MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tips Memimpin Pemasaran LinkedIn Pada Tahun 2023

 · 
2 min read
 · 
eye 636  
Social Media

redcomm

LinkedIn tetap menjadi platform media sosial B2B yang paling sukses, dengan lebih dari 950 juta anggota dan 63 juta perusahaan yang terdaftar di platform ini. 

Semuanya menggunakannya untuk segala hal mulai dari rekrutmen hingga membangun merek pribadi dan perusahaan serta penjualan sosial.

Tidak diragukan lagi, kamu dan bisnismu juga ada di LinkedIn, tapi bagaimana caranya agar kamu bisa tampil beda dan memastikan bahwa waktu dan uangmu digunakan untuk aktivitas yang akan memiliki dampak terbesar?

Artikel ini akan membahas 5 tips hebat untuk membantu kamu menggunakan LinkedIn secara efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan jangkauan yang lebih luas.

1. Hemat waktu dengan tool baru LinkedIn

LinkedIn telah memperkenalkan sejumlah fitur dan alat baru untuk menghemat waktu dan memaksimalkan kinerjamu di jaringan ini.

Kita semua tahu bahwa waktu itu berharga, jadi apa pun yang bisa membantumu untuk memposting dalam beberapa klik dan meningkatkan jangkauanmu, patut dicoba.

Fitur terbaru LinkedIn yang bisa kamu manfaatkan antara lain:

  • Post terjadwal. Kamu dapat menjadwalkan postingan secara gratis dan memilih waktu dan tanggal di masa depan. Ini berarti posting dapat dibuat secara berkelompok pada waktu yang sesuai untukmu dan pada hari atau waktu yang paling cocok untuk audiens.
  • Halaman perusahaan dapat mengikuti satu sama lain. Mengikuti tidak lagi hanya dibatasi pada anggota. Perusahaan sekarang dapat mengikuti satu sama lain, dan LinkedIn akan merekomendasikan ‘Page’ untuk bisnismu untuk diikuti. Fitur ini bagus untuk mengawasi pesaing dan membuat feed halaman klienmu agar mendukung aktivitas mereka dengan lebih mudah.
  • Postingan yang disarankan di feed. Kamu mungkin pernah melihat konten muncul di feed sebagai "Suggested" atau "You Might Like". Ini adalah algoritma gaya TikTok dari LinkedIn yang memberitahumu tentang topik, orang, dan bisnis yang menurutnya akan menarikmu untuk tetap terkini dan melihat ide atau tren baru dengan usaha yang sedikit.

2. Mix-up media dengan video dan audio

Kita semua tahu bahwa video adalah bagian penting dari konten media sosialmu, tapi bagaimana caranya agar videomu tepat sasaran?

Penelitian terbaru dari VidMod menganalisis hampir 10.000 postingan video LinkedIn dan memberikan banyak wawasan untuk membantumu memaksimalkan upaya pembuatan video. 

  • Video pendek lebih baik. Video dengan durasi antara 7 dan 15 detik memiliki 54% lebih banyak keterlibatan, dan video 6-10 detik memiliki 15% lebih banyak klik.
  • Campur media-mu. Uji overlay dan kombinasi warna yang berbeda dapat meningkatkan tingkat klik hingga 72%.
  • Jadikan itu personal. Sertakan orang dan Call to Action di awal video untuk meningkatkan tingkat tontonan lebih dari 100%.

3. Integrasikan aktivitas pribadi dan perusahaan

Ada peningkatan dramatis dalam jumlah individu yang menggunakan merek pribadi mereka untuk mendukung penjualan sosial dalam bisnis mereka.

Ini berfungsi untuk menghumanisasi merek dengan menunjukkan wajah daripada logo dan dapat membantu membangun hubungan yang lebih berarti serta kesadaran merek yang lebih kuat.

Taktik ini sangat efektif, karena pepatah lama 'orang membeli dari orang' diterjemahkan ke tingkat jangkauan dan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dari profil pribadi daripada profil perusahaan.

Pertimbangkan karyawan mana yang bisa kamu gunakan yang memiliki kehadiran di LinkedIn untuk memanfaatkan biaya generasi lead yang 75% lebih rendah dan kinerja penjualan yang 78% lebih tinggi.

4. Gunakan micro-influencer

Pemasaran micro-influencer telah meledak untuk B2C di saluran seperti Instagram dan TikTok. Tapi LinkedIn adalah tempat yang bagus untuk menggunakan influencer marketing sebagai bagian dari strategi B2B-mu.

Influencer harus menjadi ahli dalam bidang mereka (kata "micro" berarti niche) dan memiliki kredibilitas yang kuat serta mencapai audiens targetmu. 

Mereka bisa bekerja untukmu, atau kamu bisa menemukan mereka dengan menggunakan alat pemantauan sosial, analisis hashtag dan mention, serta penelitian lebih lanjut tentang audiens targetmu.

Ingatlah bahwa influencer hanya akan bermitra dengan bisnis yang melengkapi merek kepemimpinan pemikiran pribadi mereka sendiri.

Pertimbangkan bagaimana influencer yang beroperasi di banyak saluran dapat memperluas eksposur bisnismu di platform seperti TikTok, Instagram, dan YouTube, serta LinkedIn.

5. Tingkatkan Social Selling Index 

Social Selling Index (SSI) LinkedIn adalah formula yang menilai seberapa baik seorang pengguna dalam 'menjual' di platform ini. 

Ini menilai kinerjamu di LinkedIn dibandingkan dengan orang lain di jaringan atau industri kamu dan membantu memahami apakah kontenmu resonan dengan audiensmu.

Mengetahui SSI membantu kamu untuk bekerja pada beberapa faktor agar menjadi penjual yang lebih baik dan mengukur keterlibatan. 

Cara terbaik untuk meningkatkan skor SSI-mu adalah dengan 

  • Buat persona profesional
  • Terlibat dengan wawasan LinkedIn
  • Gunakan alat-alat LinkedIn
  • Cari koneksi yang berarti

Semakin tinggi skor SSI, semakin baik kamu dalam menggerakkan keterlibatan, jadi ini cara yang baik untuk menantang dirimu sendiri untuk membuat konten yang menarik.


Selain menggunakan beberapa tips di atas, Anda juga dapat meningkatkan pemasaran penjualan di LinkedIn dengan menerapkan 6 Cara Cerdas Mengoptimalkan LinkedIn Carousel.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER