya, masih banyak pebisnis yang belum tahu cara menjalankan iklan pencarian. Apakah Anda salah satunya? 

Jika iya, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam melakukannya.

2. Target Audiens Lebih Relevan

Search ads memudahkan Anda mencapai audiens yang lebih luas dan lebih relevan, sesuai target audiens brand Anda. Apalagi saat ini nstagram dan TikTok memiliki jutaan pengguna aktif.

Semakin sering iklan pencarian terkait brand Anda tayang, semakin besar peluang mengubah pengguna menjadi pelanggan potensial.

3. Hemat Biaya Iklan

Menghemat biaya pemasaran di media sosial karena biasanya marketer hanya perlu membayar iklan sesuai jumlah klik yang didapatkan.

Kelebihan Search Ads di TikTok dan Instagram

TikTok dan Instagram telah menjadi dua platform media sosial yang sangat diminati, baik oleh pengguna maupun pemasar.

Hal inilah yang membuat banyak marketer tertarik menggabungkan strategi pemasaran digital dengan iklan pencarian di kedua platform ini demi peningkatan kinerja pemasaran.

Anda pun bisa melakukan hal yang sama, yaitu mengoptimalkan iklan melalui fitur pencarian yang disediakan oleh Instagram dan TikTok. Berikut kelebihan search ads di Instagram dan TikTok:

1. Kelebihan Iklan Pencarian di Instagram

Iklan pencarian di Instagram memungkinkan pengguna untuk menemukan produk atau layanan dengan cepat.

Anda sebagai pengguna dapat melakukan pencarian berdasarkan kata kunci atau tagar tertentu. Kemudian hasilnya akan menampilkan iklan yang relevan dengan kata kunci yang dicari.

Hal ini memberikan peluang bagi para pemasar seperti Anda untuk menjangkau target audiens yang tepat.

2. Fitur Iklan Pencarian di TikTok

TikTok juga meluncurkan fitur iklan pencarian yang memungkinkan pengguna menemukan konten yang relevan berdasarkan kata kunci yang mereka cari.

Dengan demikian, iklan pencarian di TikTok memberikan kesempatan bagi Anda memasarkan produk atau layanan kepada pengguna yang tertarik dengan topik atau kategori yang relevan.

Membangun Kesadaran Merek Melalui Pencarian Terarah

Memasang iklan pencarian di TikTok dan Instagram dengan kata kunci tertarget memungkinkan Anda membangun kesadaran merek hingga memperkuat citra merek. Apalagi saat ini ada banyak jenis iklan di TikTok ads.

Ketika pengguna mencari produk atau layanan terkait, iklan yang muncul dalam hasil pencarian akan memperkuat keterkaitan merek dengan topik tersebut, meningkatkan kesadaran, dan pengenalan merek.

Brand awareness adalah salah satu faktor penting yang bisa membedakan brand Anda dengan kompetitor dan memperkuat visibilitas brand di pasar.

Tak hanya itu, brand awareness yang kuat akan berpengaruh pada hubungan jangka panjang antara brand dengan konsumen. Inilah yang kemudian berpotensi memperbesar peluang terjadinya peningkatan penjualan.

Performa Pemasaran Meningkat dengan Iklan Pencarian

Kehadiran iklan pencarian di Instagram dan TikTok memberikan dorongan baru bagi para pemasar dalam meningkatkan performa pemasaran.

Tak hanya memudahkan pengguna aktif menemukan konten yang mereka butuhkan, namun memanfaatkan iklan pencarian memungkinkan Anda:

  • Mengukur dan mengoptimalkan kinerja kampanye dengan melihat analitik pencarian di Instagram dan TikTok. Fitur analitik akan membantu Anda memantau metrik, seperti klik, tayangan, dan konversi.
  • Anda dapat memahami respons pengguna terhadap iklan yang berjalan. Hal ini memungkinkan Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kampanye dan mencapai hasil yang lebih baik.
  • Iklan pencarian di Instagram dan TikTok memberikan pengalaman yang personal dan interaktif bagi pengguna.
  • Mengoptimalkan iklan pencarian membuat Anda lebih mudah menjangkau audiens yang relevan secara lebih efektif, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong konversi yang lebih tinggi.

Selain iklan pencarian, Anda juga bisa mencoba jenis iklan lainnya yang tersedia di platform TikTok maupun Instagram sebagai strategi digital marketing brand Anda. Yuk, Kenali Dulu Jenis Iklan TikTok Ads Agar Bisa Pasang Iklan yang Tepat.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER